gps attendance system

9 Rekomendasi GPS Attendance System, Mana yang Paling Worth It?

GPS attendance system saat ini semakin menjadi pilihan perusahaan guna memastikan kehadiran karyawan dengan akurat. Sistem ini membantu untuk mengubah cara perusahaan mengelola kehadiran karyawan.

Saat ini, pilihan aplikasinya pun semakin banyak dengan menawarkan berbagai keunggulannya. Di sini Anda perlu cermat dalam menentukan mana sistem yang cocok dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Artikel LinovHR ini akan merekomendasi beberapa pilihan GPS attendance system terbaik untuk Anda.

 

 

Apa Itu GPS Attendance System?

GPS attendance system adalah perangkat lunak yang membantu Anda melacak kehadiran harian karyawan Anda secara akurat dengan memanfaatkan perangkat keras GPS.

Biasanya, sistem ini sudah dilengkapi dengan anti fake GPS yang membuatnya sulit untuk dipalsukan dan menghasilkan data kehadiran yang akurat.

Penggunaan sistem absensi GPS dapat membantu perusahaan secara efisien mengelola kehadiran dan jam kerja karyawan remote, atau juga dengan sistem fleksibel.

Sebelumnya, pencatatan kehadiran karyawan harus dilakukan secara manual. Hal ini tentunya bisa menjadi pekerjaan yang membosankan dan rentan terhadap kesalahan. 

Aplikasi ini menggunakan teknologi GPS untuk melacak kehadiran karyawan secara otomatis, sehingga mengurangi waktu yang terbuang dan menghindari kesalahan manusia.

Tidak hanya menawarkan sistem yang andal, GPS attendance system juga menghemat biaya, dan intuitif, sehingga menghilangkan dokumen manual yang rawan kesalahan.

 Penggunaan sistem absensi GPS ini juga dapat mendukung Anda untuk memastikan sistem penggajian karyawan berjalan lebih akurat dan efisien.

 

Mengapa Penggunaan GPS Attendance System Penting?

Ada beberapa alasan mengapa penggunaan GPS attendance system sangat penting. Alasannya adalah:

 

  • Penggunaan GPS attendance system sangat penting karena perangkat lunak ini memberikan data yang dapat diandalkan mengenai jadwal kerja karyawan Anda.
  • Menggunakan sistem ini akan meningkatkan manajemen kinerja perusahaan.
  • Fitur pelacakan lokasi dalam sistem ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran dengan memberlakukan sistem kerja remote.
  • Penggunaan sistem ini berkontribusi pada pengurangan konsumsi kertas dan membantu perusahaan Anda dalam praktik paperless office.
  • Terakhir, sistem ini membantu membangun budaya perusahaan yang positif bagi karyawan Anda.

 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Absensi Berbasis Android

 

Kelebihan GPS Attendance System untuk Absensi

Penggunaan GPS attendance system sebagai metode untuk absensi karyawan memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan metode-metode tradisional. Kelebihan tersebut antara lain:

 

1. Akurasi Lokasi

GPS attendance system menggunakan teknologi GPS untuk mengidentifikasi lokasi presensi karyawan. Ini memberikan akurasi yang tinggi dalam merekam lokasi presensi, sehingga sulit untuk melakukan kecurangan atau manipulasi dalam absensi.

 

2. Kemudahan Penggunaan

GPS attendance system cenderung mudah digunakan. Karyawan hanya perlu membuka aplikasi yang sesuai, mengaktifkan GPS pada ponsel mereka, dan sistem akan secara otomatis merekam lokasi dan waktu presensi.

 

3. Mobilitas

Sistem kehadiran GPS memungkinkan pengguna untuk melakukan presensi dari mana saja selama mereka memiliki sambungan internet dan sinyal GPS yang kuat. Hal ini sangat berguna untuk karyawan yang sering bepergian atau bekerja di luar kantor.

 

4. Pelacakan Real-time

Sistem ini dapat memberikan informasi presensi secara real-time kepada pihak yang berwenang. Ini memudahkan pengawasan dan pemantauan yang lebih efisien terhadap karyawan.

 

5. Mengurangi Kecurangan

Sistem kehadiran berbasis GPS dapat membantu mengurangi kecurangan dalam absensi, seperti absen untuk orang lain atau mencatat waktu kehadiran yang tidak akurat. Dengan informasi lokasi yang akurat, sulit bagi seseorang untuk mengelabui sistem.

 

6. Meningkatkan Efisiensi

Dengan otomatisasi proses absensi, sistem ini dapat menghemat waktu dan upaya dalam mengelola data absensi. Hal ini memungkinkan perusahaan atau institusi pendidikan untuk fokus pada tugas-tugas lain yang lebih penting.

