Tips HR: Kiat Meningkatkan Monitoring dan Evaluasi Kinerja

Monitoring dan evaluasi adalah dua hal yang saling berkaitan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Pengawasan terhadap proses kerja karyawan dapat mengetahui pola kerja karyawan apakah sudah sesuai dengan prosedur atau belum. Jika terdapat kesalahan dalam pola kerja, HRD akan dengan mudah untuk menentukan langkah yang tepat melalui proses evaluasi.

 

Mengapa Monitoring dan Evaluasi Kinerja Penting?

Setiap perusahaan memerlukan proses monitoring dan evaluasi kinerja untuk mengumpulkan dan menganalisis data serta menentukan apakah setiap tujuan dari program kerja telah terpenuhi. Maka dari itu, terdapat beberapa poin pentingnya monitoring dan evaluasi kinerja.

 

1. Membantu Perusahaan untuk Menemukan Sumber Masalah

Perancangan monitoring dan evaluasi dengan baik tentu akan membantu perusahaan dalam menemukan sumber masalah walau masih sangat kecil. Sehingga proses kerja akan tetap berjalan sesuai prosedurnya dan bisa berjalan dengan baik.

 

2. Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan

Dengan perencanaan M&E yang baik, manajemen perusahaan bisa dengan menentukan keputusan dengan cepat jika terdapat beberapa hal yang harus dibenarkan atau kelanjutan proses kerja yang akan datang.

 

3. Mendorong Inovasi

Pengumpulan solusi tidak hanya dilakukan oleh manajer ataupun HRD, karyawan pun bisa menyumbangkan idenya untuk memberikan solusi. Sehingga hal ini akan mendorong inovasi terbaru dari ide-ide yang diberikan oleh seluruh pihak perusahaan.

 

Baca Juga : Manfaat dan Jenis-Jenis Inovasi dalam Perusahaan

 

4. Mendorong Keragaman Pemikiran dan Opini

Setiap orang pastinya memiliki pendapat dan opini yang berbeda dalam menghadapi pekerjaan atau masalah. Seluruh pihak secara tidak langsung akan berpikir secara kritis untuk menemukan solusi atau menuangkan ide-ide terbaiknya untuk perkembangan perusahaan.

 

5. Untuk Mendapatkan Umpan Balik

Umpan balik ini tentu saja akan berguna untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan selama proses kerja agar kerja sama tim di waktu yang akan datang bisa berjalan lebih baik. 

 

performance review

Cara Meningkatkan Kualitas Monitoring dan Evaluasi

Monitoring dan evaluasi terbukti mampu meningkatkan dan mengembalikan produktivitas dan kualitas karyawan dalam bekerja. Melalui Software HRD LinovHR, proses monitor dan evaluasi kinerja tentu bisa dilakukan lebih efektif.

 

Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kedua proses tersebut? Untuk mengetahuinya, perhatikanlah tips berikut ini!

1. Ketahui Kompetensi Tiap Karyawan

Sebelum memantau dan mengevaluasi kinerja karyawan, Anda harus mengetahui kompetensi tiap karyawan. Dengan mengetahui kompetensi tersebut, Anda bisa mengetahui job description tiap karyawan.

 

Melalui Modul Competency Management dari Software HRD LinovHR, pengelolaan kompetensi pada setiap unit kerja bisa dilakukan dengan mudah.

 

Baca Juga : Menentukan Indikator Kompetensi Karyawan Menggunakan Software HRD  

 

2. Pantau Setiap Aktivitas Karyawan

Setelah mengetahui kompetensi tiap karyawan, pantaulah seluruh aktivitas yang sudah dilakukan karyawan. Pada software HRD LinovHR, Anda bisa memanfaatkan fitur Performance Review pada modul Performance Management.

 

Fitur ini berfungsi untuk mereview seluruh kinerja karyawan sesuai dengan waktu penilaian kinerja karyawan yang telah ditentukan oleh manajemen perusahaan.

 

3. Pantau Sudah Sejauh Mana Karyawan Menyelesaikan Target Pekerjaan

Setiap karyawan dalam satu periode memiliki target kerja yang harus dikerjakan dan diselesaikan. Di modul Performance, Anda bisa memanfaatkan fitur Goals & KPI.

 

Untuk fitur Goals digunakan untuk menentukan dan mengetahui sudah sejauh mana kemajuan yang telah dicapai karyawan. Sedangkan fitur KPI sendiri ialah indikator yang digunakan HRD untuk menilai kinerja karyawan dengan mengetahui indikator apa saja yang sudah mereka kerjakan.

 

4. Berikan Penilaian Kinerja

Dengan memberikan penilaian kinerja, karyawan akan mengetahui nilai atau skor yang didapatkan karyawan. Fitur Result dari modul Performance akan memberikan penilaian secara akurat dan menampilkan hasil penilaian kinerja karyawan.

 

Nilai yang akan tampil pada fitur ini berkisar antara 1 sampai dengan 5. Jika nilai yang diterima semakin besar, menandakan bahwa hasil yang diterima baik. Sebaliknya jika nilai yang diterima kecil, menunjukkan bahwa kinerja karyawan buruk.

 

5. Evaluasi Hasil Kinerja

Setelah anda melakukan monitoring dan mereview kinerja karyawan hingga mendapatkan hasil penilaian, maka hal terakhir yang dilakukan adalah evaluasi kinerja.

 

Pada tahap evaluasi ini, Anda bisa berbicara kepada karyawan tentang hasil pencapaian yang sudah dilakukannya. Jika ternyata dari hasil tersebut buruk, maka Anda bisa menanyakan langsung hambatan apa yang sedang karyawan rasakan. Sehingga, hal ini akan menghasilkan solusi terbaik untuk meningkatkan kinerja karyawan.

 

Selain itu, jika evaluasi karyawan memberikan hasil yang baik maka dapat menjadi penentu apakah karyawan bisa mendapatkan promosi, reward, atau kenaikan gaji.

 

Evaluasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan agar lebih baik lagi. Selain melakukan evaluasi, untuk meningkatkan kinerja dan skill karyawan Anda bisa melakukan pelatihan kerja bersama modul Learning and Development LinovHR.

 

Monitor dan evaluasi kinerja dapat berfungsi untuk mengatur para karyawan agar bisa meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi. Selain melakukan tips di atas dalam meningkatkan kualitas monitoring dan evaluasi, pemanfaatan Software HRD seperti halnya LinovHR bisa mengefektifkan pekerjaan Anda.

 

Melalui Software HRD LinovHR, seluruh proses kerja akan dilakukan secara otomatis, cepat dan akurat. Seluruh data yang dikelola juga akan tersimpan secara aman melalui sistem sehingga meminimalisir kebocoran, kehilangan, penjualan data. Sebagai pemilik perusahaan atau divisi HRD, tentu saja Anda bisa berfokus pada pekerjaan yang lebih penting dan menyerahkan seluruh tugas pemantauan dan evaluasi kinerja kepada LinovHR. Jadi, segera hubungi tim layanan kami untuk demo Software HRD!