Aplikasi manajemen waktu

Kinerja Makin Produktif dengan Aplikasi Manajemen Waktu LinovHR

Setiap pengusaha tentunya harus dapat mengatur waktunya dengan baik untuk mengurangi kerugian. Oleh karena itu, setiap perusahaan saat ini banyak mengandalkan aplikasi manajemen waktu yang digunakan untuk mengelola seluruh jadwal karyawan dalam perusahaan.

Dengan aplikasi tersebut, tentunya manajemen perusahaan dapat meningkatkan produktivitas kerja dari seluruh karyawan. Pekerjaan pun dapat diselesaikan secara teratur tanpa ada waktu yang tertunda.

Sehingga, risiko kerugian karena waktu pun dapat diminimalisir.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai aplikasi manajemen waktu, artikel LinovHR akan membahas apa saja manfaat yang diperoleh ketika perusahaan menggunakan aplikasi pengelola waktu.

 

Manfaat Menggunakan Aplikasi Manajemen Waktu

Waktu adalah hal yang berharga, oleh sebab itu, semakin banyak perusahaan yang sadar bahwa diperlukan aplikasi manajemen waktu agar para karyawan dapat memanfaatkan jam kerja mereka dengan efektif demi menghasilkan produktivitas yang tinggi. 

Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya dari penggunaan aplikasi manajemen waktu ini. Berikut beberapa manfaat dari menggunakan aplikasi manajemen waktu:

 

1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Menggunakan aplikasi pengelolaan waktu dapat mempengaruhi tingkat produktivitas kinerja karyawan Anda. Hal ini karena sistem aplikasi yang biasanya sudah didukung dengan otomatisasi sehingga semua proses bisa cepat dibanding dengan sistem konvensional.

Aplikasi manajemen waktu juga lebih akurat dalam mengetahui waktu karyawan masuk dan keluar kantor. Sehingga rekapitulasi kehadiran untuk perhitungan payroll juga lebih mudah.

 

2. Tingkatkan Disiplin

Menggunakan aplikasi pengelolaan waktu pastinya dapat meningkatkan disiplinitas karyawan Anda. Mereka tentunya dapat mengatur dengan baik seluruh jadwal kerja yang ada dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

Karyawan akan lebih disiplin dalam waktu kehadiran di mana aplikasi bisa mencatat waktu kehadiran dan pulang karyawan secara akurat. Sehingga, karyawan pun sulit memanipulasi kehadiran. 

Selain itu, monitoring karyawan juga jauh lebih mudah. Hal ini karena karyawan juga perlu mengisi timesheet harian yang berisi kegiatan mereka.

 

3. Memenuhi Target

Karena semua sudah digital dan otomatis, Anda dapat mengoptimalkan jam kerja supaya lebih optimal demi memenuhi target. Ketika produktivitas kinerja meningkat, maka target-target kerja yang telah ditentukan pun akan lebih mudah tercapai.

Dalam aplikasi tersebut tersusun goals yang menjadi target pemenuhan kerja dengan waktu yang telah ditentukan. Sehingga, karyawan akan jauh lebih optimal dalam memanfaatkan waktu dan mengerjakan seluruh tugas dan tanggung jawabnya.

 

4. Meningkatkan Semangat Karyawan

Aplikasi pengelolaan waktu dapat meningkatkan semangat kerja bagi karyawan. Hal ini karena pencatatan waktu yang dilakukan secara akurat dan adil di mana semakin cepat mereka datang, maka akan semakin cepat mereka pulang.

Karyawan juga akan menghindari jam keterlambatan kerja, sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan jauh lebih optimal. Selain itu, mereka juga akan cenderung  menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih awal daripada mengulur-ulur waktu yang diberikan.

 

5. Mudah Melakukan Monitoring Kinerja

Aplikasi manajemen waktu dapat memberikan manfaat dalam melakukan evaluasi atau monitoring kinerja karyawan. Seluruh pekerjaan yang dikerjakan per harinya akan tercatat dengan baik dan rapi dalam sistem.

