aplikasi attendance management

Mendisiplinkan Karyawan Menggunakan Aplikasi Attendance Management

Karyawan yang disiplin dalam waktu pastinya menjadi harapan setiap perusahaan. Untuk menciptakan karyawan yang disiplin dan berkarakter baik tentunya terdapat berbagai usaha yang harus dilakukan. Tetapi dalam praktiknya, hal tersebut tidak selalu berjalan dengan lancar karena terhalang oleh beberapa kendala. Menggunakan aplikasi attendance management bisa menjadi solusi terbaik untuk mendisiplinkan karyawan perusahaan.

 

3 Masalah Utama dalam Mendisiplinkan Karyawan

Lalu, apa saja masalah yang dihadapi karyawan saat mendisiplinkan karyawan? Terdapat berbagai kendala yang dihadapi perusahaan saat mendisiplinkan karyawan, antara lain: 

 

1. Karyawan yang Sering Datang Terlambat

Kebanyakan kantor atau perusahaan memiliki waktu datang dan pulang yang sudah ditetapkan. Tetapi, masih banyak karyawan yang datang terlambat tanpa memberikan alasan yang jelas.

Padahal cara agar setiap target perusahaan bisa segera terselesaikan adalah dengan memulai disiplin soal waktu. Pihak HRD atau perusahaan tentunya harus memikirkan solusi yang tepat untuk meminimalisir keterlambatan karyawan.

 

mobile ess

2. Pulang Sebelum Waktunya

Selain terlambat hadir, karyawan yang sering pulang sebelum waktunya juga termasuk ke dalam hambatan saat mendisiplinkan karyawan.

Rata-rata karyawan di Indonesia memiliki jumlah jam kerja antara 6 hingga 8 jam perhari tergantung dengan kebutuhan perusahaan. Untuk itu, setiap karyawan harus mematuhi aturan waktu kerja yang sudah ditetapkan masing-masing kantor. Karena jumlah jam kerja tersebut sudah diatur sesuai dengan beban tugas yang dikerjakan karyawan.

 

3. Tidak Hadir ke Kantor Tanpa Pemberitahuan

Setiap karyawan memiliki jatah cuti yang bisa mereka pakai jika terdapat urusan atau kendala yang menyebabkan mereka tidak bisa datang ke kantor. Jika terdapat karyawan ingin mengajukan izin, tentunya mereka harus menginformasikannya kepada HRD terlebih dahulu.

Namun terkadang, masih ada beberapa karyawan yang tiba-tiba tidak hadir tanpa memberitahukan atau mengajukan izin terlebih dahulu. Hal tersebut dapat menyebabkan pekerjaan tugas karyawan tersebut menjadi terhambat dan membebankan tugas itu kepada orang lain.

 

Baca Juga: Aplikasi Absensi Mobile VS Absensi Manual, Pilih Mana? 

 

Ingin Mendisiplinkan Karyawan? Gunakan Aplikasi Attendance Management LinovHR!

Masalah terbesar dalam mendisiplinkan karyawan adalah pengelolaan manajemen waktu yang tidak rapi. Manajemen waktu yang baik pastinya akan menciptakan produktivitas kerja karyawan sehingga target kerja akan cepat terselesaikan. Agar semua itu bisa terealisasikan, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi Attendance Management dari LinovHR. 

Aplikasi Attendance Management akan membantu Anda untuk mengelola kehadiran karyawan dan juga mengatur waktu kerja yang lebih efektif. Aplikasi ini memiliki berbagai manfaat yang bisa meningkatkan kualitas dan disiplin karyawan, diantaranya adalah:

 

Mengelola Kehadiran Karyawan

Divisi HR memiliki tugas untuk mengelola kehadiran karyawan setiap hari. Jika masih mengelola data kehadiran secara manual tentu saja akan lebih lama dan menghambat untuk mengerjakan tugas lain. Dengan menggunakan aplikasi Attendance Management, data kehadiran karyawan akan dikelola secara otomatis.

 

Jadwal Kerja yang Lebih Teratur

Aplikasi Attendance Management memiliki keunggulan seperti mengatur jadwal kerja karyawan agar yang lebih teratur. Jam kerja yang baik akan membuat karyawan lebih efektif dalam bekerja.

 

Mengganti Jadwal Kerja

Karyawan yang berhalang hadir bisa menukar jadwal kerja di hari lain atau dengan karyawan lain. Jadi proses kerja karyawan bisa tetap berjalan seperti biasanya.

 

Mengajukan Cuti dengan Fitur Leaves

Fitur leaves dalam aplikasi attendance management memiliki kegunaan bagi karyawan yang ingin mengajukan cuti. Fitur ini tentu saja bisa diakses dengan mudah tanpa melalui proses yang panjang.

 

Mengetahui Sisa Kuota Cuti

Sebelum mengajukan cuti, HRD bisa melihat sisa kuota cuti yang dimiliki karyawan. Dengan begitu, HRD bisa menginformasikan kepada karyawan dan karyawan pun bisa memanfaatkan jadwal cutinya dengan sangat baik.

 

Baca Juga:  Perubahan Pesat Human Resource di Era Digital

 

Mengelola Waktu Lembur

Karyawan bisa mengajukan waktu lembur jika terdapat tugas yang menumpuk dan tidak bisa diselesaikan secara tepat waktu. Selanjutnya, admin atau divisi HR akan diberikan tugas untuk mengatur sendiri proses approval lembur.

Demikianlah artikel mengenai masalah apa saja yang biasa dihadapi perusahaan saat mendisiplinkan karyawan terlebih soal manajemen waktu. Agar pengelolaan waktu kerja bisa diatur dengan mudah, Aplikasi Attendance Management menjadi solusi yang tepat untuk digunakan di perusahaan.

Aplikasi Attendance Management memiliki beberapa manfaat yang akan membantu perusahaan khususnya divisi sumber daya manusia untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan. Anda juga bisa mengatur komponen-komponen tambahan lain ke dalam sistem yang berkaitan dengan peraturan perusahaan dalam hal aturan jam kerja.

 

Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi LinovHR sekarang juga!

LinovHR.COM/Contact-Us/