tren teknologi dunia kerja

Semakin ke sini apakah Anda mulai berpikir bahwa transformasi perangkat atau alat pendukung bisnis yang ada kini semakin canggih? Hal ini kadang membuat saya merasa seakan-akan dinding mulai menghilang dan mesin faks lenyap.

Pertama, pakaian. Para pekerja kantoran saat ini tidak lagi mengenakan setelan jas formal namun kini lebih banyak yang mengenakan celana kasual khaki, jeans, bahkan terkadang ada yang mengenakan celana pendek. Tempat kerja, saya yakin tiap hari hanya sekitar dua-pertiga dari tim Anda yang bekerja di kantor. Perubahan ini pasti, seperti kebanyakan pergeseran paradigma yang berkelanjutan.

Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif Anda, Anda harus tetap berada di atas tren dunia kerja. Berikut adalah lima perubahan besar saat ini yang mengubah cara Anda dan saya bekerja untuk selama-lamanya.

1. Otomatisasi
Otomatisasi menggeser peran manusia pada posisi-posisi pekerjaan yang sistematis atau bersifat administratif (grunt work), dan otomatisasi bukanlah hal yang baru. Selama beberapa generasi, manusia telah berupaya menciptakan mesin untuk dapat mengambil alih tugas-tugas yang berulang sehingga membebaskan lebih banyak waktu dan kesempatan manusia untuk berkreasi dan inovasi. Berkat kemajuan internet, manusia telah melambungkan otomatisasi ke level yang sangat tinggi.

Mulai dari sistem email campaign yang membantu tim sales dan marketing menjangkau para pelanggan seharian penuh 24/7, belum lagi software manajemendokumen yang mempersingkat proses bisnis pada divisi HR. Otomatisasi adalah suatu gerakan ekspansi ke setiap departemen. 

Sementara itu, banyak yang mengkritik bahwa otomatisasi besar akan menghapus peran manusia dari kedudukannya, namun sesungguhnya pergeseran ini justru sebaliknya akan mendefinisikan kembali peran manusia sebenarnya. Bukannya teralihkan oleh tugas-tugas sistematis yang berulang-ulang, karyawan dapat fokus pada suatu pandangan yang lebih luas, ide-ide bernilai jutaan dollar yang akan mendorong bisnis Anda ke depan.

2. Semuanya Terukur
Salah satu manfaat dari meningkatnya sistem otomatisasi dan teknologi secara umum adalah sekarang kita bisa mengakses tumpukan data yang dahulu untuk mengumpulkannya saja sulit. Bukan hanya sekadar menebak seberapa besar upaya Anda menghasilkan sesuatu, tetapi Anda dapat melacak hasil setiap tindakan yang Anda lakukan. Anda benar-benar dapat memberikan nilai setiap langkah dan tindakan Anda.

3. Kekeluargaan dalam Tim
Ada alasan mengapa begitu minim keberadaan dinding di beberapa kantor modern, mengapa ruang konferensi menjadi lebih nyaman dan ruang istirahat terlihat lebih seperti dapur makan di rumah.

Terima kasih kepada semua otomatisasi dan teknologi, karyawan kini memiliki lebih banyak waktu untuk berkolaborasi dan mereka menyadari nilai tersebut. Dengan menciptakan budaya kekeluargaan atau kolaborasi, Anda dapat menginspirasi tim untuk bekerja sama lebih efektif.

4. Fleksibel
Di tempat kerja modern, jam kerja “9-to-5” adalah sesuatu yang asing. Para generasi muda kini menghindari bisnis yang jam kerjanya tradisional dan cenderung memilih organisasi yang menawarkan jam kerja yang lebih fleksibel.

Menurut survei yang dilakukan oleh Bentley University, 77 persen dari generasi milenium mengatakan jam kerja fleksibel akan membuat mereka lebih produktif, 89 persen mengakui mereka secara teratur memeriksa email “jam malam.” Generasi ini lebih suka bekerja ketika pikiran mereka sedang dalam keadaan terbaik dan tajam. Beberapa orang berpikir waktu terbaik pada pukul 10.00 pagi, tetapi sebagian orang lain pada 02.00 dini hari.

Mengapa mereka dapat bekerja dengan se-fleksibel itu?Cloud computing, video calling, instant messagingdan teknologi lainnya memberikan keleluasaan karyawan untuk dapat bekerja kapanpun, dimanapun yang mereka inginkan.

5. Risiko Tinggi
Kini, Anda akan sulit menemukan bisnis yang belum pernah menjadi korban pelanggaran keamanan, atau setidaknya nyaris. Ini adalah sesuatu yang negatif untuk teknologi Big Data, dengan begitu banyaknya informasi sensitif didalam maka tak heran adanya ancaman malware setiap 4 detik. Dan, menurut laporan Intel, diantara kejadian pelanggaran data, ancaman insider menyebabkan 43 persen akan terjadinya kehilangan data.

Langkah-langkah keamanan di tempat kerja, sepertisoftware pengelola webvisitor, sensor dan seluruh sistem enkripsi, berkembang menjadi lebih maju. Namun kemajuan keamanan teknologi tersebut diikuti pula meningkatnya risiko keamanan data

Sebagai pemimpin, tentu sulit untuk mengikuti segudang tren yang terjadi setiap hari. Tetapi sedikit mengambil keputusan yang kurang tepat akan berakibat tertinggal di belakang oleh pesaing serta melihat anggota tim terbaik Anda pergi bergabung dengan tim lain yang lebih inovatif.

Dengan bekerja sama dengan sosok yang tepat memahami kebutuhan teknologi agar proses integrasi teknologi di tempat Anda lebih baik, Anda dapat mengantar tren ini lebih cepat dari yang seharusnya dan membuat dampak yang berarti pada apa yang dikerjakan tim Anda hari ini, dan juga di esok hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>