apa itu hrd

Mengenal Apa itu HRD? ini Tugas, Skill dan Jenjang Karir nya

HRD adalah sebuah profesi yang bekerja pada bagian manajemen sumber daya manusia, yang secara khusus menangani pengembangan dan administratif karyawan di dalam sebuah perusahaan.

Ia berperan sebagai divisi yang bisa membina dan membantu karyawan dalam mengembangkan keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan karyawan.

Sehingga karyawan bisa mengembangkan keterampilannya demi meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan.

Untuk itu, artikel dari LinovHR berikut ini akan menjelaskan mengenai apa itu HRD selengkapnya. Simak artikel berikut ini ya!

 

 

Apa itu HRD dan Kepanjangannya?

HRD adalah
HRD adalah

 

HRD adalah singkatan dari Human Resource Development yang bisa diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai manajemen sumber daya manusia yang bekerja di sebuah perusahaan.

HRD merupakan sebuah departemen atau divisi yang dapat membantu karyawan dalam mengembangkan keterampilan, kemampuan, keahlian dan pengetahuan di dalam sebuah perusahaan.

Fokus utama divisi ini adalah untuk mengembangkan tenaga kerja agar mereka bisa memiliki kualitas kinerja yang baik. Sehingga para tenaga kerja bisa membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis.

Pengembangan SDM bisa mencakup dalam beberapa bidang, seperti pelatihan karyawan, pengembangan kinerja, pengembangan karier karyawan, pendampingan karyawan, perencanaan suksesi karyawan, pengembangan organisasi dan manajemen administratif.

Namun, sayangnya tugas divisi ini masih hanya dianggap sebagai seseorang yang merekrut karyawan, mengurus absen, gaji serta cuti.

Padahal, bila perusahaan bisa mengoptimalkan divisi HR, akan mudah bagi perusahaan tersebut mencapai tujuan yang diharapkan.

 

Apa Saja Tugas HRD?

HR juga dikenal orang yang mengurus hal-hal administratif perusahaan. Tapi, itu hanyalah tugas kecil yang HRD lakukan, lebih dari itu berikut ini beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab HRD di perusahaan.

  1. Melakukan perencanaan
  2. Melakukan rekrutmen
  3. Merencanakan pelatihan karyawan
  4. Mengelola data administrasi

 

Apakah hanya itu saja tugas dan tanggung jawab seorang HRD? Tentu saja tidak, untuk mengetahui lebih dalam mengenai tugas HR, klik link berikut ini

 

Skill yang Harus Dimiliki untuk Menjadi HR Professional

Ada beberapa skill yang perlu dikuasai oleh HRD untuk membantu menyelesaikan tugas dengan optimal. Berikut ini beberapa skill yang perlu dikuasai sebagai cara menjadi HRD yang profesional.

 

1. Memahami Alur Bisnis Perusahaan

Seorang HR profesional harus memahami alur bisnis di suatu perusahaan, seperti memahami tujuan perusahaan, visi misi perusahaan, dan budaya kerja perusahaan. Dengan begitu, seorang HRD bisa membantu perusahaan dalam bersaing dengan para kompetitornya, sehingga mendorong perkembangan bisnis.

 

2. Menyusun Strategi

Seorang HRD juga harus bisa menyusun strategi manajemen untuk bisa merancang skema penggajian karyawan secara efisien dan memproses rekrutmen karyawan. 

Selain itu, seorang HR juga perlu memiliki kemampuan untuk berorganisasi yang baik. Alasannya karena seorang HR memiliki tugas untuk bersosialisasi kepada karyawan apabila ada kebijakan baru di perusahaan.

 

3. Menyeimbangkan Kepentingan

Seorang HR harus memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan banyak kepentingan. Seperti kepentingan untuk melindungi dan membina karyawan dan mengelola kepentingan perusahaan. 

Kepentingan tersebut harus seimbang dan tidak boleh ada yang berat sebelah. Karena apabila seorang HR lebih mementingkan salah satu pihak, maka yang akan terjadi adalah permasalahan yang bisa memungkinkan perusahaan mengalami kerugian.

