Mengenal Apa itu HRD? Ini Tugas, Skill dan Jenjang Karirnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

HRD Adalah
Isi Artikel

HRD merupakan profesi yang bekerja pada bagian manajemen sumber daya manusia, yang secara khusus menangani pengembangan dan administratif karyawan di dalam sebuah perusahaan.

Ia berperan sebagai divisi yang bisa membina dan membantu karyawan dalam mengembangkan keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan karyawan. Sehingga karyawan bisa mengembangkan keterampilannya demi meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan.

Untuk itu, artikel dari LinovHR berikut ini akan menjelaskan mengenai apa itu HRD selengkapnya. Simak artikel berikut ini ya!

Apa itu HRD?

HRD adalah
Human Resource Development (HRD)

Human Resource Development atau HRD adalah bagian dari HRM (Human Resource Management) yang berfokus pada peningkatan kemampuan dan pengetahuan karyawan melalui program pelatihan dan pengembangan yang komprehensif.

HRD berperan penting dalam meningkatkan keterampilan, pengetahuan, kompetensi, dan kinerja karyawan secara keseluruhan.

Pengembangan SDM bisa mencakup dalam beberapa bidang, seperti pelatihan karyawan, pengembangan kinerja, pengembangan karier karyawan, pendampingan karyawan, perencanaan suksesi karyawan, pengembangan organisasi dan manajemen administratif.

Namun, sayangnya tugas divisi ini masih hanya dianggap sebagai seseorang yang merekrut karyawan, mengurus absen, gaji serta cuti.

Padahal, bila perusahaan bisa mengoptimalkan divisi HR, akan mudah bagi perusahaan tersebut mencapai tujuan yang diharapkan.

Baca Juga: 17 Aplikasi HRD Terbaik Yang Dibutuhkan Di Era Digital

Perbedaan HR dan HRD

HR (Human Resource) dan HRD (Human Resource Development) memiliki peran yang berbeda dalam perusahaan. HR bertanggung jawab atas pengelolaan administratif karyawan, termasuk rekrutmen dan penggajian. Sementara HRD berfokus pada peningkatan kinerja karyawan melalui pengembangan sumber daya manusia jangka panjang.

Baca juga: Jenjang Karir dan Besaran Gaji HRD di Perusahaan Indonesia!

Fungsi dan Tugas HRD di Perusahaan

HRD memainkan peran kunci dalam memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan, pengetahuan, dan motivasi yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan pribadi dan kontribusi yang optimal bagi perkembangan perusahaan. Berikut fungsi dan tugas HRD di Perusahaan:

1. Merancang Program Pengembangan

HRD bertanggung jawab merancang program pelatihan dan pengembangan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan serta perkembangan industri yang terkini.

2. Menerapkan Pelatihan

HRD melaksanakan pelatihan karyawan, baik yang bersifat umum maupun yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari departemen atau individu karyawan.

3. Pengembangan Karir

HRD membantu merancang jalur karir dan program pengembangan karyawan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan kemajuan karir mereka di dalam organisasi.

4. Evaluasi Kinerja

HRD terlibat dalam proses evaluasi kinerja karyawan, termasuk merancang dan melaksanakan sistem penilaian kinerja yang adil dan objektif.

5. Meningkatkan Kepuasan Kerja

HRD berupaya meningkatkan kepuasan kerja karyawan dengan menyediakan lingkungan kerja yang kondusif, mendukung keseimbangan kerja-hidup, dan memfasilitasi komunikasi yang terbuka antara manajemen dan karyawan.

6. Merancang Program Penghargaan

HRD merancang dan melaksanakan program penghargaan dan insentif yang dapat memotivasi karyawan untuk mencapai kinerja terbaik mereka.

