Cloud Computing

Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Jenis Fungsi dan Manfaatnya

Apakah Anda memiliki akun email gratis seperti Gmail? Tahukah Anda bahwa Gmail tersebut dioperasikan dengan adanya sistem Cloud Computing. Semua fasilitas yang digunakan dapat memberikan kenyamanan dalam pemakaian sehari-hari. Anda bisa mengganti tema, warna, dan tampilan agar lebih sesuai dengan kesukaan atau kepribadian Anda. 

 

 

Bila ada peningkatan fasilitas atau upgrade, Anda bisa mengikuti tutorial yang disediakan. Mudah bukan? Anda hanya perlu koneksi internet untuk bisa mengaksesnya dari mana saja.

Namun, tahukah Anda apa itu Cloud Computing?

 

Pengertian Cloud Computing

Komputasi awan atau cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Banyak perusahaan kini mulai menggunakan jasa tersebut. 

 

Jenis-Jenis Cloud Computing

Dalam memudahkan pemakaiannya, cloud computing terbagi menjadi 4 jenis. Antara lain:

 

Public Cloud

Public cloud adalah jenis yang paling ekonomis bagi individu atau perusahaan yang tidak ingin berinvestasi pada infrastruktur IT. Seluruh layanan, infrastruktur, pembuatan serta pemeliharaan sumber daya akan dikelola oleh penyedia vendor cloud. Sehingga penggunaan pada jenis ini akan lebih menghemat pengeluaran perusahaan. Perusahaan hanya cukup mengeluarkan biaya yang digunakan per pengguna.

 

Private Cloud

Perusahaan yang memiliki jenis private cloud dapat mengkostumisasi infrastruktur sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Jenis ini dapat dihosting secara eksternal dengan vendor atau dikelola sendiri. Untuk tingkat keamanan, private cloud menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dan lebih banyak aturan untuk menyesuaikan penyimpanan. Sehingga, pengguna harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal pada cloud jenis private.

 

Hybrid Cloud

Pada hybrid cloud adalah penggabungan antara public cloud dan private cloud. Jenis hybrid cloud memungkinkan penggunanya untuk berbagi data dan aplikasi antara lingkungan public dan private cloud. Bagi perusahaan yang mencari manfaat kedua jenis cloud di atas, tentu hybrid cloud adalah solusinya.

 

Community Cloud

Community cloud adalah jenis cloud computing yang dapat digunakan secara bersama atau oleh beberapa perusahaan yang memiliki tujuan bersama. Jenis ini akan memerlukan pihak ketiga, sehingga biaya yang ditanggung akan lebih murah karena akan dibagi oleh pihak-pihak yang menggunakan.

 

Fungsi Cloud Computing

Cloud computing memiliki 3 fungsi utama dalam melancarkan proses kerja, apa saja fungsi yang dimaksud? 

 

Data Disimpan Secara Terpusat

Dengan menggunakan cloud computing atau komputasi awan, seluruh data yang dikelola akan tersimpan secara terpusat dan penyimpanan menjadi lebih besar dari pada menggunakan alat seperti flashdisk atau hardisk karena menggunakan teknologi big data. Selain itu, seluruh data yang tersimpan melalui komputasi awan ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

 

Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas

Karena penggunaan cloud ini sangat mudah, tentu saja akan meningkatkan kinerja setiap kelompok atau divisi serta dapat menghubungkan satu divisi dengan divisi yang lainnya.

 

Sistem Akan Selalu Up to Date

Fungsi ketiga ini adalah fungsi favorit dari pada pengguna cloud. Karena sistem ini dapat memperbarui secara otomatis sehingga dapat memudahkan pengguna atau user dalam mengelola data. Update dilakukan agar tingkat keamanan lebih terjaga dan memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.

 

Cara Kerja Cloud Computing

Cloud computing memiliki cara kerja yang cukup mudah untuk digunakan oleh para pengguna. Lalu bagaimana cara kerja dari sistem cloud tersebut?

