HRM

Apa Itu HRM? Mari Simak Ulasan Mengenai HRM! 

Tugas dan tanggung jawab Human Resource Department (HRD) memang tak sedikit dan bahkan terbilang berat, salah satunya yaitu mengelola karyawan agar mampu mengeluarkan potensinya dengan semaksimal mungkin. Karenanya, strategi HRM sangat dibutuhkan demi mengoptimalkan kinerja HRD. Lalu, apa itu HRM? Mari simak ulasan berikut ini.

 

Apa itu HRM?

Berdasarkan pengertian ahli Manajemen Sumber Daya Manusia, Michael Beer, Human Resources Management atau HRM adalah pendekatan strategis untuk pekerjaan, pengembangan, dan kesejahteraan orang-orang yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan tindakan manajemen yang mempengaruhi hubungan antara perusahaan dan karyawannya.

HRM mengacu pada pengelolaan semua keputusan dalam sebuah perusahaan yang terkait dengan karyawan atau sumber daya manusia di dalamnya. Hal ini berfokus untuk memaksimalkan sumber daya manusia yang ada di tangan perusahaan dan meningkatkan kinerja karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Fungsi HRM juga secara efisien membantu tenaga kerja perusahaan untuk berkontribusi secara efisien dan efektif terhadap pencapaian seluruh tujuan perusahaan, memastikan penerapan kebijakan dan proses yang mulus dan efektif dalam bisnis, dan menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan kepuasan karyawan dan profitabilitas dan kemampuan perusahaan.

 

Baca Juga: Contoh Surat Pemberhentian Kerja yang Wajib Diketahui HRD

 

Mengapa HRM Penting dalam Perusahaan?

Karena peran dan fungsinya, maka HRM dianggap sangat penting bagi berkembangnya bisnis di perusahaan. Adapun alasan mengapa HRM penting di dalam sebuah perusahaan.

 

Menempatkan Karyawan di Posisi yang Tepat

Karyawan menyumbangkan ide dan kinerja lebih maksimal yang akan membantu perusahaan mengembangkan bisnis sehingga penempatan karyawan yang sesuai dengan kemampuan atau kompetensi akan berdampak baik bagi perkembangan perusahaan melalui program rekrutmen, suksesi, jenjang karir, dan sebagainya agar setiap bagian dalam perusahaan dapat diisi oleh orang yang tepat. 

 

Membangun Komunikasi Dua Arah

HRD menjembatani komunikasi antara karyawan dan perusahaan serta sesama karyawan dapat mengurangi potensi terjadinya masalah atau konflik dalam perusahaan dengan pengelolaan karyawan yang baik dimulai dari komunikasi yang baik. Karena dipercaya bahwa kelancaran komunikasi juga dapat menumbuhkan lingkungan kerja yang positif. 

 

Mengelola Kinerja Secara Efisien

Selain harus berdasarkan kebijakan perusahaan, pengelolaan kinerja juga harus memperhitungkan undang-undang dan regulasi mengenai ketenagakerjaan dari pemerintah serta mengelola karyawan dengan efektif sesuai kemampuan dan keterampilan karyawan untuk keberhasilan perusahaan.

 

Menyediakan Kebutuhan Para Karyawan

Dalam operasionalnya, karyawan adalah kunci kesuksesan perusahaan sehingga HRD harus memastikan dan menyediakan kebutuhan karyawan sebagai bentuk kewajiban dari perusahaan sebagai pemberi kerja, karena HRD merupakan divisi yang menghubungkan kepentingan perusahaan dan karyawan.

Kebutuhan mendasar dan hak karyawan yang harus dipastikan dan disediakan adalah hak cuti, menerima gaji yang sesuai, jaminan sosial berupa BPJS Ketenagakerjaan, bahkan jika memungkinkan bagi perusahaan, memberikan fasilitas lain selain gaji seperti bonus tahunan untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan akan berdampak positif pada bisnis secara keseluruhan. 

