aplikasi sumber daya manusia

Aplikasi Sumber Daya Manusia: Cara Tepat Atasi Kerumitan Kelola SDM

Tugas HRD dalam suatu perusahaan memang cukup rumit dan tergolong banyak. Belum lagi tugas pengelolaan informasi dan administrasi banyak karyawan. Sementara itu, tugas analisis dan pelaporan juga tidak bisa dipinggirkan begitu saja.

Bagaimana agar tugas administratif dan strategis HRD bisa efektif diselesaikan? Aplikasi sumber daya manusia bisa bisa menjadi solusi! 

 

Keunggulan Aplikasi Sumber Daya Manusia Dibandingkan Manual

HRD dalam sebuah perusahaan harus memastikan karyawannya nyaman dan lingkungan kerjanya sehat. Tugas HRD tersebut perlu dijalankan untuk memastikan pekerjaan karyawan perusahaan berjalan lancar sehingga bisa memberikan berkontribusi secara maksimal ke perusahaan. 

Dilansir dari Croner setidaknya ada 5 tugas pokok dari HRD dalam sebuah perusahaan yaitu pelatihan karyawan (training), mengelola pembayaran gaji dan kompensasi, memastikan kinerja karyawan, memastikan hubungan kerja antar tim dan karyawan nyaman juga bertanggung jawab dan tidak melanggar peraturan perusahaan.

Pengelolaan administrasi, perekrutan, training dan tugas-tugas lain dari HRD tentu akan memberatkan jika dilakukan secara manual. Namun apakah aplikasi sumber daya manusia dapat meringankan tugas-tugas HRD tersebut ?

Tentu saja iya. Banyaknya tugas selain tugas pokok dari HRD akan mudah dilakukan jika perusahaan Anda menggunakan aplikasi sumber daya manusia yang dapat membantu pengelolaan dan penyelesaian tugas HRD dengan lebih cepat dan efektif. 

Dari penggunaan aplikasi tersebut, perusahaan Anda juga dapat meminimalisir human error dan kesalahan lain yang biasanya masih dilakukan saat pendataan atau pengelolaan data dari HR dilakukan secara manual.

 

Kelola Karyawan Secara Cepat dan Akurat Bersama LinovHR!

Aplikasi sumber daya manusia dari LinovHR bisa membantu perusahaan Anda!

LinovHR memiliki Software HRD yang dapat membantu memudahkan pekerjaan departemen HRD perusahaan Anda dengan lebih cepat dan akurat. Software HRD LinovHR juga bisa membantu pengelolaan kebutuhan karyawan dengan lebih praktis. 

Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan Software HR dari LinovHR, berikut rangkuman singkatnya! 

 

Rekrutmen yang Lebih Terorganisir

Pada Software HR LinovHR terdapat modul recruitment dimana modul ini digunakan oleh HRD untuk membantu salah satu tugas pokok mereka yaitu merekrut dan mencari bakat terbaik yang akan menjadi bagian dari perusahaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Baca Juga: Bolehkah HRD Menggunakan Daftar Blacklist Selama Rekrutmen?

 

Kelola Data Karyawan dengan Mudah

Pengelolaan data karyawan terkadang menjadi hal yang tricky, terlebih jika perusahaan Anda memiliki banyak karyawan.

Software HR LinovHR memiliki modul Time Management dimana melalui modul ini pengelolaan data harian seperti pengelolaan jadwal kerja, absensi kehadiran, izin, cuti hingga lembur diatur dengan lebih mudah. Pekerjaan HRD akan sangat terbantu dengan adanya modul Time Management. 

 

Keterlibatan Karyawan dalam Kelola Data 

Adanya keterlibatan langsung karyawan untuk mengakses dan mengelola data sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut tentu akan meringankan tugas HR. Karyawan dapat mengajukan pergantian jadwal, izin, cuti, lembur dan lain-lain melalui modul Employee Self Service atau ESS. 

