Pentingnya Aplikasi Manajemen Karyawan untuk Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Isi Artikel

Aplikasi manajemen karyawan adalah salah satu teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan seorang HR di perusahaan.

Dengan adanya aplikasi ini, HR dapat terbantu untuk melakukan pekerjaannya dalam mengelola karyawan secara sistematis dan praktis. 

Aplikasi manajemen karyawan hadir dengan beberapa fitur yang sangat bermanfaat untuk pengelolaan karyawan yang efektif. Maka dari itu, penting bagi setiap perusahaan untuk menyediakan aplikasi ini sebagai fasilitas para HR untuk menunjang pekerjaannya.

Lalu, apa itu aplikasi manajemen karyawan? Bagaimana manfaat dan kelebihannya bagi HR? Simak artikel LinovHR di bawah ini untuk mengetahui pembahasan yang lebih lanjut.

  

Apa itu Aplikasi untuk Manajemen Karyawan?

Aplikasi manajemen karyawan adalah teknologi yang dirancang untuk memudahkan pengelolaan dan meningkatkan produktivitas karyawan. Aplikasi ini memiliki sistem yang bertujuan untuk mengotomatisasikan tugas administratif dan mendorong pembuatan keputusan bisnis. 

Aplikasi manajemen karyawan memiliki beberapa fitur dan modul yang mencakup akuisisi bakat/perekrutan, penggajian, kehadiran karyawan, tunjangan, benefit, dan modul lainnya.

Dengan memanfaatkan teknologi, aplikasi ini hadir sebagai aplikasi manajemen karyawan berbasis web. Berbekal aplikasi ini, HR dapat mengakses data karyawan kapanpun dan dimanapun selama terhubung dengan koneksi internet.

Aplikasi berbasis web ini dapat menyimpan, menjaga, dan mengelola data karyawan dengan aman karena memiliki sistem yang dilengkapi keamanan tinggi. 

Selain aplikasi manajemen yang mengelola data karyawan, HR juga bisa memanfaatkan aplikasi lain seperti aplikasi manajemen shift karyawan dan aplikasi manajemen benefit karyawan untuk memudahkan penjadwalan shift dan pemberian insentif karyawan.

 

Baca Juga: Aplikasi HRD Terbaik Yang Wajib Digunakan di Era Digital

 

4 Hal yang Dapat Dikelola Aplikasi Manajemen Karyawan

Aplikasi manajemen karyawan yang baik adalah aplikasi yang memuat modul-modul penting untuk memudahkan HR dalam mengelola karyawan. 

Lantas, apa saja yang harus dikelola dengan baik pada aplikasi manajemen ini? Berikut adalah penjelasannya.

 

1. Benefit

Benefit dalam kerja adalah kompensasi yang diberikan kepada karyawan untuk menambah besaran gaji yang diterima. Umumnya, benefit ini akan diberikan kepada karyawan tetap perusahaan. 

Untuk memberikan benefit tersebut, HR harus melakukan pengelolaan guna memberikan tunjangan atau insentif yang tepat. 

Dengan adanya aplikasi manajemen benefit karyawan, HR bisa dengan mudah mengelola benefit karyawan yang ada di perusahaan dengan tepat dan cepat. Ini karena aplikasi benefit bisa melakukan perhitungan maupun pengiriman benefit dengan akurat.

Sehingga, HR bisa menghindari kesalahan hitung atau kesalahan lainnya yang merugikan karyawan.

 

2. Payroll

Payroll atau penggajian adalah pekerjaan yang sangat penting bagi HR. Ini karena penggajian adalah salah satu hal yang menyangkut kesejahteraan karyawan. 

Pengelolaan payroll harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, perusahaan tidak hanya melakukan perhitungan biasa, tetapi juga harus menyesuaikan penggajian dengan regulasi pemerintah dan perhitungan aspek lain, seperti pajak atau asuransi kesehatan.

Dengan adanya aplikasi manajemen karyawan, HR bisa mengatur penggajian karyawan dengan mudah. Aplikasi ini umumnya terintegrasi dengan akun bank perusahaan dan karyawan yang membuat penggajian bisa dilakukan dengan efisien dan efektif. 

 

3. Jadwal Kerja

Jadwal kerja atau shift adalah hal yang harus dikelola oleh HR untuk menciptakan penjadwalan karyawan yang adil satu sama lain. Dengan jadwal yang terkelola dengan baik, karyawan bisa mendapatkan informasi tentang jam kerja mereka dengan jelas. 

Untuk mempermudah pembuatan jadwal kerja tersebut, HR bisa mempercayakannya kepada aplikasi manajemen shift karyawan. Aplikasi ini mampu mengelola jadwal dan shift karyawan dengan mudah dan cepat. 

Selain itu, dengan aplikasi tersebut, HR juga bisa melakukan penyesuaian dengan cepat bila terdapat perubahan. Perubahan ini pun bisa dikomunikasikan kepada karyawan secara real time.

 

Baca Juga: Roster Management: Pengertian, Manfaat, dan Pentingnya bagi Perusahaan

 

4. Performa

Berkembangnya perusahaan membuat karyawan Anda akan bekerja berdasarkan target yang tidak menentu sehingga menyebabkan performa karyawan semakin fluktuatif. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi HR dalam melakukan pengukuran performa tersebut.

Namun, dengan menggunakan aplikasi manajemen karyawan, HR bisa mengelola performa karyawan di setiap aspek.

Sehingga, meskipun performa karyawan semakin fluktuatif, perusahaan bisa tetap mendapatkan gambaran dan data yang akurat tentang performa karyawan.

 

Manajemen Karyawan dengan Efektif Bersama Software HRIS LinovHR

Tugas HR dalam mengelola karyawan mencakup banyak proses yang akan memakan banyak waktu bila dikerjakan secara manual. Belum lagi, pekerjaan yang dikerjakan secara manual itu tidak menjamin efisiensi dan efektivitas hasil pekerjaan.

Untuk efisiensi pengelolaan karyawan, HR bisa mulai beralih menggunakan pengelolaan karyawan yang telah didigitalisasi. HR bisa menggunakan aplikasi manajemen karyawan yang biasa dikenal sebagai aplikasi HRIS atau human resource information system.

 

LinovHR

 

Salah satu aplikasi HRIS terbaik yang bisa dicoba adalah Software HRIS LinovHR. Dengan mempercayakan pengelolaan karyawan pada Software HRIS LinovHR, Anda bisa mengelola karyawan dengan mudah, cepat, dan akurat. 

Sehingga, Anda bisa memiliki banyak waktu untuk pekerjaan lain yang bersifat strategis untuk perusahaan.

Software HRIS LinovHR adalah sebuah sistem yang dapat mengelola penggajian, perekrutan, sampai pengelolaan kinerja karyawan dengan mudah dan akurat.

Tak hanya memiliki fitur beragam, software ini juga aman untuk dan mudah digunakan karena memiliki sistem penyimpanan cloud.

Aplikasi HRIS LinovHR dapat memberikan Anda efisiensi untuk pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. Oleh karena itu, yuk percayakan pengelolaan karyawan Anda pada Software HRIS LinovHR untuk manajemen karyawan yang anti repot dan ribet.

Kunjungi website-nya sekarang dan dapatkan gratis aplikasi selama 6 bulan!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter