absen sidik jari

Benarkah Absen Sidik Jari Punya Tingkat Keamanan Tinggi?

Pencatatan kehadiran karyawan dalam setiap perusahaan tentunya merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Apalagi, saat ini perkembangan zaman memungkinkan karyawan menggunakan teknologi absen sidik jari yang dianggap memiliki tingkat keamanan tinggi.

Absensi sidik jari merupakan salah satu jenis asen yang memanfaatkan teknologi biometrik untuk mendeteksi kehadiran karyawan. Setiap orang pastinya memiliki sidik jari yang berbeda-beda sehingga hasil pencatatan kehadirannya pun akan semakin akurat.

Dalam perkembangannya, absen sidik jari dapat dilakukan tidak hanya melalui mesin absensi, namun juga melalui ponsel pribadi karyawan. Sehingga memberikan fleksibilitas yang jauh dari teknologi sebelumnya.

Lalu bagaimana metode perekaman serta cara kerja mesin absensi sidik jari ini?

Simak ulasan LinovHR di artikel berikut ini!

 

Metode Perekaman Absen Sidik Jari

Pada dasarnya, metode yang digunakan dalam merekam sidik jari pada mesin absensi fingerprint memiliki cara yang sama. Mesin dapat merekam sepuluh jari dan membacanya.

Namun, dalam merekam sidik jari tersebut terdapat empat metode atau cara yang berbeda-beda sesuai dengan mesinnya, yaitu:

 

1. Optical

Metode ini adalah perekaman sidik jari yang paling umum dan sederhana. Perekaman sidik jari dengan metode ini mengandalkan fungsi cahaya yang dapat merekam fingerprint.

Mesin akan melakukan proses scanning pada jari yang ditempelkan dan secara otomatis akan merekam waktu kehadiran setiap karyawan yang menggunakannya.

 

2. Capacitive

Metode yang kedua metode capacitive di mana metode ini sering digunakan sebagai teknologi pengamanan ponsel pintar. Metode ini menggunakan kapasitor yang memuat listrik untuk melakukan perekaman pola sidik jari.

Mesin absen sidik jari tersebut akan merekam pola sidik jari yang menempel pada permukaan mesin. Anda harus memastikan seluruh ujung sidik jari menempel secara rata pada permukaan mesin agar dapat terekam dengan jelas.

 

3. Ultrasonik

Seperti namanya, metode perekaman sidik jari yang satu ini mengandalkan gelombang suara yang cukup tinggi hingga melebihi 20kHz.

Caranya dengan memanfaatkan pantulan gelombang frekuensi yang berada di lapisan epidermis sehingga pola sidik jari karyawan dapat terekam.

 

4. Thermal

Metode yang satu ini berbeda dengan ketiga metode sebelumnya. Di mana metode thermal memanfaatkan suhu yang berbeda di setiap sidik jari.

Perbedaan suhu antara bagian yang menonjol dan yang tidak menonjol merupakan cara kerja utama dari metode mesin yang mengandalkan thermal.

Cara kerjanya pun cukup mudah, dimana karyawan perlu menggosokkan ujung jari ke permukaan scanner. Kemudian, mesin absen sidik jari akan mencatat waktu kehadiran dengan akurat.

 

Cara Kerja Mesin Absen Sidik Jari

Pernahkan Anda bertanya-tanya, seperti apa sebenarnya cara kerja mesin absen sidik jari itu? Tentunya setiap mesin absensi sidik jari memiliki cara kerjanya masing-masing.

Namun, biasanya cara kerja mesin absensi hanya terdiri atas dua cara yaitu registrasi dan verifikasi.

 

1. Mendaftarkan Sidik Jari

Sebelum dapat digunakan untuk presensi, Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu sidik jari. Umumnya, pengguna diminta untuk mendaftarkan sepuluh sidik jarinya, namun beberapa ada yang hanya menggunakan dua sidik jari saja.

Pastikan saat proses pendaftaran fingerprint, sidik jari hari bersih dan tidak ada lecet atau luka. Sehingga, proses pendaftarannya akan semakin mudah.

 

2. Verifikasi Data Pengguna

Setelah melakukan pendaftaran sidik jari pengguna, maka tahap selanjutnya adalah proses verifikasi data pengguna.

Proses ini akan dilakukan pencocokan hasil scanning dengan data yang diperoleh dalam sistem sesuai dengan nomor ID pengguna.

Apabila hasilnya cocok, maka layar akan menampilkan warna hijau. Namun, apabila hasilnya tidak cocok, maka layar akan menampilkan warna merah.

 

3. Kewenangan Pengaturan

Mesin absensi sidik jari memberikan akses kewenangan untuk mengatur berbagai hal terkait dengan data kehadiran karyawan. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan keamanan dari tindak kecurangan yang mungkin terjadi.

 

Baca Juga: Tingkat Keefektifan Absen Fingerprint dan Absen Online untuk Bisnis 

 

Tingkat Keamanan Absen Sidik Jari

Sejak kemunculannya, absen fingerprint langsung menjadi pilihan banyak perusahaan karena memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Hal ini karena, cara perekaman absen yang menggunakan pola sidik jari antara masing-masing orang tentu berbeda.

Jadi keamanan tetap terjaga karena hanya orang bersangkutanlah yang dapat melakukan absen. Dengan kata lain, kecurangan absen bisa diminimalisir.

Karena pola sidik jari yang berbeda tadi, keakuratan data juga terjamin, karena diatur sesuai dengan data sidik jari yang tersimpan di sistem.

 

Kesimpulan

Penggunaan absen sidik jari bisa dikatakan menjadi pilihan pertama perusahaan untuk sistem absen yang cukup efektif dan aman daripada sistem absen ceklok. Selain itu, proses pencatatan kehadiran yang dihasilkan dari mesin absensi ini tergolong sangat aman dengan proses yang sederhana. 

Setiap karyawan cukup menempelkan sidik jari mereka di mesin, lalu jika berhasil, waktu masuk akan secara akurat langsung tercatat. Proses absen karyawan jadi lebih aman dan sederhana. 

Namun, walaupun dibekali keamanan yang memadai, kekurangan mesin absensi fingerprint adalah mengurangi mobilitas karyawan karena hanya dapat melakukan absen di satu lokasi saja.

 

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Absensi Online LinovHR

 

 

Beruntungnya sekarang sudah ada absensi fingerprint yang lebih aman dan menunjang mobilitas karyawan, yaitu aplikasi absensi dari LinovHR. Aplikasi absensi LinovHR memberikan keamanan tingkat tinggi sehingga Anda tidak lagi perlu khawatir mengenai kebocoran data atau pemalsuan sidik jari.

Tidak hanya bisa mengenali sidik jari karyawan saat absen, tapi juga kecurangan dan manipulasi absen lainnya. Misalnya dengan menggunakan fake GPS, root atau jailbreak.

 

Baca Juga: Mengulas Fitur Absensi Face Recognition Pada Aplikasi Absensi LinovHR

 

Selain itu, aplikasi absensi LinovHR telah terintegrasi dengan sistem mobile. Sehingga, karyawan Anda akan jauh lebih mudah melakukan proses pencatatan kehadiran hanya dengan menggunakan sidik jari di ponsel.

Jadi, tunggu apalagi?

Segera beralih ke aplikasi absensi LinovHR untuk dapatkan segala kemudahan dalam proses pencatatan kehadiran!