 

Kekurangan GPS Attendance System untuk Absensi

Terlepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan, Anda juga perlu mengetahui beberapa kekurangan yang terdapat dalam GPS attendance system.

Hal ini penting sebagai bahan pertimbangan untuk memilih sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut beberapa kekurangan tersebut.

 

1.  Konsumsi Baterai yang Tinggi

GPS attendance system biasanya memerlukan penggunaan GPS di perangkat seluler, yang dapat menguras baterai dengan cepat. Pemantauan konstan lokasi dapat menyebabkan perangkat kehabisan daya lebih awal, yang dapat mengganggu penggunaan harian dan memerlukan pengisian daya lebih sering.

Konsumsi baterai adalah salah satu kelemahan utama dari penggunaan GPS dalam sistem kehadiran.

 

2. Masalah Privasi

Penggunaan GPS untuk melacak lokasi individu dapat menjadi perhatian privasi. Karyawan mungkin merasa tidak nyaman dengan ide perusahaan atau institusi yang terus-menerus memantau lokasi mereka, terutama jika ini tidak diatur dengan baik.

 

3. Keterbatasan Akurasi dalam Lingkungan Tertutup

GPS memiliki keterbatasan akurasi dalam ruangan atau di lingkungan tertutup. Ini dapat menghasilkan data kehadiran yang tidak akurat jika karyawan berada di dalam bangunan yang menghalangi sinyal GPS.

 

4. Biaya Implementasi

Implementasi GPS attendance system mungkin melibatkan biaya awal yang signifikan, termasuk pengadaan perangkat dan perangkat lunak, serta pelatihan staf. Perusahaan atau institusi harus mempertimbangkan apakah manfaatnya sebanding dengan investasi yang diperlukan.

 

5. Penggunaan Data yang Berlebihan

Sistem GPS Attendance System menghasilkan sejumlah besar data lokasi. Mengelola dan menganalisis data ini dapat menjadi tugas yang menantang. Selain itu, jika tidak digunakan dengan bijak, data tersebut mungkin tidak memberikan manfaat yang diharapkan.

 

Rekomendasi GPS Attendance System

Ada beberapa jenis GPS attendance system yang berbeda beserta masing-masing fitur yang dimilikinya. Berikut adalah rekomendasi penggunaannya:

 

1. LinovHR

Aplikasi Absensi Online
Software HRIS LinovHR

 

LinovHR adalah Software HRIS yang membantu dalam pengelolaan manajemen sumber daya manusia dalam mengatur tugas-tugasnya.

Salah satu keunggulan dari LinovHR adalah adanya aplikasi employee self service yang bisa digunakan oleh karyawan untuk melakukan absensi secara digital.

Sebagai aplikasi absen, LinovHR telah melengkapi sistemnya dengan geotagging. Di mana sistem ini akan mencatat lokasi karyawan saat mereka melakukan absen.

Untuk mencegah kecurangan, aplikasi ini telah dilengkapi dengan anti fake GPS, anti jailbreak, anti root. Sehingga tidak memberikan celah untuk oknum karyawan melakukan kecurangan.

Dari sisi perusahaan, mereka dapat mengatur radius absen yang bisa dilakukan karyawan.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk pengguna Android dan juga iOs. Dengan berbagai keunggulannya, aplikasi ESS LinovHR ini tidak memakan ruang penyimpanan perangkat yang besar.

 

 

2. Keka

keka
Keka

 

Keka adalah perangkat lunak GPS dan penggajian berbasis cloud yang unggul dalam memberikan sejumlah fungsi penting bagi departemen SDM. 

Dengan Keka, Anda dapat dengan mudah melacak karyawan Anda, mengelola keuangan mereka, dan memantau produktivitas mereka, baik dari PC maupun perangkat pintar Anda. 

Cocok untuk tim besar dan kecil, Keka menyediakan alat yang bermanfaat seperti pelacakan produktivitas jarak jauh, lembar waktu, serta manajemen sasaran.

 

 

3. TSheets

tsheets
Tsheets

 

TSheets adalah sistem kehadiran berbasis GPS yang kuat dan mendetail. 

Hal ini memberikan wawasan waktu nyata tentang aktivitas tim Anda, tidak peduli seberapa besar tim Anda. 

TSheets menghasilkan laporan lokasi dan aktivitas karyawan dengan tingkat akurasi tinggi, termasuk pekerja jarak jauh dan yang sering melakukan perjalanan.

 

 

4. HubStaff

hubstaff
Hubstaff

 

HubStaff adalah aplikasi kehadiran GPS yang berkinerja tinggi dengan antarmuka intuitif dan fitur berlimpah.

