aplikasi pembuat jadwal

4 Tanda Jika Perusahaan Anda Butuh Aplikasi Pembuat Jadwal

Beberapa jenis perusahaan terutama perusahaan manufaktur memiliki jam operasional lebih dari 8 jam untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan jadwal shift kerja agar pekerjaan dapat diselesaikan tanpa membuat karyawan lelah. Dulu, membuat jadwal shift kerja masih manual dan membutuhkan waktu extra agar jadwal tersebut rampung. Adanya aplikasi pembuat jadwal kerja sangat memudahkan penjadwalan kerja, terutama dalam sisi pemantauan.

 

Masalah Umum dalam Penyusunan Jadwal Kerja

Penyusunan jadwal kerja merupakan hal penting bagi perusahaan untuk memaksimalkan performa perusahaan dengan sumber daya manusia yang terbatas. Pembagian waktu kerja ternyata tidak semudah itu. Banyak masalah yang terjadi selama penyusunannya. Apa saja? Ini dia beberapa masalah yang sering kali ditemui.

 

Bentrok Jam Shifting

Hal ini cukup sering terjadi terutama jika perusahaan Anda bekerja dalam hospitality. Misalnya saja, Anda bekerja sebagai perawat di sebuah rumah sakit. Di hari Senin, Anda mendapat shift malam yaitu start dari jam 9 malam hingga 5 pagi. Sedangkan hari Selasa-nya, Anda mendapat shift pagi yaitu jam 5 pagi hingga 12 siang. Hal ini dapat disebut bentrok jam shifting.

Hal ini selain waktu yang berbenturan, menimbulkan efek lelah dan tidak konsentrasi dalam bekerja. Kesehatan fisik dan jiwa juga penting!

 

Jam Kerja Sering Berantakan 

Ketidakteraturan jam juga menjadi masalah yang lumayan umum. Hal ini dapat terjadi karena orang yang di shift selanjutnya datang telah atau ada hal urgent yang membuat hingga tidak bisa datang. Contoh diatas bisa menjadi problema.

Tidak mungkin posisi tersebut menjadi kosong. Mau tidak mau seseorang harus menggantikan, baik dari shift sebelumnya atau shift selanjutnya.

 

Baca Juga: Karyawan Wanita di Shift Malam, Bagaimana Mengelolanya?

 

Pengajuan Izin Berdampak Pada Jadwal Kerja

Jadwal izin berdampak pada jadwal kerja keseluruhan, karena hal ini menimbulkan efek domino bagi seluruh karyawan. Misalnya, izin acara keluarga atau sakit bahkan cuti. Karena posisi kosong tersebut namun perusahaan tetap menginginkan kinerja produksi yang tetap membuat hal ini berdampak pada kuantitas jadwal kerja.

Apabila mengajukan izin sakit yang biasanya lumayan kesusahan. Harus mencari penggantinya secepat mungkin agar produksi juga tetap berjalan.

 

Masih Menggunakan Cara Konvensional

Hal terakhir yang ternyata masih banyak yang menggunakan yaitu menyusun manual. Hal ini masih bisa difungsikan apabila pekerjanya masih sedikit, misalnya 5 – 10 orang. Namun jika lebih hal ini kurang efektif dari segi pembagian kerja.

Kebayang sibuknya mengecek nama karyawan satu-satu, membuat jadwal, dan lainnya. Setelah penyusunan jadwal, mengkonfirmasi ke individunya apakah bisa atau tidak juga lumayan menyita waktu. Oleh karena itu, lebih baik untuk beralih menggunakan aplikasi.

 

Baca Juga:  Solusi Praktis Kelola Gaji Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web

 

Aplikasi Pembuat Jadwal Kerja dari LinovHR, Praktis dan Efisien! 

 

mobile ess

 

Aplikasi pembuat jadwal kerja memang sangat membantu pengelolaan karyawan. Banyak beredar aplikasi, mulai dari yang gratis hingga premium. Biasanya yang gratis kurang lengkap dan verifikasi data yang kurang jelas sehingga takut data internal perusahaan dapat terlacak dengan mudah.

Oleh karena itu, gunakan aplikasi pembuat jadwal kerja yang sudah pasti keamanannya. LinovHR siap membantu Anda dalam penyusunan jadwal kerja yang praktis, efisien, aman, dan akurat. LinovHR menyediakan modul time management dalam penyusunan kerja.

Terdapat keuntungan yang akan dirasakan  jika menggunakan LinovHR Time Management seperti :

  1. Membuat jadwal kerja dengan Time Group agar jadwal tidak tabrakan dan jelas tertera
  2. Terdapat fitur Calendar yang memperlihatkan jadwal libur
  3. Jika Anda ingin mengganti jadwal, dapat menggunakan fitur Schedule Exception dan menjelaskan alasannya serta mengajukan hari penggantinya
  4. Memantau pengajuan waktu lembur dari karyawan dalam fitur Overtime Request
  5. Serta dapat mengelola kehadiran dalam fitur Timesheet

 

Membuat jadwal kerja memanglah tidak mudah. Dibutuhkan ketelitian dalam mengatur time management agar jadwal seluruh karyawan teratur.

Aplikasi penyusun jadwal kerja sangat membantu. Selain lebih digital, aksesnya pun lebih gampang bagi karyawan. Mulailah beralih ke lebih digital dan pilih yang sudah pasti.

Untuk info lebih lengkap mengenai aplikasi pembuat jadwal dari LinovHR, ketuk tautan berikut ini!