life skill adalah

Life Skill: Kunci Penting untuk Bertahan dalam Dunia Kerja

Dunia kerja membutuhkan berbagai macam aspek pendukung agar Anda mampu bertahan di tengahnya. Contohnya adalah life skill yang mengacu sebagai kemampuan manusia menghadapi tuntutan dan tantangan hidup secara efektif. 

Mengapa life skill yang dibutuhkan di dunia kerja? Dan bagaimana cara meningkatkan kemampuan yang satu ini? Mari simak bersama-sama, yuk! 

 

Apa Itu Life Skill?

Arti Life skill adalah keterampilan yang Anda butuhkan untuk mengelola aktivitas dan tantangan kehidupan sehari-hari secara efektif. Penguasaan dan pengembangan keterampilan ini dapat meningkatkan semua bidang kehidupan Anda, mulai dari karier hingga hubungan sosial.

Skill apa pun yang berguna dalam hidup Anda dapat dianggap sebagai keterampilan hidup. Keterampilan hidup bervariasi menurut budaya dan usia seseorang.

Kemampuan dalam hidup membantu Anda untuk menangani hampir semua hal dengan lebih baik, mulai dari memproses emosi Anda secara lebih efektif hingga berinteraksi dengan orang lain.

Anda akan mudah melalui deadline yang ketat dalam dunia kerja serta dapat menjaga kesehatan mental dengan baik meskipun pekerjaan sedang padat-padatnya.

Life skill yang diperlukan dapat bervariasi sesuai dengan usia seseorang atau bahkan budaya mereka. Contohnya kemampuan yang dikuasai oleh karyawan startup dan perusahaan korporat tentu akan berbeda mengingat kultur kerjanya dan industri yang berbeda. 

 

Mengapa Life Skill Penting untuk Bertahan Didunia Kerja?

Secara garis besar, terdapat dua keterampilan yaitu keterampilan teknis non teknis. Contoh dari skill teknis adalah kemampuan mengoperasikan komputer dan merangkai mesin. Sementara keterampilan non teknis adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan  baik.

Kedua jenis kemampuan ini harus dimaksimalkan supaya dapat menyelesaikan pekerjaan seoptimal mungkin dan juga dapat meningkatkan self confidence saat bekerja. 

Menggunakan life skill di tempat kerja dapat membantu Anda melakukan tanggung jawab pekerjaan dan menerapkan pengetahuan teknis secara lebih efektif. Sehingga kinerja dapat lebih produktif dan akurat, yang pada akhirnya akan mempengaruhi perkembangan karir dan membantu perkembangan perusahaan. 

Jadi, jika Anda rutin mengembangkan kemampuan diri, tak hanya pihak perusahaan yang akan diuntungkan. Karir Anda pun juga ikut menjadi gemilang karena dianggap sebagai pribadi yang berkualitas. Alangkah baiknya bila Anda rutin melakukan latihan atau pengembangan diri sendiri secara mandiri di luar perusahan. 

 

Baca Juga: Perbandingan Keterampilan Teknis dan Keterampilan Non Teknis

 

Jenis-Jenis Life Skill 

Adapun jenis-jenis life skill yang perlu dimiliki. Berikut ini adalah pembahasannya secara lebih lengkap.

 

Komunikasi

Keterampilan komunikasi sangat penting untuk kehidupan dan pekerjaan. Komunikasi mengacu pada kemampuan seseorang untuk menyampaikan informasi kepada orang lain, baik secara lisan, tertulis, atau melalui bahasa tubuh. 

Kemampuan untuk berkomunikasi sangat penting di tempat kerja apapun pekerjaannya. Anda harus dapat berkomunikasi dengan atasan, kolega, dan pelanggan serta klien yang sering bekerja bersama Anda.

 

Kerja Sama

Dalam hidup, Anda harus bisa bergaul dengan orang lain. Kerja sama sangat penting di tempat kerja. Anda harus dapat bekerja dengan baik dan bergaul dengan orang lain dalam rapat, proyek tim, dan hal kolaboratif lainnya.

 

Menangani Kritik

Dalam pekerjaan, Anda akan menerima beberapa umpan balik baik itu positif maupun negatif dari atasan Anda. Hal ini merupakan hal yang penting karena apabila Anda dapat menerima kritik secara serius dan profesional, maka Anda akan berkembang darinya.

Mampu menangani kritik dengan baik membutuhkan sejumlah keterampilan hidup lainnya, termasuk kesadaran diri, perhatian, dan profesionalisme.

 

Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah bidang penting dari keterampilan hidup. Orang juga perlu memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi informasi dan komunikasi, termasuk perangkat seluler dan berbagai platform perangkat lunaknya. 

Keterampilan teknologi informasi juga penting untuk hampir setiap pekerjaan, contohnya dapat menggunakan program komputer umum penunjang pekerjaan seperti Microsoft Word dan Excel ataupun juga Google Documents dan Spreadsheet.

 

Baca Juga: Manfaat dan Pentingnya Literasi Digital untuk Bisnis

 

Tips Meningkatkan Life Skill

Setelah mengetahui apa itu life skill serta jenis jenis life skill, pastinya hal ini perlu Anda terapkan ke dalam kehidupan Anda agar menjalani pekerjaan pun menjadi lebih lancar. Berikut ini adalah tips untuk Anda apabila ingin meningkatkan life skill.

 

Kembangkan Keterampilan Interpersonal

Ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain, berlatihlah mendengarkan secara aktif dan kemudian ulangi apa yang telah dikatakan orang tersebut kepada Anda sebelum menanggapinya dengan pikiran Anda. 

Cara ini akan memastikan pesan dikomunikasikan dengan benar serta memperlihatkan bahwa Anda fokus pada lawan bicara Anda sepenuhnya. Mendengarkan dengan seksama juga dianggap sebagai tanda rasa hormat terhadap rekan kerja Anda. 

 

Peka dengan Perkembangan Sekitar

Untuk meningkatkan kemampuan dalam hidup di berbagai aspek, Anda diharuskan peka dan  memiliki awareness yang tinggi terhadap berbagai hal, baik itu dari eksternal di sekitar maupun internal dari dalam diri.

Dengan kemampuan self awareness dan kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan sekitar, Anda akan lebih mudah menyesuaikan skill agar selaras dengan perkembangan lingkungan.   

 

Terus Belajar

Para pemimpin hebat dan karyawan hebat tidak pernah berhenti belajar. Belajar mempersiapkan Anda untuk tantangan baru, menjaga pikiran tetap tajam dan membantu Anda untuk terus meningkatkan keterampilan.

Ketika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang berbakat yang bekerja keras dan ingin berkembang, Anda akan belajar dari mereka dan terinspirasi untuk mencapai potensi penuh Anda.

Demikianlah sederet hal seputar life skill yang perlu Anda ketahui demi menjadi individu yang lebih baik lagi di berbagai lingkungan terutama di tempat kerja. Kemampuan seperti apa yang sudah Anda miliki? Tetap semangat untuk mengembangkan diri jauh lebih baik!