workshop adalah

Workshop Adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Meningkatkan skill maupun kompetensi sudah pasti sebuah hal yang harus dilakukan karyawan, agar dapat meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja. Ada berbagai cara untuk meningkatkan skill atau kompetensi. salah satunya dengan workshop.

Masih kurang familiar dengan kata workshop ini? Dalam artikel kali ini LinovHR akan membahas tentang workshop mulai dari pengertian, jenis hingga manfaatnya.

 

Apa Itu Workshop?

Ada beberapa pengertian dari workshop. Menurut Oxford Dictionary, workshop adalah pertemuan sekelompok orang yang terlibat dalam diskusi dan aktivitas intensif tentang proyek tertentu.

Sedangkan, menurut Collins Dictionary, workshop artinya yaitu kegiatan diskusi atau kerja praktik tentang topik tertentu di mana sekelompok orang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka tentang topik tersebut.

Dari dua pengertian tersebut, dapat kita simpulkan bahwa pengertian workshop adalah pertemuan di mana sekelompok orang dengan minat yang sama terlibat secara aktif dalam diskusi dan proyek tertentu.

Dalam proses kegiatannya, workshop akan lebih fokus membahas berbagai masalah yang disertai dengan pelatihan. 

 

Jenis-Jenis Workshop

jenis workshop
Jenis Workshop

 

Terdapat tiga jenis workshop yang dibedakan berdasarkan kategori tertentu. Berikut ini jenis workshop yang perlu Anda tahu.

 

1. Jenis Workshop Berdasarkan Sifatnya

Jenis workshop berdasarkan sifatnya ada dua, yaitu:

  • Workshop mengingat, jenis ini mewajibkan peserta untuk mengikuti hasil yang telah mereka dapat dalam kegiatan.
  • Workshop tidak mengingat, jenis ini tidak mewajibkan pesertanya untuk mengikuti hasil yang didapatkan dari kegiatan.

 

2. Jenis Workshop Berdasarkan Waktunya

Berdasarkan waktunya, ada dua jenis workshop yaitu sebagai berikut:

  • Workshop beruntun, yaitu workshop yang dilakukan selama beberapa waktu tertentu.
  • Workshop berkala, yaitu workshop yang dilakukan secara berkala dan dalam kurun waktu tertentu.

 

3. Jenis Workshop Berdasarkan Lembaga atau Organisasinya

Workshop ini bergantung kepada penyelenggaraannya. Biasanya workshop ini ruang lingkupnya terbatas seputar permasalahan yang muncul dan memecahkan permasalahan tersebut.

 

7 Manfaat Mengikuti Workshop

manfaat mengikuti workshop
Manfaat

 

Workshop atau lokakarya bisa menjadi tempat terbaik bagi Anda untuk mengembangkan skill yang akan sangat berguna bagi perkembangan karier ke depannya.

Bukan hanya itu, lokakarya ini juga bisa menjadi ajang untuk menambah pengetahuan dari seorang ahli di bidangnya secara langsung. 

Tidak sampai situ saja, kegiatan ini juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi pekerja profesional. Apa sajakah itu? Mari simak penuturannya berikut ini!

 

Baca Juga: Apa Manfaatnya Mengikuti Program Pelatihan Kerja?

 

1. Menambah Wawasan dan Skill

Manfaat yang pasti Anda dapat saat mengikuti acara workshop adalah menambah wawasan dan skill baru terkait dengan topik yang diangkat.

Sifat workshop yang interaktif memberikan kesempatan bagi Anda untuk bertukar pikiran dan saling berbagi pendapat mengenai topik yang didiskusikan. Hal inilah yang akan menambah wawasan dan pola pikir baru. 

Selain itu, tidak hanya bersifat teori, kegiatan workshop memungkinkan Anda untuk melakukan praktik secara langsung. Kesempatan ini tentu menjadi ajang untuk melatih skill dan membantu Anda dalam lebih memahami materi.

 

2. Menerima Pelatihan Profesional

Workshop bisa menjadi kesempatan untuk Anda mendapatkan pelatihan langsung dari seseorang yang telah menjadi pakar dan profesional di bidangnya. Di sinilah Anda bisa belajar lebih banyak dan memperdalam pengetahuan teoritis Anda.

