Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai kemampuan otak Anda dalam memecahkan suatu permasalahan? Untuk mengetahui hal itu Anda tidak perlu datang ke dokter atau psikiater, menurut beberapa penilitian yang telah diintisarikan oleh Business Insider, hal berikut dapat menjadi faktor mengapa kecerdasan Anda di atas rata-rata.

  1. Anda adalah anak tertua

Anak pertama cenderung lebih pintar dari saudara – saudaranya, tapi bukan dikarenakan genetik. Penelitian tahun 2007 menyebutkan hal ini atas dasar psikologi dan dinamika keluarga.

  1. Anda pernah mengambil kursus musik

Penelitian di tahun 2011 menemukan bahwa kepintaran verbal dari anak usia 4 – 6 tahun meningkat setelah mengikuti kursus musik sebulan.

  1. Anda tidak merokok

Penelitian Israel di tahun 2010 kepada 20,000 lelaki muda di negaranya menemukan bahwa rata – rata lelaki di usia 18 – 21 tahun yang merokok memiliki IQ sebesar 94, sedangkan yang tidak merokok di angka 101.

  1. Anda kurus

Pikiran yang sehat cenderung memiliki tubuh yang sehat. Penelitian di Perancis tahun 2006 menemukan bahwa subjek yang gemuk dapat mengingat sekitar 44% kata – kata di dalam tes kosakata, sedangkan yang kurus dapat mengingat hingga 56%.

  1. Anda kidal

Penelitian baru – baru ini menghubungkan orang kidal dengan “pemikiran yang unik,” sebuah bentuk kreatifitas dimana berhubungan dengan menciptakan cerita novel dengan instan.

  1. Anda pernah menggunakan obat – obatan terlarang

Penelitian tahun 2012 menemukan hubungan antara IQ yang tinggi pada masa kecil dan penggunaan obat – obatan terlarang setelah dewasa. Ini memperlihatkan korelasi antara masa kecil dengan IQ yang tinggi cenderung mencoba hal – hal yang berbahaya.

  1. Anda memiliki kucing

Penelitian di tahun 2014 menunjukan bahwa “pemelihara anjing” cenderung terbuka, sementara “pemelihara kucing” cenderung lebih pintar. Hal ini kemungkinan disebabkan kecenderungan orang yang memelihara kucing biasanya tertutup dan dengan waktu yang lebih banyak sendiri lebih besar kemungkinan untuk menyukai hal – hal yang intelektual.

  1. Anda memiliki badan yang tingginya di atas rata – rata

Penelitian Princeton mencatat kalau “pada masa kecil sekitar umur 3 tahun, sebelum masuk ke sekolah biasanya memiliki waktu main dengan bermain peran. Melewati masa kanak – kanak, anak yang lebih tinggi performanya secara signifikan lebih baik dalam tes kognitif.

Hal – hal di atas yang kemudian dikeluarkan oleh Business Insider yang memprovokasi orang – orang dengan pendapat mereka yang diterima sebagian besar masyarakat. Selain penelitian yang dikeluarkan oleh Business Insider ada hal – hal yang yang bisa dipertimbangkan berdasarkan penelian lainnya seperti :

  1. Anda adalah seorang “burung hantu”

Apa maksudnya seorang burung hantu? Maksudnya apabila Anda suka bekerja lembur hingga lewat tengah malam (dan tidak minum minuman keras), Anda cenderung memiliki IQ lebih tinggi. Penelitian menunjukan seorang burung hantu memiliki IQ lebih tinggi daripada orang yang kebanyakan memiliki hari yang buruk di pagi hari ( biasanya setelah minum – minum malam )

  1. Anda memiliki kecenderungan seorang introvert (tertutup)

Kebanyakan orang introvert memiliki masa kecil kesulitan untuk bersosialisasi dan tidak terburu – buru untuk berbicara, hal ini bisa menjadi tanda karena terlalu banyak berpikir dengan kata lain perilaku anak yang pintar. Mayoritas anak – anak yang bertalenta biasanya introvert.

  1. Anda merupakan anak yang diberikan ASI

Penelitian menunjukan anak ASI memiliki IQ lebih pintar dari anak yang tidak dan cenderung masa depan dengan kesuksesan.

  1. Anda orang yang Liberal (terbuka)

Penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog Satoshi Kanazawa menunjukan orang – orang yang memiliki IQ lebih tinggi biasanya dibesarkan dengan sistem liberal bukan konservatif.

  1. Anda adalah seorang atheis atau tidak mengakui Tuhan dikarenakan cenderung tidak mudah percaya sehingga lebih berpikir kritis dibandingkan seorang yang beragama.
  2. Anda adalah orang yang suka mempersiapkan diri sebelum menjalani sesuatu misalnya suka belajar walau belum ada ujian saat sekolah maka Anda memiliki kecenderungan lebih pintar dari yang lainnya.
  3. Yang terakhir adalah Anda orang yang memiliki rasa humor yang tinggi alias lucu cenderung memiliki IQ yang tinggi

Bahkan ada rumor yang menyebutkan bahwa remaja yang memiliki IQ tinggi cenderung tetap menjaga keperawanan/keperjakaannya pada masa kuliah. Mengejutkan?

Ditulis oleh Paul Ratner, diterjemahkan dan diedit oleh Januardi untuk LinovHR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>