Manajemen Pemasaran

Anda Pengusaha? Ketahui Ulasan Lengkap Soal Manajemen Pemasaran!

Memulai sebuah bisnis, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Begitu banyak hal yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin memulainya. Baik dari segi perencanaan, riset pasar, pengarahan, koordinasi, kontrol karyawan, penetapan harga, dan menentukan strategi pemasaran yang tepat. Inilah yang sering disebut dengan Manajemen Pemasaran.

 

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran adalah kegiatan analisis, perencanaan, pengarahan, pengawasan, dan evaluasi yang berhubungan dengan proses memperkenalkan produk baik berupa barang atau jasa kepada khalayak ramai atau konsumen.

Setelah mengetahui pengertian Manajemen Pemasaran secara umum, mari kita lihat  bagaimana pengertian Manajemen Pemasaran menurut para ahli.

 

1. Menurut Buchari Alma 

Manajemen pemasaran menurut Buchari Alma adalah serangkaian kegiatan mulai dari merencanakan, mengarahkan dan mengawasi seluruh aktivitas pemasaran produk perusahaan. 

 

2. Menurut Philip Kotler (2005)  

Manajemen Pemasaran merupakan urutan langkah mulai analisis, rencana, pemikiran, penetapan harga, serta penjualan barang atau jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dalam  perusahaan (Philip Kotler, 2005).

 

3. Menurut Kottler dan Keller (2012) 

Manajemen Pemasaran menurut Kottler dan Keller adalah seni dan ilmu memilih target pasar, mendapatkan, mempertahankan, dan menciptakan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

 

4. Menurut Sofyan Assauri (2013) 

Manajemen Pemasaran terdiri atas kegiatan analisis, menyusun rencana, melaksanakan rencana, serta mengendalikan proses agar membentuk, membangun, dan memelihara keuntungan dari pertukaran target pasar dalam mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.

 

Adapun Ruang Lingkup Manajemen Pemasaran, mencakup:

  • Riset Pemasaran
  • Penentuan Tujuan
  • Merencanakan Kegiatan Pemasaran
  • Perencanaan dan Pengembangan Produk
  • Harga Produk
  • Promosi
  • Distribusi
  • Evaluasi dan Pengendalian Kegiatan Pemasaran

 

Baca Juga: Tujuan dan Fungsi dari Manajemen Organisasi 

 

Fungsi Manajemen Pemasaran

Adapun fungsi dari beberapa kegiatan Manajemen Pemasaran, meliputi :

 

a. Analisis Pasar

Analisis Pasar memiliki tujuan mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama untuk kembali membeli produk dan jasa yang perusahaan tawarkan secara kontinu.

 

b. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar berguna untuk membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda, di mana setiap kelompok mempunyai ciri yang hampir sama.

Dengan adanya segmentasi pasar, diharapkan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya di bidang pemasaran dapat dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin. 

 

c. Menentukan Sasaran atau Target Pasar

Contoh manajemen pemasaran bisa dilihat dari kegiatan perusahaan dalam menyasar segmentasi tertentu. Dengan menentukan target pasar, artinya Anda telah memberikan nilai keaktifan setiap bagian kemudian memilih salah satu dari bagian pasar atau lebih untuk dilayani. 

 

d. Penempatan Pasar

Perusahaan baru harus mampu mengidentifikasi dimana saja lokasi pesaing sebelum menentukan penempatan pasarnya sendiri. 

 

Menurut Kotler (1992) ada dua pilihan yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Menempatkan perusahaan di sebelah salah satu pesaing dan berjuang  mendapatkan bagian pasar. Dengan catatan, perusahaan tersebut mampu membuat produk unggul, memiliki jangkauan pasar yang luas, dan memiliki lebih banyak sumber daya.

 

  • Mengembangkan produk yang belum pernah ditawarkan pada pasar. Dengan catatan manajemen harus yakin bahwa secara teknis dapat membuat produk dengan cepat, secara ekonomis dapat membuat  produk unggul dengan harga terjangkau, serta yakin bahwa jumlah target konsumen akan produk tersebut memadai.

 

e. Perencanaan Pemasaran

Kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan sangat penting untuk dikoordinasikan dan diarahkan guna mencapai tujuan perusahaan pada umumnya dan tujuan bidang pemasaran secara khusus. 

 

Baca Juga: Apakah Segmentasi Pasar Penting Bagi Perusahaan? 