 

3. Menambah Networking

Dalam kesempatan workshop, Anda akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

Tentu ini akan sangat menyenangkan karena Anda bisa menjadikan waktu ini sebagai ajang berkenalan dengan orang lain yang memiliki keahlian di bidang yang sama. 

Bukan hanya itu, melalui networking Anda juga akan banyak mendapatkan sudut pandang baru tentang topik yang dikuasai. Pada akhirnya, kegiatan ini bisa menambah jejaring sosial Anda.

 

4. Mencoba Bidang Baru

Selain mengikuti workshop di bidang yang Anda geluti, Anda juga bisa mengikuti workshop di luar keahlian Anda. Mengikuti workshop di luar bidang bisa membuka kesempatan untuk mencoba bidang baru, misalnya bidang IT yang tidak Anda kuasai.

Setelah kegiatan selesai, bisa jadi Anda jadi menemukan hal yang Anda sukai dan mengembangkan minat terhadap bidang baru tersebut.

 

5. Menambah Ilmu Bila Ingin Pindah Jalur Karier

Apakah Anda memiliki niat untuk banting setir dari karier Anda sekarang? Jika iya, Anda bisa mencoba mengikuti workshop.

Mengapa Anda harus mencobanya? Dengan mengikuti workshop, Anda akan berkesempatan untuk mempertajam skill dan juga mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti bahwa Anda memang memiliki pengetahuan di bidang tersebut.

 

6. Membuka Kesempatan Usaha Baru

Untuk Anda yang memiliki ketertarikan untuk memulai bisnis sendiri, workshop akan sangat bermanfaat untuk menambah pemahaman Anda terkait bisnis.

Di kesempatan tersebut, Anda akan mendapatkan bimbingan langsung dan mengasah skill yang perlu dimiliki oleh seorang wirausaha.

Bahkan, Anda juga bisa mengikuti lokakarya menarik seputar keahlian yang bisa Anda jadikan bisnis, seperti workshop dekorasi, mengukir, desain grafis, dan lainnya.

 

7. Mengisi Waktu Lebih Bermanfaat

Tidak seperti kegiatan seminar yang punya kesan membosankan, workshop biasanya dibuat lebih menarik sehingga lebih terasa menyenangkan.

Sehingga, Anda dapat menggunakan waktu luang dengan lebih menyenangkan dan bermanfaat dengan mengikuti workshop

 

Baca Juga: Cara Membuat Workshop yang Efektif bagi Perusahaan

 

Contoh Workshop

Kegiatan workshop mungkin sudah sering Anda jumpai. Berikut ini beberapa contoh workshop yang sering diadakan.

  • Workshop bidang pendidikan bertema “Membuat media pembelajaran daring untuk sekolah dasar”.
  • Workshop kesehatan bertema “Menjaga kesehatan di era endemi”.
  • Workshop bisnis “Menyiapkan bisnis di segala kondisi”.

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Workshop dan Training? HRD Harus Tahu!

 

Kelola Pelatihan maupun Workshop dengan Learning Management System LinovHR

 

Banner Keunggulan LMS LinovHR
Keunggulan LMS LinovHR

 

Mengelola pelatihan atau workshop diperlukan ketelitian yang tinggi agar acara yang diselenggarakan dapat mencapai tujuannya yaitu untuk meningkatkan skill maupun kompetensi karyawan.

Oleh karena itu HR membutuhkan software learning management system. Dengan software ini manajemen pelatihan karyawan akan dapat dikelola lebih efektif.

Learning Management System dari LinovHR adalah solusi tepat untuk hal tersebut. dalam Software LMS ini terdapat fitur E-Learning, dimana dalam fitur tersebut HR dapat menyelenggarakan pelatihan atau workshop secara lebih terstruktur.

 

Kesimpulan

Kegiatan workshop adalah program diskusi dan praktik langsung yang berkaitan dengan suatu bidang tertentu. Berdasarkan jenisnya, setidaknya ada 3 jenis workshop yaitu berdasarkan sifatnya, berdasarkan waktunya, dan berdasarkan organisasinya. 

Ketika mengikuti workshop, peserta bisa secara aktif bertanya dan berdiskusi mengenai topik yang diangkat. Selain sebagai ajang diskusi, ajang workshop juga menjadi kesempatan untuk menambah skill dan memperluas networking.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.