skill komunikasi

Tips Meningkatkan Skill Komunikasi di Tempat Kerja

Komunikasi merupakan aspek terpenting dalam bermasyarakat, dalam melakukan komunikasi baik di lingkungan sekitar ataupun lingkungan kerja komunikasi sangatlah membantu seseorang sebagai makhluk sosial untuk menjalin sebuah relasi dengan seseorang ataupun dengan sekelompok orang. Dikutip dari web Management Study Guide, kemampuan berkomunikasi yang baik akan membuat anda mendapatkan hasil yang lebih baik untuk pencapaian sebuah tujuan kesuksesan anda.

Bukan hanya dalam berkehidupan masyarakat saja pentingnya berkomunikasi juga diperlukan dalam dunia pekerjaan. Sebuah kerjasama akan terjalin baik dengan adanya komunikasi, untuk itu agar anda memahami bagaimana cara berkomunikasi yang baik, berikut ini beberapa contoh cara meningkatkan skill komunikasi di tempat kerja yang efektif:

 

Fokus Dengan Apa yang Ingin Disampaikan

Dalam menyampaikan sebuah informasi kepada karyawan lain maupun client harus bisa menyampaikan informasi yang akan diberikan secara jelas, maka anda harus berpikir untuk menyusun kata-kata yang ingin disampaikan kepada karyawan lain ataupun client yang nantinya akan mudah dapat dipahami, dari pada anda fokus untuk memikirkan apa yang harus dikatakan sebaiknya anda fokus pada apa yang ingin orang lain dengar. Cara ini lebih efektif untuk menyampaikan maksud anda yang sebenarnya.

 

Baca Juga: 7 Skill Yang Harus Dikuasai Oleh Marketing Communication

 

Berlatih untuk Berbicara Di depan Umum

Banyak karyawan tidak ingin berbicara didepan umum, jika anda melakukan obrolan secara langsung tanpa perantara seperti email, pastinya anda akan bisa mengetahui ekspresi wajah atau bahasa tubuh dari lawan bicara anda. Maka dari itu, penting untuk melakukan obrolan secara langsung sebagai salah satu bentuk komunikasi yang paling efektif agar terhindar dari kesalahpahaman atau salah pengertian dari masing-masing pihak. Anda harus mempunyai rasa percaya diri untuk berbicara didepan umum agar tidak menghambat karir anda kedepannya.

 

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Interpersonal Skill

 

Berikan Feedback dengan Benar

Untuk memotivasi seseorang berikan feedback secara benar dan baik, hal itu akan membuat seseorang ditempat kerja anda menjadi lebih termotivasi. Memberikan feedback yang positif adalah cara efektif untuk mengakui mereka atas sesuatu yang benar. Akan tetapi, saat feedback positif yang anda berikan tidak tepat, maka berikan feedback negatif dengan cara yang benar dengan perkataan yang tidak menyinggung perasaan karyawan lain ditempat kerja anda.

 

Baca Juga: 8 Cara Memberikan Feedback Pasca Performance Review Kepada Karyawan

 

Anda dapat meminta bantuan dari rekan kerja karyawan lain untuk mengingatkan anda jika perilaku yang anda perbuat sudah tidak sesuai dengan SOP perusahaan yang telah diberikan, dengan begitu anda akan terhindar dari perbuatan perlilaku yang tidak sesuai dengan perkataan anda.

 

Tingkatkan Komunikasi Tertulis

Penyampaian informasi tertulis kepada orang lain ditempat kerja anda maupun client anda harus melakukan penulisan informasi secara lengkap, ringkas, dan akurat. Sehingga pembaca akan dapat dengan mudah memahami yang anda katakan walau hanya menggunakan tulisan. Contohnya saat anda akan menuliskan E-mail kepada orang lain dan client ditempat kerja anda, e-mail yang berisi hal-hal yang sembarangan akan memhabiskan waktu pembaca. Dengan menulis isi e-mail yang lebih baik akan membuat orang lain atau pembaca ditempat kerja anda memahami dengan baik dan lebih sedikit waktu untuk mengulangi pembahasannya di telepon.

 

Menerima Kritik

Dengan latar belakang sesama rekan kerja yang berbeda, anda harus dapat memahami karakter dari masing-masing orang. Maka dari itu, bersikaplah terbuka jika ada yang memberikan kritik atau pendapat yang membangun dari sesama rekan kerja anda di tempat anda bekerja. Jangan sampai terbawa perasaan maupun emosi jika kritik sesama rekan kerja anda tidak anda sukai, jadikan hal tersebut hal yang membangun agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

Perluas Relasi

Kesuksesan anda juga dapat bergantung pada bagaimana kemampuan anda membuat banyak relasi di banyak tempat. Jangan menghindari politik kantor, sesungguhnya banyak hal yang dapat anda pelajari disana. Bertemu dengan relasi yang luas dan sukses, berarti anda mampu berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja dan atasan anda, dengan luasnya relasi akan membantu anda memanfaatkan keterampilan komunikasi anda menjadi semakin baik dan berdampak pada kesuksesan anda.

Sebuah komunikasi ditempat kerja akan menjadi efektif jika anda menerapkan beberapa hal diatas, dan akan membuat hubungan sesama rekan kerja menjadi positif yang kemudian dapat meningkatkan produktifitas pekerjaan anda.