Hal ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi manajer atau supervisor dalam menilai kinerja karyawan. Manajer dapat mengetahui jam kedatangan serta pekerjaan yang sedang dilakukan oleh karyawan setiap harinya. Dengan begitu, proses penilaian kinerja karyawan pun dapat dilakukan dengan baik.

 

Baca Juga: Daftar Aplikasi yang Membantu Tugas HRD Lebih Mudah

 

6. Mempermudah Sistem Kerja

Dengan menggunakan aplikasi manajemen waktu dapat memudahkan sistem kerja karyawan. Karena karyawan dapat melakukan beberapa pekerjaan yang jauh lebih mudah. Seperti halnya melakukan permintaan lembur, cuti, dan izin menjadi lebih praktis.

Karyawan hanya perlu mengisi form yang telah disediakan dalam aplikasi tersebut dan mengirimnya. Kemudian, pihak manajemen akan memberitahu apakah permintaan tersebut disetujui atau ditolak. Sehingga, jauh lebih memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu.

 

LinovHR Bantu Manajemen Waktu Kerja Jadi Lebih Baik

 

Aplikasi Absensi Online
Software dan Aplikasi Absensi LinovHR

Dengan segala manfaatnya untuk perusahaan, tentu sudah saatnya Anda beralih menggunakan aplikasi manajemen waktu. Saat ini banyak sekali aplikasi manajemen waktu yang tersedia dan dapat Anda gunakan. 

Namun, Anda perlu memilih aplikasi manajemen waktu yang memang bisa menjawab kebutuhan perusahaan Anda. Baik itu dalam hal kebutuhan absensi, pengelolaan shift, integrasi dengan penggajian dan lainnya.

Salah satu yang bisa diandalkan adalah software absensi dari LinovHR. Anda bukan hanya akan mendapatkan sebuah software absensi tapi juga sudah terintegrasi dengan sistem HRIS yang dapat membantu Anda dalam mengelola seluruh jadwal dalam perusahaan.

Anda dapat mengelola data absensi karyawan, izin, cuti, lembur, hingga jadwal kerja lainnya secara akurat dan praktis. Seluruh kebutuhan manajemen waktu Anda telah tersedia dalam berbagai fitur yang telah disematkan di dalamnya.

Untuk mengatur jadwal kerja karyawan, Anda dapat memanfaatkan fitur Time Group dalam Software Absensi LinovHR. Time Group dapat mengelompokkan karyawan yang memiliki jam kerja yang sama.

Fitur Time Group juga dapat digunakan untuk mengelola jadwal serta status kehadiran karyawan Anda. Jadwal tersebut nantinya akan disesuaikan dengan data absensi karyawan sehingga mendapatkan status kehadiran yang akurat untuk keperluan sistem penggajian.

Bagi Anda yang ingin mengelola kehadiran karyawan, aplikasi manajemen waktu LinovHR menyajikan fitur Timesheet. Dimana Anda dapat mengelola catatan kehadiran karyawan dengan lebih akurat.

Terdapat dua jenis timesheet dalam fitur ini, yaitu

  1. Unprocessed Timesheet.
  2. Processed Timesheet.

 

Keduanya memberikan informasi mengenai status kehadiran, cuti, dan lembur karyawan yang nantinya dapat diolah untuk urusan payroll perusahaan.

Anda juga tidak perlu khawatir untuk mengatur jadwal lembur, izin, hingga cuti karena Software Absensi LinovHR telah dilengkapi dengan fitur Permit Request dan Overtime Request.

Konfigurasi ini dapat memudahkan karyawan dalam mengajukan permintaan izin atau cuti. Mereka dapat mengajukannya dengan mengisi form serta alasan keperluannya. Nanti pihak manajemen dapat menerima atau  menolak permintaan tersebut.

Melalui fitur Leave nantinya karyawan akan dapat melihat sisa kuota cuti mereka. Sehingga mereka dapat menyesuaikannya sebelum mengajukan cuti kepada manajemen.

Selain itu karyawan juga dapat dengan mudah untuk mencatatkan kehadiran mereka melalui aplikasi absensi dari LinovHR,

 

Tertarik menggunakan aplikasi manajemen waktu dari LinovHR? 

Hubungi kami untuk mendapatkan Demo Gratis Aplikasi & Software Absensi LinovHR