Perencanaan Suksesi

Analisis Hasil Perencanaan Suksesi Menggunakan Fitur Bench Strength

Jika Anda bagian dari sebuah perusahaan, pasti tidak asing lagi dengan perencanaan suksesi. Apa itu perencanaan suksesi?

Perencanaan suksesi pada suatu perusahaan merupakan rencana dan strategi yang dibuat oleh pemilik perusahaan untuk mengembangkan potensi, talenta juga kemampuan yang dimiliki oleh karyawan perusahaan tersebut untuk mendapatkan calon-calon leader perusahaan yang baik. 

Perencanaan suksesi ini harus dipersiapkan dan dilakukan dengan baik juga menggunakan analisis yang tepat. Jika perencanaan suksesi tidak berjalan dengan lancar, kemungkinan dampaknya untuk perusahaan tidak sedikit.

Penting bagi perusahaan untuk mempersiapkan calon leader atau pemimpin untuk keberlanjutan perusahaan saat terjadi pergantian posisi. 

Salah satu fitur dari modul Succession Management yang digunakan untuk menganalisis hasil perencanaan suksesi adalah Bench Strength yang digunakan untuk mengukur kesiapan sumber daya manusia salah satunya perencanaan suksesi dan manajemen kompetensi juga program pengembangan kepemimpinan. 

 

Cara Menggunakan Fitur Bench Strength

Seperti yang telah disebutkan bahwa perencanaan suksesi dapat dilakukan juga dengan Bench Strength. Salah satu solusi perencanaan suksesi menggunakan Bench Strength ini ada dalam modul Succession Management dari LinovHR. 

Modul ini memiliki fitur Bench Strength untuk membantu perencanaan suksesi perusahaan Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui kesiapan berapa jumlah karyawan yang dapat menjadi successor dalam suatu posisi kritikal.

Fitur Bench Strength akan menampilkan pie chart dari data karyawan yang dibagi menjadi 3 status kesiapan. 

Indikator Ready Now menunjukkan status karyawan sudah siap mengisi posisi kritikal, sementara Ready In The

Future dimana karyawan sudah siap tapi dalam jangka waktu kedepan, dan No Successors yang merupakan hasil untuk karyawan yang tidak memenuhi ekspektasi atau ketentuan untuk menjadi successor. 

 

Baca Juga: Mengenal Fitur Job Family Pada Organizational LinovHR

 

Kelola Talenta Calon Pimpinan Masa Depan Menggunakan Modul Suksesi LinovHR

 

software hris

 

Modul Succession Management dari LinovHR memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan perusahaan Anda merancang rencana suksesi.

Modul suksesi ini memiliki fungsi utama untuk mengelola hal-hal ataupun data yang berkaitan dengan perencanaan suksesi sebuah perusahaan sampai didapatkan hasil calon-calon karyawan yang akan menduduki posisi tersebut. 

Beberapa fitur lain dari modul Succession Management dari LinovHR: 

 

Succession Settings

Menu ini akan memberikan kemudahan kepada admin untuk mengatur level dari kesiapan karyawan yang dibagi menjadi beberapa aspek level seperti potential level, performance level dan matrix performance-potential. 

 

Employee Succession 

Pengolahan data karyawan atau talent dapat dilihat dengan mudah dan jelas dalam Employee Succession. Informasi suksesi, potensi dan nominasi suksesi masing-masing karyawan juga dapat dilihat. 

 

Career Path 

Saat melakukan perencanaan suksesi, dalam menentukan potential successor biasanya perusahaan akan mendefinisikan relasi antar job. Nah, pada menu ini Career Path akan mendefinisikan relasi antar job satu dengan yang lain. 

 

Baca Juga: Cara HRD untuk Memaksimalkan Career Path Karyawan

 

Talent Pool

Menu ini akan memudahkan perusahaan Anda untuk mengelompokkan karyawan kedalam beberapa level kesiapan. Ada status No Successors, Ready in The Future, dan Ready Now. Hal tersebut dibedakan berdasarkan kesiapan karyawan.

Tidak memiliki successors untuk No Successors, berstatus siap namun belum dengan status ready now untuk Ready in The Future, dan Ready now untuk karyawan yang sudah memiliki kesiapan. 

 

Succession Pool

Dari Talent Pool maka kemudian berlanjut ke Succession Pool. Menu ini akan berisi memenuhi kelompok karyawan yang memenuhi kualifikasi/ ketentuan untuk menempati posisi kritikal. Untuk satu posisi kritikal akan memiliki satu succession pool. 

 

Performance-Potential Matrix

Jika Talent Pool dan Succession Pool membagi karyawan berdasarkan level kesiapan, maka performance-potential matrix memungkinkan Anda membandingkan atau mengkomparasi karyawan berdasarkan potensi dan performanya.

Menu ini akan menampilkan matrix yang terdiri dari dua sumbu indikator yaitu potential dan performance yang dapat dengan mudah Anda atur di menu Setting. 

 

Bench Strength 

Terakhir yaitu ada fitur Bench Strength LinovHR yang merupakan hasil akhir. Anda akan disajikan pie chart untuk memudahkan Anda mengetahui data akhir yang menunjukkan jumlah posisi kritikal dan karyawan yang berstatus

Ready Now, Ready in The Future dan No Successors pada posisi tersebut. Data ini bisa dilihat berdasarkan company atau cabang perusahaan jika perusahaan mempunyai beberapa anak cabang. 

 

 

Bagaimana? Ingin tahu info lengkap mengenai fitur bench strength dan fitur lainnya di Modul Succession Management yang akan membantu perencanaan suksesi di perusahaan Anda? Ketuk tautan berikut ini!