 

Mengembangkan Keterampilan Karyawan

Karyawan yang mengikuti program pelatihan dan pengembangan karyawan akan menguasai kompetensi baru untuk diimplementasikan dalam kinerjanya sehari-hari dengan memfasilitasi pengembangan dan pelatihan karyawan sehingga mereka bisa bersaing dan medukung keberlangsungan bisnis.

 

Apa Saja Manfaat dari Penerapan HRM yang Tepat?

Dengan berjalannya HRM yang baik dalam perusahaan, maka akan ada banyak manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan. Adapun beberapa manfaat penerapan HRM yang tepat.

 

Membantu Pencapaian Target

Pendapatan dan keuntungan perusahaan akan mengalami peningkatan dengan membantu perusahaan untuk mencapai target lebih maksimal.

 

Penempatan Sumber Daya 

Hasil kerja akan nanti lebih maksimal karena secara tidak langsung HRM akan mengarahkan sumber daya yang tetap pada posisi yang sesuai kebutuhan.

 

Meminimalisir Waktu Agar Lebih Optimal

Pekerjaan akan cepat selesai karena ditangani oleh orang yang tepat karena penempatan SDM bisa lebih akurat, sehingga waktu  mengarahkan sumber daya yang tetap pada posisi yang tepat.

 

Memudahkan Pemberian Tugas

Pemberian tugas bisa dilakukan lebih mudah karena pimpinan mengarahkan karyawannya dengan lebih baik.

 

Pelatihan Menjadi Lebih Mudah

Memudahkan pemberian pelatihan karena sudah mengetahui bakat dan minat para karyawan di posisi masing-masing.

 

Baca Juga: Pengertian dan Perbedaan Performance Management dengan Performance Appraisal

 

Wujudkan Pengelolaan Karyawan yang Komprehensif Bersama LinovHR

Untuk memaksimalkan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan maka keberadaan strategic HRM sangatlah. Untuk memaksimalkan strategi tersebut agar berjalan dengan baik dan matang, perusahaan harus memaksimalkan operasional atau administrasi perusahaan.

Agar pengelolaan administrasi karyawan dalam perusahaan dapat berjalan dengan lancar seperti penggajian, approval cuti, reimbursement, rekapitulasi data kehadiran, dan lainnya, perusahaan dapat memanfaatkan LinovHR agar pengelolaan administrasi karyawan jadi lebih komprehensif. 

LinovHR adalah Software Payroll berbasis cloud yang memiliki berbagai modul dengan manfaatnya yang dapat Anda gunakan.

  1. Modul Organization Management, untuk melihat dengan lengkap gambaran besar mengenai perusahaan dan berbagai komponen lain di dalamnya.
  2. Modul Personnel Administration, untuk mengelola secara terperinci informasi dan data diri karyawan yang ada.
  3. Modul Recruitment, agar manajemen HRD dapat melakukan Manpower Planning, Recruitment Request, Career Announcement melalui proses rekrutmen atau website lainnya.
  4. Modul Payroll, untuk membantu melakukan pengelolaan terhadap gaji karyawan mulai dari perhitungan hingga pembuatan Laporan Payroll.
  5. Performance Management, agar memudahkan setiap penilai kinerja karyawan dalam memberikan penilaian kepada atau direview.
  6. Time Management, untuk mempermudah manajemen dalam mengelola jadwal kerja karyawan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan karyawan.
  7. Succession Management, untuk mengelola hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan suksesi di sebuah perusahaan. 

Vendor Software HRD, LinovHR memang menjadi yang terbaik untuk membantu pengelolaan karyawan dari banyak perusahaan, yang juga menjamin keamanan dan kerahasiaan semua data perusahaan hanya untuk pengelolaan karyawan dengan menyediakan berbagai fitur dan tampilan user friendly sehingga perusahaan dapat memaksimalkan strategi HRM yang lebih optimal. 

Karena itu, kami, LinovHR sangat menantikan demo Anda untuk menjelaskan lebih lanjut tentang fitur dan modul yang kami miliki, dan membantu membantu perusahaan Anda untuk mengimplementasikan strategi HRM.