HR Generalist

Apa Itu HR Generalist? Apa Saja Tugas Utamanya?

HR Generalist adalah salah satu dari bagian tim HRD. Seorang HR Generalist akan lebih dekat dengan karyawan untuk melihat dan mengetahui setiap kondisi dan perkembangannya. Ingin tahu lebih banyak mengenai posisi yang satu ini? Simak pembahasan berikut! 

 

Apa itu HR Generalist?

HR Generalist atau HRD umum adalah seseorang yang mampu melakukan tugas terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia dalam satu waktu. Seorang HR akan mendapati waktu kerja yang dinamis dan akan melakukan banyak macam tugas.

Profesi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai karir dalam bidang HR. Karena, sebagai pemula Anda perlu mengetahui secara umum tugas dan tanggungjawab serta mempelajari bidang HR agar nantinya dapat melakukan tugas yang lebih spesifik lagi.

 

Baca Juga: Management by Objectives (MBO) dalam Pengelolaan Perusahaan

 

Kualifikasi Untuk Menjadi HR Generalist

Untuk menjadi seorang HR Generalist, terdapat beberapa kualifikasi yang harus Anda miliki. Diantaranya adalah:

 

1. Lulusan Sarjana Psikologi atau Manajemen

Jika Anda ingin menjadi HR Generalist, pastikan sudah menyelesaikan pendidikan pada jurusan Psikologi atau jurusan yang terkait dengan sumber daya manusia. Pekerjaan ini akan menangani berbagai macam kondisi para karyawan di perusahaan. 

Untuk itu, diperlukan kandidat dari jurusan psikologi yang mempelajari tentang karakter manusia. Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika posisi ini menerima lulusan dari jurusan lain yang masih berhubungan dengan pengelolaan SDM seperti jurusan manajemen. 

 

software hris

 

2. Memiliki Pengalaman Kerja Menjadi HR

Sebagai seorang yang baru lulus atau fresh graduate dan masih minim dengan pengalam kerja, Anda bisa memulainya dengan mengikuti program magang di beberapa perusahaan. Program magang akan membantu Anda untuk lebih mengenal job description HR dan juga menambah pengalaman Anda dalam dunia kerja.

 

3. Memiliki Sertifikasi HR Generalist

Biasanya para perusahaan memilih kandidat yang sudah memiliki sertifikasi HR. Sertifikasi tersebut akan menandakan bahwa seseorang memiliki pemahaman tentang sumber daya manusia dan memiliki pengalaman kerja yang cukup.

 

4. Dapat Mengoperasikan Komputer

Karena memiliki lingkup kerja yang luas, Anda juga harus bisa mengoperasikan komputer seperti menggunakan Microsoft Office, Excel, dan lainnya. Karena, sudah banyak perusahaan mulai menggunakan teknologi dalam pengelolaan karyawannya. 

 

5. Memahami Hukum Ketenagakerjaan atau Perburuhan

Menjadi HR artinya Anda akan bekerja untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan karyawan dan perusahaan. Oleh sebab itu, pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan akan sangat berkaitan dengan pekerjaan ini. Sehingga Anda bisa memenuhi hak dan kewajiban dari karyawan dan perusahaan. 

 

Baca Juga: Peran HRD dalam Mendukung UU Ketenagakerjaan

 

Job Description HR Generalist

Setelah mengetahui beberapa kualifikasi yang dibutuhkan. Selanjutnya Anda juga harus mengetahui tugas-tugas umum HR Generalist.

 

  • Perekrutan Karyawan

Tugas Seorang HR yang paling umum adalah dalam bidang rekrutmen. Jadi, perusahaan dapat menggaet kandidat terbaik dan paling cocok dengan kebutuhan perusahaan. Sebab tidak semua kandidat akan memenuhi dan cocok dengan perusahaan.

 

  • Pengembangan Organisasi

Pelatihan dan pengembangan akan sangat berpengaruh terhadap kualitas kinerja karyawan. Maka dari itulah HRD bertanggung jawab dalam pengembangan pribadi dan profesional dari kelompok organisasi yang melibatkan orientasi, pengembangan, dan pelatihan kerja.

 

Baca Juga: Memaksimalkan Pelatihan dengan Manajemen Training

 

  • Kompensasi dan Administrasi Tunjangan

Melakukan pengembangan sistem kompensasi dan juga tunjangan sesuai dengan tanggung jawab SDM perusahaan. Dengan begitu, kewajiban perusahaan untuk memberikan hak karyawan bisa berjalan lancar. 

 

Tugas HR Generalist sangatlah banyak. Padahal, posisi ini pun membutuhkan fokus yang cukup tinggi. Software HRD LinovHR dapat membantu HR untuk menyelesaikan berbagai tugas administrasi seperti rekrutmen, rekapitulasi absensi, penggajian, dan sebagainya. Sehingga seorang HR dapat lebih fokus untuk menyusun strategi dalam pengembangan kualitas karyawan. Klik tautan berikut untuk demo Software HRD dari LinovHR bersama tim kami

 

  • Keselamatan, Kesejahteraan, dan Kesehatan Karyawan

Keselamatan karyawan merupakan tanggung jawab perusahaan. Anda sebagai bagian dari HRD akan bertanggung jawab untuk memastikan akan keselamatan, kesejahteraan, dan kesehatan serta konseling dengan karyawan.

 

  • Menjadi Penghubung Antar Karyawan dan Perusahaan

Komunikasi dengan seluruh perusahaan umumnya dilakukan oleh departemen sumber daya manusia dan HR Generalist, Anda akan menjadi anggota kunci dari setiap proses pengambilan keputusan dan juga penghubung komunikasi antara perusahaan dan karyawan.

 

Kesimpulan

Seorang HR Generalist akan memiliki banyak tugas yang berkaitan dengan sumber daya manusia di perusahaan. Pekerjaan dalam bidang ini sangat membutuhkan seseorang yang dapat memahami perencanaan dan pengembangan sistem, memiliki perhatian yang cukup detail, dan tertarik dengan pengembangan pribadi dalam suatu organisasi. Memulai bekerja dengan menjadi HR Generalist akan memberikan Anda banyak peluang karir yang lebih tinggi pada bidang sumber daya manusia.