Pengumuman penting juga bisa dilakukan pada fitur yang ada dalam modul ini. ESS akan sangat membantu pekerjaan bagian HRD terkait administrasi dan pengelolaan data karyawannya. 

 

Manajemen Training yang Lebih Baik

HRD juga memiliki tugas untuk melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan perusahaan. Tugas ini dapat dibantu dengan penggunaan Software HRD LinovHR. 

Melalui modul Learning and Development, pengelolaan pengembangan karyawan yang ada di perusahaan Anda akan lebih terorganisir. Hal ini dilakukan agar ada peningkatan kapabilitas, kemampuan juga kompetensi karyawan perusahaan Anda.

 

Evaluasi Kinerja Karyawan 

Tugas pokok HRD yang lain adalah memastikan kinerja dan evaluasi dari karyawan. Software LinovHR memiliki modul performance management yang akan mengakomodasi proses manajemen kinerja karyawan mulai dari penentuan target kerja hingga evaluasi.

 

Memudahkan Administrasi Karyawan 

Berbicara mengenai administrasi karyawan yang juga menjadi salah satu tugas HRD, modul Personnel Administration dari LinovHR ini memungkinkan kita mengelola secara terperinci informasi dan data diri karyawan dari perusahaan Anda. 

 

Kelola Perencanaan Suksesi 

Perencanaan suksesi di sebuah perusahaan harus direncanakan dengan baik. Salah satu modul pada Software LinovHR adalah Succession Management yang memungkinkan manajemen dapat memastikan posisi-posisi critical yang akan kosong sudah memiliki calon pengganti karyawan agar perencanaan suksesi tidak terganggu. 

 

Baca Juga: Perencanaan Suksesi Menggunakan Fitur Bench Strength

 

Mudah Kelola Payroll Karyawan Perusahaan

Tentu setiap perusahaan akan membutuhkan pengelola penggajian/ payroll. Mengingat betapa pentingnya hal ini, tentu harus dikelola dengan baik dan juga sistematis oleh manajemen perusahaan. Pada Software HRD LinovHR, hal ini dapat dilakukan dengan mudah dan meminimalisir human error melalui modul Payroll.

 

Reimbursement Lebih Praktis

Pengelolaan reimbursement karyawan ini dapat mudah dilakukan dengan fitur Reimbursement. Modul ini membantu mengelompokkan jenis/ tipe reimbursement karyawan di perusahaan Anda dengan lebih mudah.

 

Kelola Pinjaman Karyawan

Jika perusahaan memiliki fasilitas pinjaman untuk karyawan, pengelolaannya akan lebih mudah dilakukan dengan modul Loan pada Software HRD LinovHR. 

Modul ini memungkinkan pengelompokan jenis pinjaman apa, kemudian karyawan mana yang berhak mendapatkan pinjaman, serta syarat dan ketentuan lain yang akan lebih mudah dikelola dengan menggunakan modul Loan. 

 

Manajemen Profil Perusahaan 

Perusahaan Anda dapat memberikan gambaran besar mengenai organisasi/ perusahaan serta berbagai komponen lainnya secara visual dengan lebih lengkap melalui modul Organization Management. 

 

Dokumentasi Kompetensi yang Dibutuhkan Perusahaan

Manajemen perusahaan untuk mengukur kompetensi yang dibutuhkan dan dikuasai dari masing-masing unit kerja secara lebih komprehensif tentu merupakan suatu kebutuhan dasar. Perusahaan Anda dapat mengelola kompetensi perusahaan per unitnya dengan modul Competency Management dari Software HR LinovHR. 

software hris

 

Itulah rangkuman dari Software HR LinovHR yang akan membantu berbagai tugas pokok dari HRD. Selain itu juga ada modul lain yang tidak kalah penting dan sangat bisa digunakan untuk memudahkan perusahaan Anda menjalankan manajemen karyawan yang lebih akurat dan efektif. 

Mudahkan manajemen SDM perusahaan Anda sekarang juga dan jadwalkan demo aplikasi sumber daya manusia bersama tim kami!