 

Tujuan Manajemen Pemasaran

Tujuan utama dilakukannya manajemen dalam pemasaran adalah mengenali konsumen dengan baik sehingga perusahaan dapat menawarkan produk dan layanan yang memuaskan agar konsumen tetap loyal dan konsumen baru terus berdatangan.

 

a. Menciptakan Permintaan (Demand

Salah satu tujuan Manajemen Pemasaran adalah menciptakan permintaan (demand). Biasanya, setiap perusahaan memiliki cara tersendiri untuk menganalisis selera konsumen dan preferensi konsumen terhadap produk untuk memenuhi kebutuhan mereka.

 

b. Menciptakan Konsumen Baru

Jika perusahaan ingin berkembang dan bertahan dalam dunia bisnis, menciptakan konsumen baru menjadi hal yang sangat krusial. Perusahaan harus mampu menganalisis, mengeksplorasi dan mengidentifikasi kebutuhan konsumen secara lebih luas. 

 

c. Memuaskan Konsumen

Menciptakan konsumen baru saja belum cukup. Perusahaan juga harus mampu mengembangkan produk yang dapat memenuhi ekspektasi konsumen. 

Jika konsumen puas, mereka tidak hanya membeli produk, tetapi mereka juga akan merekomendasikan produk pada orang-orang terdekatnya sehingga produk tersebut dikenal banyak orang.

 

d. Membangun Citra Produk yang Baik

Membangun citra produk yang baik di mata konsumen menjadi tujuan manajemen pemasaran lainnya. Ketika tim pemasaran menyediakan barang dan jasa berkualitas kepada konsumen dengan harga terjangkau, secara otomatis akan menciptakan citra produk yang baik di mata konsumen. 

 

e. Meningkatkan Keuntungan

Bagian pemasaran (Marketing) merupakan satu-satunya bagian yang menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Jadi, mereka akan berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan manajemen dalam pemasaran supaya perusahaan mendapatkan keuntungan. 

 

Tugas Pokok Manajemen Pemasaran

Tugas manajemen pemasaran adalah memasarkan produk perusahaan agar tercapai tujuan jangka panjang perusahaan, yaitu menjamin kehidupan serta pengembangan perusahaan. Tak hanya itu, tujuan dalam pemasaran juga masih berkaitan erat dengan pengaturan jumlah, waktu, dan sifat permintaan sesuai dengan tujuan perusahaan.

 

Konsep Manajemen Pemasaran

Menurut Kottler (1997), ada lima konsep alternatif dalam manajemen pemasaran, yaitu:

 

1. Konsep Produksi

Konsumen akan menyukai produk dengan harga terjangkau. Produk yang dirasa terlalu mahal oleh konsumen tidak akan dilirik sama sekali.  Dalam hal ini manajemen harus berusaha keras untuk memperbaiki produksi dan distribusi efisiensi. 

 

2. Konsep Produk

Konsep selanjutnya, menyatakan jika konsumen akan menyukai produk bermutu terbaik dan sifat paling inovatif. Dalam hal ini perusahaan harus dapat menciptakan energi untuk terus melakukan perbaikan mutu produk.

Mengapa demikian? Karena waktu terus berjalan bisa saja produk perusahaan tidak lagi relevan dengan kebutuhan konsumen yang ada. 

 

3. Konsep Penjualan

Perusahaan harus mahir dalam melacak calon konsumen dan menjual manfaat produk ke konsumen dengan menjual barang atau jasa (produk) apa yang dibutuhkan konsumen.  Konsumen tidak akan membeli produk dalam jumlah yang cukup kecuali perusahaan melakukan penjualan dan promosi besar-besaran.  

 

4. Konsep Pemasaran

Konsep ini mempunyai prinsip bahwa dengan sasaran organisasi tergantung pada kebutuhan dan keinginan target pasar. Karena penyampaian kepuasan yang dilakukan itu lebih efektif dan efisien daripada pesaing.

 

5. Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial

Perusahaan sebagai penjual wajib menetapkan kebutuhan, keinginan serta memberikan kepuasan yang diinginkan konsumen dengan efektif dan efisien dibandingkan kompetitor. 

 

Manajemen pemasaran yang baik menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Dengan proses manajemen pemasaran yang baik dan optimal, dapat dipastikan Anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal dan bisnis Anda akan berkembang lebih baik daripada yang Anda harapkan.