surat pemberhentian kerja

5 Contoh Surat Pemberhentian Kerja yang Wajib Diketahui HRD

Menangani proses pemberhentian kerja secara profesional sama pentingnya dengan proses perekrutan dan orientasi karyawan. Prosedur paling umum yang dilakukan perusahaan dalam proses pemecatan karyawan adalah dengan mengirim surat pemberhentian kerja. Dalam artikel ini, LinovHR akan menjelaskan apa itu surat pemutusan hubungan kerja dan contoh-contohnya. 

 

 

Pengertian Surat Pemberhentian Kerja

Surat Pemberhentian Kerja adalah pemberitahuan resmi dari perusahaan untuk memberi tahu karyawan bahwa mereka diberhentikan dari pekerjaan mereka. Surat pemutusan hubungan kerja biasanya mencakup informasi mengenai alasan pemecatan, tunjangan karyawan atau uang pesangon yang kemungkinan diterima karyawan, tanggal gaji terakhir karyawan, dan perincian lainnya yang relevan dengan perihal pemutusan hubungan kerja. 

 

Beberapa Contoh Surat Pemberhentian Kerja

Surat pemutusan hubungan kerja dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan penyebabnya, seperti dibawah ini:

 

Surat Pemberhentian Kerja Karena Tidak Disiplin

Salah satu penyebab karyawan bisa mendapatkan surat pemutusan hubungan kerja adalah karyawan tidak disiplin dalam mematuhi peraturan perusahaan.

 

Dari:

Rinjani Amanda

Human Resource Manager,

PT Malaka

Jakarta

 

Untuk:

Genesa Syahdeni

Jl. Terang Bulan,

Tangerang

 

Kami menyesal untuk memberitahu Anda bahwa kami akan menghentikan pekerjaan Anda dengan segera. Keputusan ini kami ambil setelah menyelesaikan semua rangkaian dari proses disipliner perusahaan. Keputusan ini diperlukan karena Anda telah berulang kali melanggar kebijakan perusahaan.

Semua aturan dan kebijakan yang mengatur operasional sangat penting harus ditaati oleh seluruh karyawan. Gagal mematuhi ketentuan dan kebijakan perusahaan merupakan risiko bagi bisnis dan rekan kerja Anda. Dikarenakan hal tersebut, kami memiliki kewajiban untuk mengambil tindakan yang tepat.

Anda berhak atas gaji Anda sampai dengan tanggal pemutusan hubungan kerja. Dan Anda juga berhak atas kompensasi yang diberikan oleh perusahaan. Keputusan ini tidak adapat diubah. Kami berharap Anda membaca surat pemutusan hubungan kerja ini dengan cermat.

 

Salam Hormat,

 

Rinjani Amanda

Human Resource Manager

Download Contoh Surat Pemberhentian Kerja Indisipliner

 

PHK Karena Efisiensi Perusahaan

Contoh Surat pemutusan hubungan kerja yang ketiga disebabkan karena efisiensi perusahaan.

 

Dari:

Suryani Rahma

Human Resource Manager,

PT AZZ

Surabaya

 

Untuk,

Renaldi Putra

Jl. Perintis Kemerdekaan,

Surabaya

 

Bapak Renaldi Putra yang terhormat,

Dengan sangat menyesal, kami menulis ini untuk memberitahu Anda tentang pemutusan hubungan kerja dengan PT. AZZ  mulai tanggal 3 Maret 2020 karena perusahaan tidak lagi membutuhkan layanan Anda. 

Perusahaan mengalihkan semua operasinya ke kantor pusat di Jakarta karena perusahaan menderita kerugian serius. Oleh karena itu, Manajemen memutuskan untuk mengurangi semua cabang lain di Indonesia. Kami sangat menghargai layanan Anda dan kami yakin bahwa karyawan yang berkinerja bagus seperti Anda tidak akan kesulitan dalam mencari pekerjaan yang lebih baik. 

Perusahaan akan memberikan kompensasi kepada Anda atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Anda dapat meminta tim HR untuk membantu keseluruhan proses. Semoga sukses untuk semua usaha Anda di masa depan. 

