Apa itu Payroll?

Seiring berkembangnya bisnis yang ditandai dengan menjamurnya perusahaan multi nasional, Start Up maupun Usaha Kecil dan Menengah (UKM), jumlah para karyawan juga meningkat. Kehidupan para karyawan ini tergantung pada pemberian gaji secara rutin. Jadi, sangat penting bagi beberapa perusahaan ini untuk memastikan bahwa para karyawan sedang menerima gaji yang dibayarkan secara tepat waktu dan akurat.

Jika Anda pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau seorang CEO di perusahaan berkembang maupun besar yang sedang menjalankan bisnisnya yang lagi berkembang, bisa jadi saat yang tepat bahwa Anda ingin menggunakan jasa implementasi sistem penggajian profesional seperti LinovHR untuk menangani pemrosesan gaji Anda.

 

Definisi Payroll

Istilah “gaji” sebenarnya mengacu pada daftar para karyawan yang menerima kompensasi dari perusahaan, dimana tempat dia bekerja. Namun, kebanyakan perusahaan umumnya menggunakan istilah tersebut untuk merujuk pada uang yang dibayarkan kepada para karyawan atau berbagai catatan yang menjelaskan berapa banyak uang yang diinginkan oleh setiap karyawan.

Berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM) di bidang akuntansi dan ekonomi, payroll merupakan suatu sistem penggajian yang dirancang khusus oleh suatu perusahaan agar proses penggajian para tenaga kerja yang bersangkutan menjadi lebih efektif dan efisien.

Penggajian juga bisa merujuk ke perusahaan, departemen, atau perangkat lunak (software) yang digunakan untuk memproses gaji dan pajak atau proses perhitungan dan distribusi gaji karyawan. Gaji dapat mempengaruhi setiap aspek organisasi, mulai dari reputasi perusahaan hingga moral para karyawannya.

Pemrosesan gaji adalah fungsi yang sangat penting dari bisnis apapun serta memerlukan pemahaman tentang peraturan terkini, pengetahuan pajak secara terperinci untuk memastikan pemotongan (withholding) dan pengarsipan yang tepat, dan  sistem yang sangat terorganisir dan dapat diandalkan untuk membayar jumlah uang kepada para karyawan.  

Bagi setiap organisasi, software penggajian atau outsourcing payroll yang digunakan untuk membantu dalam mengurangi stres dan meminimalkan kesalahan. Sistem payroll software dirancang agar proses penggajian lebih mudah dan lebih cepat sehingga para karyawan dapat menerima gaji pada waktu yang tepat. Hal tersebut mempermudah Anda untuk fokus dalam menjalankan bisnis Anda.

 

Metode Penghitungan Gaji Karyawan

Proses penggajian terdiri dari perhitungan pembayaran kepada para karyawan sebagai hasil penyelesaian sebuah pekerjaan atau tugas suatu perusahaan – apakah perhitungan tersebut berdasarkan jam kerja atau jumlah hari dalam satu minggu yang ditambah dengan jumlah total jam kerja seorang karyawan dalam satu bulan, tunjangan upah lembur, tunjangan hari raya, dan deduksi menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan Pasal 156. Sistem penggajian perlu diproses oleh setiap perusahaan secara berkala. Ini bisa diproses secara mingguan, dua bulanan, bulanan atau harian.

Perhitungan gaji merupakan proses rumit yang bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Setiap perusahaan mungkin memiliki struktur penggajian sendiri yang terdiri dari berbagai komponen penggajian yang unik dan tidak dimiliki perusahaan lain. Selain itu, banyak hukum khusus semacam Undang-Undang Ketenagakerjaan seperti tindakan kesejahteraan para tenaga kerja, pembayaran gaji dan upah, dan upah minimum dapat mempengaruhi perhitungan gaji. Di bawah upah minimum, para karyawan perlu diberi beberapa komponen gaji wajib kena pajak yang dikenal dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

 

Baca Juga:Yuk Kita Intip, Berapa Gaji Karyawan HRD di Perusahaan Indonesia!

 

Proses penggajian juga melibatkan perhitungan gaji yang akurat, pencairan dana, slip gaji, dan pengelolaan pajak gaji sesuai dengan standar kepatuhan hukum. Semua kegiatan ini tidak dapat dilewati dan harus dilakukan dengan menggunakan payroll software untuk memastikan bahwa para karyawan tidak mendapatkan slip gaji yang salah dan semua kepatuhan hukum terpenuhi.

Sudah saatnya untuk fokus pada bisnis Anda dengan memperhitungkan gaji karyawan melalui payroll software yang tepercaya. Untuk pertanyaan dan informasi, Anda bisa menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>