aplikasi pembuat jadwal

4 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Jadwal Kerja yang Populer

Pengelolaan administrasi kerja, salah satunya pembuatan jadwal dapat dimudahkan dengan menggunakan teknologi. Teknologi tersebut adalah aplikasi pembuat jadwal kerja.

Aplikasi pembuat jadwal ini memungkinkan HR untuk mengelola shift karyawan (individu atau kelompok), sehingga dapat mengatur jadwal menjadi lebih efektif lagi.

Artikel LinovHR ini akan memberikan pemahaman mengenai aplikasi ini, dan juga memberikan beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Simak sampai akhir, ya!

 

 

Apa Itu Aplikasi Pembuat Jadwal?

Aplikasi pembuat jadwal adalah aplikasi untuk menunjang pengelolaan karyawan dalam hal jadwal kerja, yang meliputi shift kerja dan jadwal kerja. Ini merupakan tools yang dapat memudahkan HR, sehingga penyusunan jadwal menjadi lebih cepat dan efisien.

 

Mengapa Membutuhkan Aplikasi Pembuat Jadwal Kerja?

Pembagian waktu kerja ternyata tidak semudah itu. Banyak masalah yang terjadi selama penyusunannya. Seperti contohnya adalah bentrok jadwal antarkaryawan.

Bentrok jadwal cukup sering terjadi terutama jika perusahaan Anda bergerak dalam bidang hospitality. Misalnya saja, Anda bekerja sebagai perawat di sebuah rumah sakit. Di hari Senin, Anda mendapat shift malam yaitu mulai dari jam 9 malam hingga 5 pagi.

Sedangkan hari Selasa-nya, Anda mendapat shift pagi yaitu jam 5 pagi hingga 12 siang. Hal ini dapat disebut bentrok jam shifting.

Hal ini selain waktu yang berbenturan, menimbulkan efek lelah dan tidak konsentrasi dalam bekerja. Kesehatan fisik dan jiwa juga penting untuk diperhatikan.

Dengan menggunakan aplikasi pembuat jadwal, bentrok jadwal dapat dihindari, karena shift karyawan dapat disusun berdasarkan kelompok karyawan yang berbeda.

 

Baca Juga: Karyawan Wanita di Shift Malam, Bagaimana Mengelolanya?

 

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Jadwal

LinovHR hadirkan beberapa rekomendasi aplikasi untuk mengelola jadwal kerja perusahaan Anda. Di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. LinovHR

LinovHR dapat membantu dalam penyusunan jadwal kerja yang praktis, efisien, aman, dan akurat. LinovHR memiliki Software Absensi yang diperuntukkan salah satunya dalam penyusunan jadwal kerja.

Terdapat keuntungan yang akan dirasakan  jika menggunakan Software Absensi LinovHR seperti:

  1. Membuat jadwal kerja dengan Time Group agar jadwal tidak bentrok dan jelas tertera.
  2. Terdapat fitur Calendar yang memperlihatkan jadwal libur.
  3. Jika Anda ingin mengganti jadwal, dapat menggunakan fitur Schedule Exception dan menjelaskan alasannya serta mengajukan hari penggantinya.
  4. Memantau pengajuan waktu lembur dari karyawan dalam fitur Overtime Request.
  5. Serta dapat mengelola kehadiran dalam fitur Timesheet.

 

2. mHelpDesk

Aplikasi mHelpDesk dirancang khusus untuk mereka yang berada dalam bisnis jasa. Beberapa fitur inti dari aplikasi jadwal kerja ini meliputi:

  1. Melihat ketersediaan semua orang dengan cepat.
  2. Menjadwalkan teknisi lapangan dengan mudah.
  3. Pemberitahuan penugasan otomatis, melihat pekerjaan, dan detail pelanggan, dan menghilangkan overbooking dan underbooking.

 

Kelebihan lainnya yaitu mHelpDesk dapat berintegrasi dengan Google Calendar, Home Advisor, dan QuickBooks.

 

3. TSheets

TSheets memiliki fitur serupa seperti kebanyakan aplikasi penjadwalan karyawan pada umumnya. Fitur-fiturnya meliputi:

  1. Penjadwalan berdasarkan shift atau pekerjaan.
  2. Terdapat pemberitahuan tentang perubahan shift.
  3. Salin jadwal minggu sebelumnya dengan mudah.
  4. Terima peringatan tentang lembur atau shift yang terlewat sehingga Anda dapat mengurangi biaya tenaga kerja.

 

Aplikasi ini memiliki fitur “Who’s Working” yang unik. Fitur ini membuat Anda dapat segera melihat siapa yang tersedia untuk pekerjaan yang mendesak.

 

4. Deputy

Beberapa fitur penjadwalan aplikasi ini termasuk penjadwalan otomatis dengan makan siang dan istirahat. Anda dapat membuat, menyalin, atau menerbitkan jadwal, pertukaran shift, dan penggantian shift.

Selain itu, Deputi mengintegrasikan perangkat lunak dengan sistem POS dan SDM seperti Gusto, Xero, QuickBooks, Lightspeed, dan banyak lagi.

 

Baca Juga:  Solusi Praktis Kelola Gaji Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web

 

Kesimpulan

 

software hris

 

Membuat jadwal kerja memanglah tidak mudah. Dibutuhkan ketelitian dalam mengatur time management agar jadwal seluruh karyawan teratur.

Aplikasi penyusun jadwal kerja sangat membantu. Selain lebih cepat, aksesnya pun lebih gampang bagi karyawan. Mulailah beralih ke pengelolaan jadwal karyawan yang lebih praktis.

Untuk info lebih lengkap mengenai aplikasi pembuat jadwal dari LinovHR, ketuk informasi mengenai Scheduling Software berikut ini!