entry level adalah

Entry Level Cocok untuk Fresh Graduate? Inilah Contoh Posisi Entry Level Layak Dicoba!

Banyak fresh graduate merasa kebingungan jenis pekerjaan seperti apa yang harus mereka lamar. Jika Anda sebagai pelamar kerja belum memiliki pengalaman profesional yang benar-benar mendukung, maka posisi entry level patut dicoba! 

Sebenarnya, apa itu posisi entry level dan bagaimana contohnya dalam dunia kerja? Mari simak ulasan singkat berikut ini!

 

Apa Itu Posisi Entry Level?

Sederhananya, entry level adalah sebuah posisi yang pada bagian staff yang membutuhkan kompetensi, kualifikasi, atau kemampuan minimal. Karena tidak membutuhkan kemampuan spesifik atau harus sangat mahir di bidang tersebut, maka posisi ini sering diincar oleh para lulusan baru. 

Meskipun demikian, beberapa posisi entry level di industri lain tetap membutuhkan keterampilan atau pendidikan khusus. Jadi, kualifikasinya tergantung kepada jenis apa yang dilamar oleh pelamar kerja. 

Karena berstatus sebagai pemula, karyawan di posisi entry level masih membutuhkan pelatihan tambahan di tempat kerja agar dapat memaksimalkan kinerja serta pengetahuan. 

Walau dicap sebagai posisi untuk pemula, sebenarnya entry level juga diincar oleh para karyawan yang sedang menjalani switch career atau mengembangkan kemampuan di bidang yang berbeda.

Selama kandidat tersebut masih memiliki dasar kemampuan yang dibutuhkan, maka tidak masalah jika melamar di posisi entry level meskipun pengalaman yang ada tidak begitu relevan. 

 

Mengapa Posisi Entry Level Layak Dicoba untuk Fresh Graduate?

Seorang lulusan baru yang belum memiliki banyak pengalaman patut mencoba posisi entry level. Mengapa demikian? Ada 2 pertimbangan yang patut diperhatikan.

 

  • Menjadi titik belajar. Pekerjaan sebagai entry level adalah cara tepat bagi para fresh graduate untuk mendapatkan pengalaman di bidang baru. Bisa dibilang, posisi ini cocok menjadi awal belajar sehingga karyawan bisa mengembangkan potensinya lebih luas lagi.

 

  • Jenjang karir terbuka lebar. Apabila karyawan sudah belajar dengan giat untuk menggali talentanya, maka kesempatan bagi karyawan untuk meraih jenjang karir juga lebih besar. Karyawan bisa mengembangkan diri mereka melalui belajar otodidak, mencari mentor di kantor, atau mengikuti kursus tambahan untuk mendalami suatu bidang lebih mendalam. 

 

Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Kenali Dulu Kualifikasi Kemampuan Profesional

 

Contoh Posisi Entry Level

Setelah mengetahui apa itu entry level jobs, Anda kini juga perlu mengetahui berbagai posisi entry level job yang cocok untuk dicoba bagi para fresh graduate.

 

Customer Service

Suka berbicara dengan orang? Menjadi customer service mungkin cocok untuk Anda. Kandidat mungkin akan diminta untuk mengikuti kursus pelatihan serta mempelajari kebijakan perusahaan mengenai cara menangani client. 

Adapun keterampilan yang diharapkan dari customer service tingkat pemula adalah keterampilan komunikasi yang baik, keramahan, dan sikap yang positif untuk membantu client memecahkan masalah.

 

Public Relation

Perusahaan yang memiliki banyak konsumen biasanya mempunyai seorang staf public relation. Seorang staf public relation diharapkan menjadi orang yang suka bergaul.

Adanya seorang public relation ini juga dapat membantu perusahaan menjelaskan produk terkini yang mereka miliki ketika melakukan press realease serta menjadi tameng pertama apabila perusahaan harus mengklarifikasi suatu isu yang menerpa. 

 

Sales Account Representative

Jika Anda memiliki bakat dalam membujuk orang lain untuk melakukan sesuatu, pekerjaan sales mungkin merupakan keahlian Anda. Pekerjaan ini memiliki tugas untuk menjual produk ke bisnis lain atau ke konsumen individu. Maka dari itu Anda harus dapat bersikap persuasif, menarik, dan ramah. 

 

Baca Juga:  Pertama Kali Nego Gaji, Berapa Gaji Fresh Graduate Idealnya?

 

Personal Assistant 

Seorang personal assistant umumnya menangani semua jenis dokumen, panggilan telepon, sampai balas membalas email. Terkadang, seorang asisten juga diminta untuk menghadiri rapat dan membuat catatan atau membantu menyiapkan hasil untuk proyek-proyek besar yang sedang dikerjakan perusahaan. 

Pekerjaan ini sangat menguntungkan bagi pencari kerja yang tidak begitu paham mengenai jenis pekerjaan apa yang akan mereka jalani di awal karir. Setelah mendapatkan beberapa pengalaman mempelajari cara kerja bisnis, barulah Anda dapat beralih ke peran yang lebih khusus.

 

Staff Administrasi

Staf administrasi atau yang bisa disebut staf admin berkutat dengan pengelolaan administrasi sebuah perusahaan. Hal-hal administrasi yang biasanya dikelola meliputi berkas atau file kantor, surat-menyurat, mengatur panggilan dengan pihak luar perusahaan, dan lain lain.

 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk melamar posisi entry level. Jika memang Anda belum memiliki banyak pengalaman, maka menduduki entry level adalah posisi yang tepat.

Semoga pembahasan di atas dapat membantu Anda mencari karir idaman!