Interpersonal Skill

10 Cara Meningkatkan Interpersonal Skill

Di setiap pergaulan dan komunikasi, interpersonal skill adalah sebuah kebutuhan. Entah itu dalam lingkungan kerja, masyarakat maupun komunitas-komunitas lainnya, setiap orang pasti butuh interpersonal skill. Kita telah membahas artikel sebelumnya mengenai pengertian dan manfaat interpersonal skill. Sekarang, bagi siapa saja yang ingin meningkatkan ketrampilan tersebut, ada beberapa tips yang bisa dijalankan dengan mudah.

 

1. Smile atau Senyum

Senyuman yang tulus keluar dari hati akan memunculkan energi positif pada orang lain dalam pergaulan. Wajah yang selalu terlihat ceria pasti bisa membuat orang lain ikut merasa senang dan tidak sungkan berteman dan berkomunikasi dengan kita.

 

2. Apresiatif

Maksud dari apresiatif adalah mengasih atensi tinggi terhadap orang yang mengajak bicara. Misalnya dengan cara menjadi pendengar yang baik, selalu memberi pujian atau sebaliknya kritikan secara halus tanpa membuat orang menjadi marah apalagi tersinggung.

 

3. Perhatian

Cara ketiga untuk meningkatkan interpersonal skill adalah perhatian. Cermati apa saja yang terjadi atas diri orang lain. Momen-momen apakah yang selalu menjadikan orang itu bisa merasa bahagia dan berikan sanjungan tulus kepadanya. Sebaliknya ketika sedang berada dalam kesusahan, kasih dia dukungan dan bantuan.

 

4. Jadi Pendengar

Tips berikutnya, jadilah pendengar yang baik. Selalu dengarkan pendapat orang lain dan pelajarilah semua maksud yang terkandung dalam pendapat tersebut. Sehingga orang akan merasa dihargai. Melalui metode ini, orang lain juga akan memberikan penghargaan dan penghormatan balik pada kita.

 

5. Kebersamaan

Dalam metode kelima ini, usahakan agar dapat menciptakan suasana menyenagkan dimana orang lain akan terdorong untuk bersedia bekerjasama. Jangan sekali-sekali membedakan antara teman yang satu dengan teman lainnya. Hindari pembicaraan tentang orang lain dibelakangnya dan tindak lanjuti jika ada saran dari mereka.

 

6. Mengatasi Konflik

Apabila terjadi konflik dalam pergaulan, usahakan untuk menyelesaikan masalah ini secepatnya. Jaga agar konflik tidak membesar apalagi melahirkan masalah-masalah baru yang justru memperkeruh keadaan. Kemudian jika ada konflik dimana kita tidak terlibat didalamnya, bantu mereka secara adil dan bijaksana melalui diskusi.

 

7. Komunikasi

Kunci ketujuh dari peningkatan interpersonal skill adalah komunikasi. Perhatikan apa saja yang ingin kita katakan dan bagaimana cara menyatakannya. Komunikator yang baik harus bisa menghindari kesalahan persepsi terhadap orang-orang sekitar dengan perkataan yang jelas dan mudah dipahami.

 

8. Memberi Hiburan

Jangan takut tampil sebagai sosok yang dianggap lucu. Setiap orang selalu merasa senang apabila memiliki teman yang mampu memberi hiburan. Kalimat-kalimat dan tindakan bernuansa humor merupakan media yang sangat efektif untuk memperoleh pergaulan. Namun tentu saja harus ada batas-batasnya serta sesuai dengan kondisi dan situasi yang sedang berlangsung.

 

9. Empati

Orang yang memiliki rasa empati tinggi merupakan sosok tidak hanya memikirkan kepentingan diri sendiri saja. Tinggalkan sikap egois tinggi karena hal ini hanya akan menimbulkan kerugian baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Saat sedang ada masalah, jangan hanya memandangnya dari sisi pendapat pribadi saja, namun juga pendapat dan perasaan orang lain.

 

10. Hindari Keluhan

Betapapun berat masalah yang sedang dihadapi, jangan mudah mengeluh apalagi secara terus-terusan merengek dan minta bantuan pada orang lain. Yakinlah, setiap masalah pasti ada jalan penyelesaiannya selama mau berusaha.

Apabila terlalu sering mengeluh, bukannya merasa iba orang justru akan kehilangan rasa simpati kepada kita. Boleh saja mengeluh tetapi berada pada batas-batas yang saja. Jikapun berkeluh kesah pada orang lain mintalah pendapat atau saran terbaik, tidak pasrah begitu saja.

 

Rahasia keberhasilan peningkatan interpersonal skill adalah menjalankan 10 cara yang disebutkan di atas. Jangan sampai ada yang terlewatkan sebab semua memiliki keterikatan antara yang satu dengan lainnya. Jika berhasil menjalankannya, niscaya akan menjadi sosok yang selalu disenangi dalam setiap pergaulan dan menjadi role model bagi perusahaan.