aplikasi manajemen aset

Perlukah Aplikasi Manajemen Aset untuk Karyawan?

Manajemen aset adalah praktik yang dilakukan untuk mengatur dan mengelola total kekayaan dari waktu ke waktu dengan memperoleh dan mempertahankan investasi. Kini, manajemen aset dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi manajemen aset yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Dengan melakukan manajemen aset, perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola dan mengatur aset yang dimiliki. 

Ada juga alasan penting dari pengelolaan aset perusahaan yang beberapa di antaranya adalah untuk menjaga nilai aset, memonitor penyusutan aset, mempermudah pembuatan anggaran, menghindari pembelian berlebih, meningkatkan keamanan, dan masih banyak yang lainnya. 

Maka dari itu, perusahaan sangat amat disarankan untuk memiliki aplikasi manajemen aset yang dapat mempermudah pekerjaan dalam hal yang satu ini.

 

Manfaat Menggunakan Aplikasi Manajemen Aset

Setiap perusahaan diharuskan untuk mengecek asetnya dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Dengan begitu, perusahaan akan dengan mudah mengelolanya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengelolaan aset menggunakan aplikasi tentunya akan memiliki berbagai manfaat dibandingkan melakukannya dengan cara yang manual. 

Masih ragu dengan aplikasi manajemen aset? Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang akan didapat bila menggunakan aplikasi untuk manajemen aset.

 

Menghindari Pembelian Aset yang Tidak Penting

Dengan menggunakan aplikasi manajemen aset, Anda akan dipastikan untuk tidak melakukan pembelian aset yang sekiranya tidak penting dan tidak memberikan keuntungan berlebih terhadap perusahaan Anda. 

Meskipun setiap tahunnya memang perusahaan akan selalu mengeluarkan anggaran untuk mengganti ataupun menambah aset yang dimiliki, dengan menggunakan aplikasi manajemen aset ini tentunya Anda akan dimudahkan dalam hal pendataan dan pengelolaannya.

 

Pencatatan Aset Lebih Akurat dan Detail

Biasanya, tanpa menggunakan aplikasi manajemen aset Anda harus dihadapkan dengan perihal seputar input data ke spreadsheet yang tentunya akan sangat merepotkan. Tidak hanya itu, penggunaan spreadsheet untuk manajemen aset juga sangat mengurangi detail yang seharusnya disertakan. 

Maka dari itu, dengan menggunakan aplikasi manajemen aset, semua informasi yang dibutuhkan mengenai aset perusahaan akan tercatat dengan detail dan lengkap tanpa adanya pemotongan informasi. 

 

Baca Juga: Berbagai Macam KPI yang HRD Wajib Pahami 

 

Terhindar Kesalahan yang Disebabkan Oleh Manusia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai penggunaan spreadsheet untuk melakukan manajemen aset secara manual, melakukan input data secara manual tentunya dapat menimbulkan kendala lainnya seperti human error. 

Hal ini dapat terjadi karena memang proses input aset yang cukup banyak ke dalam spreadsheet merupakan hal yang sangat membosankan sehingga karyawan yang berwenang untuk melakukan kegiatan ini dapat melakukan kesalahan. 

Berbeda dengan menggunakan aplikasi manajemen aset, Anda akan terhindar dari human error dan proses input aset akan menjadi sangat mudah serta tidak menghabiskan waktu yang lama.

 

Proses Audit Menjadi Mudah

Audit merupakan kegiatan yang harus dilakukan dari waktu ke waktu sehingga dapat Anda bayangkan betapa rumitnya proses pencatatan aset perusahaan bila dilakukan secara manual. 

Beberapa kendala yang kerap terjadi saat melakukan proses audit adalah ketidakcocokan antara aset yang sudah tercatat dengan aset yang sebenarnya sedang dikeluarkan, ataupun sebaliknya. Karena hal inilah, penggunaan aplikasi manajemen aset tentunya akan membantu proses audit dengan cepat dan mudah.

 

Baca Juga: Apa Saja Tugas Utama HR Generalist? 

 

Atur Data Karyawan Dengan Mudah Menggunakan LinovHR

software hris

 

Berbicara mengenai aset perusahaan, salah satu aset yang sangat amat penting dalam perusahaan adalah karyawan. Akan sangat percuma bila perusahaan tidak menjaga aset yang paling berharga ini dengan pengelolaan yang tidak baik dan tidak terperinci.

Maka dari itu, LinovHR menawarkan software manajemen aset melalui modul Personnel Administration yang sangat membantu HRD untuk mengelola perihal administrasi para karyawan dengan sangat baik dan juga mudah. Pendataan dan pengelolaan data mengenai perihal karyawan tentunya tidak akan membuang banyak waktu serta mudah digunakan.

Dibandingkan cara manual, manajemen aset menggunakan modul Personnel Administration dari LinovHR dapat meminimalisir human error. 

Demikianlah beberapa hal mengenai manajemen aset perusahaan yang tentunya akan sangat banyak manfaatnya bila menggunakan aplikasi yang dibuat memang khusus untuk mengelola aset sebuah perusahaan jika dibandingkan dengan cara manual yang menggunakan spreadsheet, yang justru malah berisiko menciptakan kesalahan dan memakan waktu yang lama.

Apakah Anda tertarik ingin mencoba aplikasi manajemen aset untuk memaksimalkan administrasi?

Ketuk tautan berikut ini dan segera ajukan demo bersama tim kami!