enterprise software

Jenis-Jenis Enterprise Software yang Biasa Perusahaan Gunakan

Enterprise software adalah sebuah aplikasi bisnis yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan dalam mengelola data dan sumber daya mereka secara terintegrasi. 

Dalam era bisnis yang semakin kompleks dan berubah cepat seperti sekarang, penggunaan enterprise software menjadi faktor penting bagi perusahaan untuk menjaga agar operasional mereka berjalan efisien dan teratur. 

Simak ulasan dari LinovHR di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis- jenis dan pentingnya software enterprise dalam menunjang keberhasilan bisnis! 

 

Apa Itu Enterprise Software?

Enterprise software adalah jenis perangkat lunak yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan organisasi yang kompleks, seperti mengelola data, proses bisnis, dan sumber daya perusahaan secara efisien dan terintegrasi. 

Fitur dari enterprise software seperti sistem manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen rantai pasokan, dan manajemen hubungan pelanggan.

Tak hanya itu, fiturnya juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis masing-masing perusahaan dan diintegrasikan dengan sistem perangkat lunak lainnya.

Penggunaan aplikasi enterprise sangat penting bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompleks.

Meskipun implementasi aplikasi enterprise bisa menjadi sebuah tantangan bagi perusahaan, manfaat jangka panjang yang diperoleh dapat jauh lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan. 

Dengan menggunakan enterprise software, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kemampuan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat, sehingga seharusnya menjadi prioritas bagi perusahaan yang ingin berhasil dalam dunia bisnis yang semakin kompleks dan terkoneksi saat ini.

 

Baca Juga: 10 Business Intelligence Software yang Paling Banyak Digunakan

 

Jenis-Jenis Enterprise Software 

Enterprise software sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola operasi bisnisnya.

Dengan menggunakan enterprise software, perusahaan dapat mengelola data, proses bisnis, sumber daya perusahaan serta mengurangi kesalahan manusia secara efisien dan terintegrasi. 

Berikut ini ada beberapa jenis enterprise software yang sering digunakan oleh perusahaan, di antaranya:

 

1. Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP adalah jenis software enterprise yang paling populer dan umum digunakan oleh perusahaan besar.

ERP mengintegrasikan berbagai proses bisnis seperti manajemen persediaan, manajemen keuangan, dan manajemen sumber daya manusia dalam satu sistem. 

Dengan menggunakan ERP, perusahaan dapat memproses data dengan cepat dan efisien, sehingga dapat mempercepat pengambilan keputusan. Contoh ERP yang populer adalah SAP dan Oracle.

Terdapat beberapa fitur yang memiliki tugas berbeda-beda dalam kebutuhan bisnis, seperti: 

  • Akuntansi
  • Manajemen inventaris
  • Layanan pelanggan
  • Manajemen proses bisnis
  • Manajemen pesanan
  • Sumber daya manusia
  • E-commerce
  • Pengiriman, dll.

 

2. Customer Relationship Management (CRM)

CRM adalah jenis software enterprise yang membantu perusahaan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan.

Software ini memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan informasi pelanggan, memantau aktivitas pelanggan, serta melakukan analisis data untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan. 

Dengan menggunakan CRM, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. 

Contoh CRM yang populer adalah Salesforce dan Hubspot. Terdapat beberapa fitur yang penting dalam CRM, seperti: 

  • Manajemen data pelanggan
  • Analisis data pelanggan
  • Manajemen penjualan
  • Integrasi
  • Otomatisasi proses bisnis
  • Manajemen tim
  • Pelacakan performa bisnis

 

3. Human Resources Information System (HRIS)

HRIS adalah jenis software enterprise yang membantu perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia.

Software ini membantu perusahaan dalam mengelola data karyawan, memantau kinerja karyawan, serta mengelola gaji dan tunjangan karyawan. 

Dengan menggunakan HRIS, perusahaan dapat mengelola sumber daya manusia secara efisien, sehingga dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan mengurangi biaya administrasi. 

Contoh HRIS yang populer adalah LinovHR. Software ini memiliki fitur-fitur vital dalam pengelolaan SDM, seperti: 

  • Manajemen data karyawan
  • Pemrosesan gaji dan manajemen absensi
  • Manajemen pelatihan dan pengembangan
  • Manajemen kinerja
  • Perencanaan suksesi
  • Pengelolaan rekrutmen dan seleksi
  • Pelaporan dan analisis

 

4. Supply Chain Management (SCM)

SCM adalah jenis software enterprise yang membantu perusahaan dalam mengelola rantai pasokan.

