Cloud Computing

Mengenal Cloud Computing dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Apakah Anda memiliki akun email gratis seperti Gmail, Yahoo Mail, Hotmail, dan sebagainya? Setelah melakukan pendaftaran Anda hanya perlu mengingat username dan password untuk menggunakannya. Semua fasilitas yang digunakan memberikan kenyamanan dalam pemakaian sehari-hari. Anda bisa mengganti tema, warna, dan tampilan agar lebih sesuai dengan kesukaan atau kepribadian Anda. Bila ada peningkatan fasilitas atau upgrade, Anda bisa mengikuti tutorial yang disediakan. Mudah bukan? Anda hanya perlu koneksi internet untuk bisa mengaksesnya dari mana saja.

Mirip dengan akun email gratis perseorangan yang ditawarkan di internet, perusahaan pun bisa mendapatkan kemudahan yang sama, atau bahkan lebih. Hanya dengan membayar biaya berlangganan atau subscription fee, perusahaan bisa meningkatkan kapasitasnya secara instan dan berlipat ganda tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Komputasi awan atau cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Banyak perusahaan kini mulai menggunakan jasa tersebut. Apa saja manfaat cloud computing bagi perusahaan, dan mengapa perlu beralih?

Di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa didapat oleh perusahaan yang menggunakan cloud computing:

 

1. Mengurangi Penggunaan Kertas

Dengan berkembangnya dunia digital saat ini, ditambah dengan kampanye pengurangan penggunaan kertas, maka cloud computing merupakan solusi terbaik. Perusahaan bisa menyimpan data-data penting dalam jumlah banyak dengan ukuran jauh lebih kecil dan tidak memakan tempat. Bayangkan saja jika nota-nota transaksi fisik disimpan selama 1 tahun saja, mungkin saja itu sudah memenuhi satu ruangan khusus! Belum lagi mencari data secara manual akan memakan waktu lama.

 

Baca Juga: Ciptakan Budaya Paperless dengan Payroll Service

 

2. Hemat Biaya Overhead

Biaya instalasi hardware dan software termasuk perawatannya merupakan biaya yang sangat besar dan berdampak bagi perusahaan. Software khusus membutuhkan programmer berdedikasi. Jika karyawan tersebut berhenti, harus ada programmer pengganti yang belum tentu mengenal sistem sebaik pembuatnya. Hardware yang dibutuhkan juga mahal, terutama jika keamanan data sangat dibutuhkan, biaya hosting server khusus harus dialokasikan dalam budget.

 

3. Lebih Aman

Cloud computing juga memiliki teknologi enkripsi yang lebih canggih daripada kebanyakan teknologi yang beredar di pasaran sehingga data Anda sebesar apapun akan lebih aman. Perusahaan penyedia jasa ini biasanya melayani banyak perusahaan di seluruh dunia sehingga memiliki pengalaman dan kemampuan untuk membuat sistem mereka lebih aman.

 

4. Bisa Diakses Dari Manapun

Anda bisa mengakses data penting perusahaan di manapun Anda berada, melalui gadget yang Anda miliki. Perusahaan bisa menentukan level keamanan yang diperbolehkan untuk setiap karyawan. Ini sangat berguna jika Anda sering bepergian dalam menyelesaikan urusan kantor. Beberapa sistem bahkan memiliki fitur yang memungkinkan untuk live chat dan bertukar file atau mengetahui progress dari suatu proyek bersama.

 

5. Support System Yang Lebih Baik

Dengan cloud computing semuanya sudah ditangani oleh perusahaan penyedia layanan. Perusahaan ini biasanya mempunyai tim teknis dan servis berdedikasi yang selalu siap untuk menyelesaikan kendala yang timbul. Anda tidak perlu pusing menggaji mereka, cukup dengan membayar biaya berlangganan atau subscription fee saja

 

6. Lebih Cepat Mengikuti Perkembangan Zaman

Anda yang di Indonesia bisa mendapatkan fasilitas yang sama dengan di negara lain yang lebih maju secara bersamaan, karena saat perusahaan penyedia jasa cloud computing meng-upgrade sistem, semua pengguna mendapatkannya. Anda hanya tinggal mengikuti tutorial untuk belajar menggunakan fitur-fitur terbaru yang ditawarkan.

 

 

Di dunia bisnis, teknologi Cloud Computing juga sangat membantu aktivitas bisnis, terutama dalam hal yang sifatnya administratif. Misalnya,Aplikasi HR Berbasis Cloudyang menjadi solusi HRD dalam melaksanakan kegiatannya seperti absensi karyawan, pengumpulan data karyawan, payroll, rekrutmen dan lain sebagainya.