Selain lembar waktu online, pelacakan lokasi, dan pelaporan berbasis web otomatis, HubStaff dapat dengan mudah diintegrasikan dengan lebih dari 30 aplikasi bisnis populer, termasuk SalesForce dan Quickbooks.

 

 

5. TimeSheet Mobile

timesheet mobile
Timesheet Mobile

 

TimeSheet Mobile adalah sistem kehadiran berbasis GPS yang memungkinkan Anda melacak aktivitas dan lokasi tim Anda dari seluruh dunia.

Dengan fitur pelacakan waktu berkemampuan geofence, Anda dapat mendapatkan lembar waktu yang sangat akurat. 

Aplikasi ini juga mudah diintegrasikan dengan beberapa aplikasi bisnis terkemuka seperti QuickBooks dan FreshBooks.

 

 

6. Timr

gps attendance system - timr
Timr

 

Timr adalah aplikasi kehadiran GPS yang kaya fitur, ideal untuk pelacakan lokasi, pelacakan waktu, dan pelacakan proyek. 

Aplikasi ini menyediakan semua alat yang Anda butuhkan untuk mengawasi aktivitas tim Anda dan memastikan proyek selesai tepat waktu. 

Anda dapat mengakses Timr melalui aplikasi seluler maupun peramban web.

 

 

7. Zoho People

zoho people
Zoho People

 

Zoho People adalah aplikasi kehadiran GPS yang komprehensif dan menawarkan berbagai fitur impresif untuk manajemen sumber daya manusia. 

Hal ini termasuk manajemen waktu, kehadiran, cuti, dokumentasi HR, penjadwalan pekerjaan, pelaporan, manajemen kinerja, dan masih banyak lagi. 

Zoho People memungkinkan Anda mengintegrasikan data kehadiran dari berbagai perangkat, mengurangi risiko kesalahan entri data. 

Aplikasi ini juga sangat dapat disesuaikan dengan empat model penetapan harga yang berbeda.

 

 

8. HoursTracker

gps attendance system - hours tracker
Hours Tracker

 

HoursTracker adalah aplikasi kehadiran GPS berbasis cloud yang menyediakan pelacak waktu, pelacak GPS karyawan, dan pelacak pengeluaran. 

Hal ini tidak hanya menyederhanakan alur kerja Anda, tetapi juga memungkinkan Anda mengelola semua aspek pekerjaan Anda dengan lancar. 

HoursTracker memungkinkan akses data dari PC dan perangkat genggam apa pun, dan menyediakan opsi pencadangan otomatis dan manual, yang berguna untuk melindungi data Anda.

 

 

9. Labor Sync

gps attendance system - labor sync
Labor Sync

 

Labor Sync adalah perangkat lunak kehadiran berbasis GPS berbasis cloud yang memungkinkan pelacakan karyawan dari mana saja dengan dukungan berbagai bahasa. 

Selain pelacakan GPS waktu nyata, perangkat lunak ini juga menangani penggajian, estimasi, manajemen proyek, catatan lapangan, pengiriman pesan, manajemen ketenagakerjaan, dan banyak lagi. 

Labor Sync adalah pilihan komprehensif untuk perusahaan yang membutuhkan berbagai alat manajemen.

 

Lacak Lokasi Kehadiran Karyawan dengan Aplikasi ESS

Aplikasi Absensi Online - LinovESS
Aplikasi Absensi Online – LinovESS

 

 

Melacak lokasi karyawan menjadi salah satu hal yang penting dilakukan guna memastikan karyawan berada di lokasi yang seharusnya pada saat jam kerja. Hal ini juga dapat mendorong kedisiplinan dan ketaatan karyawan.

Dengan teknologi yang semakin canggih, perusahaan semakin mudah untuk memantau lokasi kehadiran karyawan secara akurat dan efisien. 

Dalam hal ini, Aplikasi ESS LinovHR adalah solusi yang tepat karena mengintegrasikan fitur pelacakan lokasi kehadiran karyawan dengan praktis dan akurat. 

Melalui Employee Self Service (ESS) LinovHR, perusahaan dapat melacak lokasi kehadiran karyawan secara real-time di lokasi tertentu untuk memastikan kehadiran yang akurat.

 

aplikasi absen online
Aplikasi Absensi

 

Tak hanya itu, karyawan juga dapat dengan mudah untuk mengakses dan mengelola data pribadi, termasuk absensi mereka menggunakan wajah atau sidik jari. 

Dengan ESS LinovHR, perusahaan tentunya dapat melacak lokasi kehadiran karyawan dengan mudah sehingga proses pengelolaan kehadiran menjadi lebih praktis secara keseluruhan.

Manfaatkan kemudahan dalam melacak lokasi kehadiran karyawan Anda dengan EES LinovHR. Ajukan demonya sekarang, gratis dan nikmati keunggulannya!