Tugas HRD

Tugas Pokok Dan Fungsi HRD Perusahaan

Manajemen sumber daya manusia berfokus pada peningkatan kinerja karyawan hingga maksimum sesuai dengan posisi dan tugas mereka dalam perusahaan. Karena sebuah organisasi terdiri dari banyak orang, HRD berfungsi untuk mengelola keahlian, meningkatkan, dan memotivasi mereka untuk mencapai kinerja terbaik dan memastikan mereka tetap berkomitmen pada perusahaan. Secara singkat, HRD berhubungan dengan manajemen karyawan dari rekrutmen hingga pensiun. Walaupun ada banyak fungsi HRD, berikut ini adalah 5 dari tugas pokoknya:

 

Rekrutmen dan Pemilihan Karyawan

Rekrutmen adalah proses mencari, mensortir, dan memilih karyawan potensial dan sesuai kualifikasi kebutuhan akan suatu posisi tertentu dalam perusahaan. Tujuan dari proses ini adalah untuk menarik kandidat yang potensial dan juga mendorong yang tidak sesuai kualifikasi untuk tidak melamar pekerjaan.

Sebelum memulai proses rekrutmen, perusahaan harus memiliki perencanaan karyawan yang baik dan mengkategorikan karyawan yang dibutuhkan. Memprediksi kebutuhan ini bergantung pada budget tahunan perusahaan dan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang perusahaan.

 

Baca Juga : https://www.linovhr.com/proses-rekrutmen-yang-ideal-untuk-perusahaan/

 

Proses rekrutmen dan seleksi sangat penting untuk setiap perusahaan karena akan mengurangi biaya kesalahan seperti mendapatkan karyawan yang memiliki kemampuan buruk, tidak termotivasi, dan kualifikasi rendah. Memecat karyawan tersebut dan merekrut lagi yang baru adalah proses yang panjang dan mahal.

 

Orientasi

Banyak perusahaan tidak menyediakan orientasi lengkap bagi karyawan baru mereka. Ini sebenarnya adalah langkah dasar dalam membantu karyawan baru menyesuaikan diri dengan rekan kerja, manajer, perusahaan, dan pekerjaannya. Penyampaian tujuan perusahaan dan bagaimana karyawan bisa mencapai gol jangka pendek maupun jangka panjang seharusnya menjadi bagian dalam setiap orientasi karyawan baru.

Memberikan pengenalan yang intensif kepada karyawan merupakan salah satu tugas pokok HRD. Program ini harus membantu karyawan baru untuk mengenal tugas dan deskripsi pekerjaannya, fungsi departemen, dan hubungan antara posisinya dengan posisi lain dalam perusahaan. Karyawan baru mendapatkan kejelasan yang bisa membuatnya berperan aktif dalam perusahaan.

 

Baca Juga :Mudahnya Kelola Data Karyawan Dengan Software Ini

 

Memelihara Kondisi Kerja Yang Kondusif

Merupakan tugas HRD untuk menciptakan dan memelihara kondisi dan atmosfir kerja yang kondusif sehingga karyawan menyukai lingkungan tempat kerja mereka. Tugas pokok HRD adalah memotivasi karyawan. Banyak karyawan tidak berkontribusi dalam pencapaian tujuan perusahaan karena mereka tidak termotivasi.

HRD seharusnya mempunyai sebuah sistem yang menyediakan manfaat finansial maupun non-finansial bagi karyawan setiap departemen. Kesejahteraan karyawan akan mendukung kepuasan dalam bekerja.

 

Mengelola Hubungan Antar Karyawan

Karyawan merupakan pilar perusahaan. Hubungan antar karyawan adalah suatu konsep yang luas dan tugas dari HRD. Hubungan-hubungan yang baik mempengaruhi sikap, kebiasaan, dan hasil kerja secara positif.

Pihak HRD harus menciptakan kegiatan-kegiatan yang membantu untuk mengenal karyawan lebih baik, secara pribadi maupun profesional. Hubungan antar karyawan yang direncanakan dengan baik akan mendorong hubungan-hubungan yang sehat dan seimbang antara karyawan, manajemen, dan perusahaan. Ini merupakan kunci kesuksesan perusahaan.

 

Pengembangan dan Training

Pengembangan dan Training merupakan tugas pokok yang tidak bisa diabaikan oleh HRD. Huruf D dalam HRD adalah Development atau pengembangan. Ini artinya HRD berfungsi tidak hanya secara langsung di dalam perusahaan mengelola karyawan. Secara tidak langsung HRD berperan aktif meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdampak pada kinerja perusahaan melalui edukasi dan training yang meningkatkan keahlian karyawan.

 

Sebagai salah satu komponen penting perusahaan, HRD bisa disetarakan dengan divisi R&D (Research and Development) dari perusahaan farmasi atau teknologi. Melihat pentingnya tugas dan fungsi HRD, sudah selayaknya jika departemen ini mendapatkan akses dan alokasi sumber daya yang memadai. Selain HRD yang berkualitas, sistem yang digunakan juga penting sebagai penunjang kesuksesan. Misalnya dengan menggunakan Software HR Cloud sebagai tools untuk membantu aktivitas HR perusahaan anda dan juga membantu anda untuk mendokumentasikan setiap Job desc perangkat organisasi atau perusahaan.