 

Salam Hormat,

 

Suryani Rahma

Human Resource Manager

Download Contoh Surat Pemberhentian Kerja Efisiensi

 

Baca Juga: Berbagai Jenis Cuti dan Contoh Surat Cuti

 

PHK Karena Karyawan Melakukan Kesalahan

Contoh surat pemutusan hubungan kerja yang disebabkan oleh karyawan melakukan kesalahan yang berakibat merugikan perusahaan.

 

Kepada Ibu Sri Rahayu yang terhormat,

Perihal: Pemutusan Hubungan Kerja

 

Merupakan kewajiban kami untuk menginformasikan bahwa pekerjaan Anda bersama PT. Sedayu Indah dihentikan dari 17 Juni 2020. Alasan pemutusan hubungan kerja adalah Anda beberapa kali cuti tanpa alasan yang jelas dari pekerjaan dalam waktu yang lama. Anda akan menerima sejumlah pesangon sesuai dengan kebijakan perusahaan. Anda juga akan menerima pernyataan yang merinci terkait tunjangan yang masih harus dibayar. 

Bapak Tirta Sanjaya selaku Human Resource Manager akan membahas rincian akhir ini dengan Anda. Silahkan hubungi beliau secepatnya untuk mendiskusikan proses pemberhentian kerja dan pesangon Anda. 

Tindakan ini kami anggap perlu dilakukan. Kami berharap Anda sukses dalam usaha Anda di masa depan.

 

Hormat kami,

 

HR Department 

PT Sedayu Indah

Download Surat Pemberhentian Kerja Karena Karyawan Melakukan Kesalahan

 

Karyawan Tidak Lolos Masa Percobaan

Contoh surat pemutusan hubungan kerja karena karyawan tidak lolos masa percobaan di perusahaan. 

 

Dari:

Faza Ramadhan

Human Resource Manager

Jakarta

 

Untuk:

Annisa Rahmawati

Jl. Mawar II

Depok

 

Ibu Annisa Rahmawati yang terhormat,

Kami mengakui upaya yang telah Anda lakukan dalam peran pekerjaan Anda sebagai SEO Writer selama masa percobaan dengan PT. ABC. Dengan menyesal, hasil kerja Anda selama masa percobaan tidak memenuhi harapan perusahaan. Kami menulis surat ini untuk memberitahu Anda bahwa pekerjaan Anda dengan PT. ABC berakhir efektif hari ini. Kami akan memproses gaji Anda yang belum dibayarkan. 

Dokumen-dokumen ini akan dikirimkan ke alamat rumah Anda. Kami berharap yang terbaik dalam usaha Anda di masa depan.

 

Dengan Hormat,

 

Faza Ramadhan

Human Resource Manager

Download Surat Pemberhentian Kerja Tidak Lulus Probation

 

PHK Sementara

Contoh surat pemberhentian kerja yang terakhir sedikit berbeda dengan contoh sebelumnya karena pemutusan hubungan kerja hanya berlaku sementara. 

 

Yang terhormat Ananda Putra,

 

Dengan menyesal, kami informasikan bahwa karena wabah Covid-19 yang tak kunjung selesai, perusahaan perlu mengurangi tenaga kerjanya untuk sementara waktu. 

Anda akan diberhentikan sementara secara efektif sejak 5 Juli 2020, dengan perkiraan kembali bekerja pada tanggal 6 Agustus 2020. Jika terdapat perubahan tanggal, Anda akan mendapatkan pemberitahuan tertulis. Gaji terakhir Anda dan cuti berbayar yang belum digunakan hingga 3 Juli 2020 akan diberikan kepada Anda pada tanggal 6 Juli 2020. 

Terima kasih atas kontribusi Anda yang berkelanjutan untuk perusahaan. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang hak dan tunjangan PHK Anda, silakan hubungi tim HR. 

 

Dengan Hormat, 

 

Baskara Mahendra

Human Resource Manager

Contoh Surat Pemberhentian Kerja Sementara

 

Baca Juga: Anda Hendak Melahirkan? Inilah Contoh Surat Pengajuan Cuti Melahirkan!

 

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh surat pemberhentian kerja yang bisa menjadi referensi untuk HRD. sebelum mengirimkan surat pemutusan hubungan kerja kepada karyawan, alangkah baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pengacara atau ahli hukum. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang bisa merugikan perusahaan maupun karyawan yang di PHK.