7. Pengembangan Organisasi

HRD terlibat dalam merancang strategi pengembangan organisasi untuk mengidentifikasi dan mengatasi kebutuhan serta tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Baca Juga: Tugas HRD dan Tanggung Jawabnya dalam Perusahaan

Skill yang Harus Dimiliki untuk Menjadi HR Professional

Ada beberapa skill yang perlu dikuasai oleh HRD untuk membantu menyelesaikan tugas dengan optimal. Berikut ini beberapa skill yang perlu dikuasai sebagai cara menjadi HRD yang profesional.

1. Memahami Alur Bisnis Perusahaan

Seorang HR profesional harus memahami alur bisnis di suatu perusahaan, seperti memahami tujuan perusahaan, visi misi perusahaan, dan budaya kerja perusahaan. Dengan begitu, seorang HRD bisa membantu perusahaan dalam bersaing dengan para kompetitornya, sehingga mendorong perkembangan bisnis.

2. Menyusun Strategi

Seorang HRD juga harus bisa menyusun strategi manajemen untuk bisa merancang skema penggajian karyawan secara efisien dan memproses rekrutmen karyawan. 

Selain itu, seorang HR juga perlu memiliki kemampuan untuk berorganisasi yang baik. Alasannya karena seorang HR memiliki tugas untuk bersosialisasi kepada karyawan apabila ada kebijakan baru di perusahaan.

3. Menyeimbangkan Kepentingan

Seorang HR harus memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan banyak kepentingan. Seperti kepentingan untuk melindungi dan membina karyawan dan mengelola kepentingan perusahaan. 

Kepentingan tersebut harus seimbang dan tidak boleh ada yang berat sebelah. Karena apabila seorang HR lebih mementingkan salah satu pihak, maka yang akan terjadi adalah permasalahan yang bisa memungkinkan perusahaan mengalami kerugian.

4. Multitasking

HR akan melakukan banyak tugas pada saat bersamaan. Mulai dari memproses rekrutmen, mempersiapkan pelatihan, penggajian, dan banyak lainnya. Hal ini menuntut HR untuk bisa multitasking dan menyelesaikan tugas dengan cepat, tepat, fokus, dan teliti.

Selain itu, ada lagi beberapa skill yang perlu Anda kuasai agar bisa menjadi HRD profesional.

Baca juga: 10 Cara Menjadi HRD yang Profesional

Mudahkan Proses HR dengan Software HRIS dari LinovHR

LinovHR

HRD adalah profesi yang memainkan peran penting di dalam perusahaan. Di mana ia punya tugas dalam mengelola administrasi karyawan, merencanakan manpower serta juga berperan dalam mengembangkan karyawan lewat pelatihan.

Dengan tugasnya yang begitu banyak, maka tidak heran bila seorang HR harus punya skill multitasking, mampu berpikir strategis, serta mampu meyeimbangkan alur bisnis.

Untuk jenjang karier, HR pun termasuk posisi yang punya jenjang karier yang luas. Ia bisa menjadi staf rekrutmen, payroll, sampai dengan duduk di posisi C level.

Saat ini, tugas administratif HR pun bisa dilakukan lebih mudah dan tidak lagi mengandalkan cara-cara manual. Hal ini karena sekarang sudah ada software HRIS yang punya sistem terintegrasi.

Dengan sistem HR digital yang terintegrasi, tugas HR tidak lagi berkutat dalam hal administratif yang menyita waktu dan repetitif.

Salah satu software HRIS terintegrasi tersebut adalah Software HRIS dari LinovHR yang punya 13 modul andalan dengan segudang fitur. Dengan Software HRIS LinovHR Anda dapat mensentralisasi seluruh proses administrasi perusahaan.

Mulai dari pengelolaan data perusahaan, database karyawan, manajemen kehadiran, perhitungan gaji, monitoring kinerja karyawan, rekrutmen, sampai dengan pelatihan. Semua bisa dilakukan di satu Software HRIS yang sudah berbasis cloud saja!

Dengan begini, HR pun dapat fokus mengerjakan tugas-tugas strategi yang berdampak nyata bagi perusahaan.

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter