Admin HRD

Apa Tugas Admin HRD?

Apakah anda seorang lulusan ilmu psikologi atau pernah bekerja sebagai HRD yang ingin mencari lowongan sebagai HRD, lalu kemudian melihat lowongan dengan posisi Admin HRD? Apa bedanya dengan posisi HRD yang lainnya? Apa tugas Admin HRD?

Dalam perusahaan ada cukup banyak divisi salah satunya adalah HRD atau singkatan dari Human Resource Departement. Bila mengartikan ke dalam Bahasa Indonesia, HRD biasa disebut Departemen Sumber Daya Manusia (SDM). Secara umum, anda bisa membaca artikel kami sebelumnya mengenai Tugas HRD. Namun, dalam jenis tugasnya juga di dalam divisi HRD nantinya akan dibagi kembali menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah admin HRD. Apa tugas admin HRD apakah ada persamaan dengan tugas HRD secara umum? Berikut penjelasannya.

Tugas Admin HRD

Bila melihat secara umum, seorang HRD memiliki tugas yang berkaitan dengan karyawan. Misalnya saja, dalam proses recruitment, evaluasi, pengembangan, sampai PHK atau pemutusan hubungan kerja. Divisi ini juga biasanya akan ada dalam perusahaan berskala besar atau perusahaan induk. Namun, tidak seluruhnya tugas tersebut dilimpahkan pada satu orang. Ada bagian lain dalam divisi tersebut yaitu Admin HRD.

Sebelum mengetahui apa tugas admin HRD, sebaiknya ketahui dulu apa tugas HRD secara umum:

  • Seorang HRD akan bertugas melakukan serta mempersiapkan proses penyeleksian tenaga kerja dalam perusahaan. Dari awal sampai akhir yang meliputi faktor internal serta eksternal dalam perusahaan, recruitment dan seleksi tenaga kerjanya.

  • Seorang HRD akan bertugas dalam urusan pengembangan serta proses evaluasi para karyawan dalam perusahaan. Ini dilakukan agar karyawan bisa ikut serta berkontribusi dengan maksimal terhadap perusahaan sehingga ia harus bisa menguasai pekerjaan yang sudah menjadi tugas serta tanggung jawabnya.

  • Seorang HRD akan bertugas memberikan kompensasi serta perlindungan kepada para pegawainya. Kompensasi merupakan imbalan atau upah yang diberikan atas hasil kerja karyawan dan akan diberikan dengan teratur dari perusahaan. Prose pemberiannya pun harus tepat dan menyesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerjanya.

Setelah mengetahui tugas umum dari seorang HRD, selanjutnya Anda bisa mengetahui apa yang menjadi tugas khusus seorang admin HRD. Secara khusus Admin HRD akan bertugas untuk mengelola berbagai macam urusan administrasi dari karyawan. Selain itu, admin HRD juga akan mengatur berjalannya hubungan industrial antara karyawan dengan perusahaan. Seperti bertanggung jawab dalam pengurusan pinjaman karyawan, absensi karyawan, proses pencatatan cuti tahunan karyawan, atau secara khusus bisa dibilang bertanggung jawab atas payroll dan employee database.  

Berikut adalah beberapa tugas, tanggung jawab serta peran admin HRD:

  • Melakukan penerimaan tenaga kerja dan berkordinasi dengan labour supply

  • Melakukan sosialisasi serta kordinasi

  • Mempersiapkan kontrak kerja untuk para karyawan baru perusahaan

  • Melakukan penyusunan pada absensi atau daftar hadir karyawan perusahaan

  • Menyiapkan berbagai macam internal letter dan juga outgoing letter

  • Melakukan pembaharuan pada record data perusahaan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tugas dari seorang admin HRD akan lebih cenderung pada administrasi yang bisa mendukung fungsi utama dari HRD. Karena bila admin HRD tidak bisa bekerja dengan baik, maka secara keseluruhan fungsi HRD juga akan sangat sulit dijalankan, keduanya benar-benar memiliki hubungan.

Baca Juga: Kelola Data Karyawan dengan Aplikasi HRD, LinovHR

Di atas merupakan informasi mengenai tugas admin HRD. Bagaimanapun juga sebuah perusahaan pasti membutuhkan beberapa orang untuk menyelesaikan segala urusan yang berhubungan dengan karyawan, khususnya pada masalah administrasinya. Bila masalah tersebut tidak bisa dilakukan dengan benar ini akan sangat berpengaruh pada kinerja karyawan dalam perusahaan. Misalnya saja, kalau urusan payrollnya berantakan, secara langsung penggajian karyawan juga akan berantakan, perusahaan bisa terlambat memberikan gaji atau bisa juga salah jumlah saat mengirimkan gaji. Yuk, minimalisir kesalahan dalam perusahaan dengan memaksimalkan tugas admin HRD!