Software ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola persediaan, memantau pengiriman barang, serta melakukan analisis data untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam rantai pasokan.

Dengan menggunakan SCM, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Contoh SCM yang populer adalah SAP dan Oracle.

Dalam software SCM, fitur-fitur yang perlu ada yaitu:

  • Manajemen permintaan dan perencanaan
  • Manajemen pengadaan dan pembelian
  • Manajemen produksi
  • Manajemen pergudangan dan distribusi
  • Kolaborasi antara perusahaan dan pemasok

 

Alasan Pentingnya Menggunakan Enterprise Software

Pentingnya menggunakan enterprise software dalam suatu perusahaan tidak dapat dipandang sebelah mata. Enterprise software dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. 

Namun, hal itu bukannya satu-satunya alasan mengapa enterprise software itu penting. Alasan pentingnya menggunakan enterprise software terdiri dari beberapa hal lain, yaitu:

 

1. Efisiensi

Enterprise software memungkinkan pengguna untuk mengotomatisasi proses bisnis yang memakan waktu, seperti pengolahan data, manajemen inventaris, dan penjadwalan tugas. 

Dengan demikian, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut akan berkurang, sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi biaya operasional.

 

2. Integrasi

Enterprise software juga memungkinkan integrasi antara berbagai sistem yang berbeda. Hal ini sangat penting karena banyak bisnis yang menggunakan sistem yang berbeda-beda dalam operasinya. 

Dengan enterprise software, data dari sistem yang berbeda dapat diintegrasikan dan diproses bersama-sama, sehingga mengurangi kesalahan dalam pemrosesan data dan menghasilkan informasi yang lebih akurat.

 

Baca Juga: Pengertian System Integration dan Manfaatnya untuk Perusahaan

 

3. Skalabilitas

Enterprise software dirancang untuk dapat menangani volume data yang besar dan meningkatkan kapasitas secara bertahap sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk tetap beroperasi tanpa mengalami kendala saat volume data meningkat secara drastis.

 

4. Keamanan

Dalam bisnis modern, keamanan data sangat penting karena bisnis seringkali menyimpan data sensitif seperti informasi keuangan, data pelanggan, dan rahasia bisnis.

Karena itulah, enterprise software juga menawarkan keamanan data yang lebih baik. Enterprise software dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih untuk melindungi data dari ancaman keamanan yang berbeda.

 

5. Pengambilan Keputusan

Enterprise software memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat dengan menyediakan informasi yang akurat dan real-time

Dengan enterprise software, bisnis dapat melacak kinerja mereka, memperoleh wawasan bisnis baru, dan membuat keputusan yang tepat untuk mengembangkan bisnis mereka.

 

Software HRIS LinovHR Sebagai Software Wajib Enterprise

LinovHR

 

Dalam bisnis, pengelolaan sumber daya manusia yang efektif dapat memberikan dampak besar terhadap produktivitas dan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, penggunaan software enterprise dari HRIS LinovHR wajib banget digunakan perusahaan untuk membantu mengoptimalkan pengelolaan perusahaan. 

Dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu pengelolaan data karyawan, manajemen absensi, penggajian, manajemen kinerja, dan integrasi dengan sistem keuangan dan akuntansi perusahaan, HRIS LinovHR dapat memudahkan perusahaan dalam menjalankan operasi sehari-hari dengan lebih efektif. 

Dengan menggunakan Software HRIS LinovHR, perusahaan dapat meminimalkan kesalahan dalam administrasi karyawan, meningkatkan efisiensi dalam manajemen absensi, dan memberikan feedback yang lebih terstruktur kepada karyawan. 

Terdapat tampilan user-friendly dari HRIS LinovHR yang membuatnya mudah digunakan oleh karyawan dan staf HR.

Dengan begitu, karyawan dan HR bisa mengerjakan tugasnya lebih mudah dan lebih fokus dalam pengembangan bisnis untuk mencapai tujuan.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi website-nya dan ajukan demonya sekarang untuk menggunakan Enterprise Software HRIS LinovHR!