 

4. Multitasking

HR akan melakukan banyak tugas pada saat bersamaan. Mulai dari memproses rekrutmen, mempersiapkan pelatihan, penggajian, dan banyak lainnya.  Hal ini menuntut HR untuk bisa multitasking dan menyelesaikan tugas dengan cepat, tepat, fokus, dan teliti.

Selain itu, ada lagi beberapa skill yang perlu Anda kuasai agar bisa menjadi HRD profesional. Coba simak 10 caranya dalam artikel berikut ini!

 

Bagaimana dengan Jenjang Karir HRD?

Seorang HRD memiliki jenjang karier yang cukup menjanjikan. Maka tidak heran bila profesi ini jadi idaman. Berikut ini jenjang karier HR.

 

1. Staf Rekrutmen

Staf rekrutmen adalah salah satu bagian dari HRD yang bertugas untuk merekrut calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tugas dan tanggung jawab lain nya meliputi membuat iklan lowongan pekerjaan di beberapa platform pencarian kerja, media sosial, atau website perusahaan.

 

2. Staf Payroll

Untuk bisa meniti karier menjadi staff payroll, Anda harus memiliki kemampuan berhitung yang baik. Selain itu, Anda harus menguasai software payroll yang dapat memudahkan penggajian karyawan.

 

3. Training and Development 

Jenjang karier HRD yang selanjutnya adalah menjadi training and development. Tugas dalam posisi ini adalah mengatur prosedur pelatihan, dan memberikan pelatihan bagi karyawan yang baru.

 

Baca Juga: Apa Saja Tanggung Jawab Seorang Training and Development Specialist?

 

4. HR Business Partner

Jenjang karier berikutnya adalah HR business partner.

Tugas dalam posisi ini adalah memperbarui program evaluasi perusahaan, mengembangkan kebijakan perusahaan kepada karyawan, sampai merekomendasikan prosedur dan kebijakan baru.

 

5. HR Manager

Jenjang karier ini merupakan salah satu level tertinggi dalam dunia HRD.

Tugas dalam posisi ini adalah menyusun nilai-nilai perusahaan, melakukan kontrol terhadap rekrutmen karyawan, memastikan SOP berjalan dengan baik, dan lain sebagainya.

 

6. Chief HR Officer

Chief HR officer merupakan posisi tertinggi di divisi HRD.

Tugas dalam posisi ini sebenarnya sama dengan jajaran direksi lainnya, yaitu memimpin dan membuat keputusan dalam divisi HRD, memberikan kritik dan saran terhadap kinerja divisi HRD, dan mengatur alur kerja perusahaan.

 

Kesimpulan

HRD adalah profesi yang memainkan peran penting di dalam perusahaan. Di mana ia punya tugas dalam mengelola administrasi karyawan, merencanakan manpower serta juga berperan dalam mengembangkan karyawan lewat pelatihan.

Dengan tugasnya yang begitu banyak, maka tidak heran bila seorang HR harus punya skill multitasking, mampu berpikir strategis, serta mampu meyeimbangkan alur bisnis.

Untuk jenjang karier, HR pun termasuk posisi yang punya jenjang karier yang luas. Ia bisa menjadi staf rekrutmen, payroll, sampai dengan duduk di posisi C level.

Saat ini, tugas administratif HR pun bisa dilakukan lebih mudah dan tidak lagi mengandalkan cara-cara manual. Hal ini karena sekarang sudah ada software HRIS yang punya sistem terintegrasi.

Dengan sistem HR digital yang terintegrasi, tugas HR tidak lagi berkutat dalam hal administratif yang menyita waktu dan repetitif.

 

LinovHR

 

Salah satu software HRIS terintegrasi tersebut adalah Software HRIS LinovHR yang punya 13 modul andalan dengan segudang fitur. Dengan Software HRIS LinovHR Anda dapat mensentralisasi seluruh proses administrasi perusahaan.

Mulai dari pengelolaan data perusahaan, database karyawan, manajemen kehadiran, perhitungan gaji, monitoring kinerja karyawan, rekrutmen, sampai dengan pelatihan. Semua bisa dilakukan di satu Software HRIS yang sudah berbasis cloud saja!

Dengan begini, HR pun dapat fokus mengerjakan tugas-tugas strategi yang berdampak nyata bagi perusahaan.