  1. Agar bisa memanfaat sistem komputasi awal, pertama pengguna harus login ke internet tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu. 
  2. Karena penggunaan sistem ini tidak harus membutuhkan aplikasi, maka data akan tersimpan secara virtual. Jadi, pengguna tidak harus menyiapkan ruang di memori komputernya.
  3. Setelah itu, perintah yang telah digunakan oleh pengguna akan dilanjutkan ke server aplikasi.
  4. Data yang sudah diterima akan diproses sehingga pengguna akan menerima halaman yang telah terupdate sesuai dengan perintah sebelumnya.
  5. Perintah tersebut selanjutnya akan langsung tersambung dengan cloud computing yang telah tersedia di komputer.

 

Baca Juga : Sistem Cloud Computing, Satu Solusi untuk Semua Masalah

 

Manfaat dari Cloud Computing Bagi Perusahaan

Mengurangi Penggunaan Kertas

Perusahaan bisa menyimpan data-data penting dalam jumlah banyak dengan ukuran jauh lebih kecil dan tidak memakan tempat melalui sistem yang bisa diakses secara online, tanpa harus membuka-buka folder dalam bentuk kertas.

 

Hemat Biaya

Biaya instalasi hardware dan software termasuk perawatannya merupakan biaya yang sangat besar dan berdampak bagi perusahaan. Software khusus memperlukan programmer yang berdedikasi. Karena jika karyawan tersebut resign, harus ada programmer yang bisa menggantikan nya dan mengenal sistem sebaik pembuatnya.

Hardware yang dibutuhkan juga mahal, terutama jika keamanan data sangat dibutuhkan, biaya hosting server khusus harus dialokasikan dalam budget.

 

Aman

Selain itu sistem cloud computing juga memiliki teknologi yang terenkripsi dan lebih canggih daripada kebanyakan teknologi yang beredar di pasaran sehingga data Anda sebesar apapun akan lebih aman. Perusahaan penyedia jasa ini biasanya melayani banyak perusahaan di seluruh dunia sehingga memiliki pengalaman dan kemampuan untuk membuat sistem mereka lebih aman.

 

Dapat Diakses di Mana Saja

Anda dapat mengakses setiap data terkait pekerjaan di manapun lokasi anda berada, melalui perangkat yang dimiliki. Perusahaan harus menentukan level keamanan dari data yang diperbolehkan untuk setiap karyawan. Ini dapat bermanfaat jika karyawan sering melakukan perjalanan untuk menyelesaikan urusan pekerjaan nya Seperti sales, teknisi lapangan atau manajer.

Beberapa sistem bahkan memiliki fitur yang memungkinkan untuk live chat dan bertukar file atau mengetahui progress dari suatu proyek bersama.

 

Support System yang Lebih Baik

Dengan cloud computing semuanya sudah ditangani oleh perusahaan penyedia layanan. Perusahaan penyedia layanan biasanya mempunyai tim teknis dan servis yang berdedikasi dan selalu siap untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Sehingga anda tidak perlu pusing menggaji mereka, cukup dengan membayar biaya berlangganan atau subscription fee saja.

 

Mengikuti Perkembangan Zaman

Anda yang di Indonesia bisa mendapatkan fasilitas yang sama dengan di negara lain yang lebih maju secara bersamaan, karena saat perusahaan penyedia jasa cloud computing meng-upgrade sistem, semua user bisa mendapatkannya. User hanya perlu mengikuti tutorial atau panduan untuk belajar menggunakan fitur-fitur terbaru.

 

Baca Juga : HR Cloud Software: Pengelolaan Karyawan dengan Sistem Terpusat

 

Penggunaan cloud computing tentu saja sangat dibutuhkan, apalagi dalam lingkup kerja di perusahaan. Pengelolaan tugas kerja serta kegiatan akan jauh lebih mudah sehingga meningkatkan kinerja dan produktivitas.

Selain contoh di atas, terdapat software yang menggunakan sistem cloud computing untuk melancarkan proses kerja yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia seperti penggajian, penilaian kinerja, pembuatan jadwal kerja dan lainnya. Seluruh proses tersebut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Cloud Software HRD LinovHR.

Hanya dengan mengandalkan koneksi internet yang stabil, karyawan dan manajemen perusahaan Anda bisa mengelola seluruh data yang berkaitan dengan pengembangan karyawan dengan mudah. Soal biaya? Tidak perlu ragu lagi! Dengan mengeluarkan biaya yang murah, Anda bisa memanfaatkan seluruh fitur-fitur yang terdapat dalam Cloud Software LinovHR.