Automated Training, Era Baru dalam Metode Pelatihan Karyawan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

automated training
Isi Artikel

Dalam era bisnis yang terus berkembang, pelatihan karyawan menjadi salah satu kunci keberhasilan perusahaan.

Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan automated training atau pelatihan otomatis kepada karyawan Anda.

Bagaimana pelatihan otomatis ini dapat memaksimalkan pelatihan yang dijalankan oleh karyawan Anda? Mari simak artikel LinovHR selengkapnya untuk mengetahui tips menyukseskan pelatihan otomatis untuk pelatihan karyawan Anda!

 

 

Pengertian Automated Training

Automated training adalah proses pelatihan yang dilakukan secara otomatis dengan menggunakan program atau perangkat lunak tertentu.

Proses mengotomatisasi pelatihan ini dimulai dengan mengatur dan mendesain konten, mengurutkannya, dan kemudian menggunakan fitur-fitur dalam program untuk menangani tugas-tugas penting yang sedang berlangsung.

Dengan cara ini, akan membantu untuk menghemat waktu dalam penugasan yang dilakukan oleh HR.

Dalam automated training, learning management system adalah platform yang ideal karena memiliki fitur otomatisasi bawaan.

Dengan demikian, proses penyelesaian tugas menjadi lebih efisien dan sederhana dengan adanya proses tersebut. Misalnya, HR dapat berfokus pada pengembangan karyawan dengan mengembangan pelatihan yang tepat.

 

Manfaat Melakukan Pelatihan Otomatis

Pelatihan otomatis memberikan sejumlah manfaat yang positif. Beberapa manfaat dari automated training adalah:

 

Tips Menyukseskan Automated Training
Automated Training

 

1. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Salah satu manfaat dari automated training adalah adanya peningkatan keterlibatan karyawan.

Dengan pelatihan otomatis, Anda dapat mengenali usaha karyawan selama proses pelatihan. Memberikan penghargaan dan pengakuan dapat membuat mereka tetap termotivasi.

Anda bisa memberikan pengakuan atau  penghargaan terhadap kerja keras, dedikasi, dan kemajuan mereka.

Bentuk yang diberikan juga dapat seperti sertifikasi, hadiah, penghargaan gamifikasi, apapun itu untuk tetap menjaga motivasi karyawan.

 

2. Pembelajaran Menyesuaikan Gaya Belajar Karyawan

Selanjutnya, pelatihan otomatis memberikan kesempatan kepada karyawan untuk belajar dengan preferensi gaya belajar mereka sendiri.

Salah satu contohnya adalah LMS berbasis cloud yang memfasilitasi pengaturan waktu untuk menyelesaikan program pelatihan.

Namun, tetap memberikan kebebasan kepada karyawan untuk menentukan cara mereka menjalankan program tersebut.

 

3. Adanya Pemberian Umpan Balik

Manfaat berikutnya, automated training dapat memberikan umpan balik secara instan kepada karyawan.

Misalnya, memberikan umpan balik untuk jawaban yang salah saat karyawan selesai mengerjakan kuis. Melalui umpan balik ini, karyawan dapat mengoreksi pemahaman mereka dan tetap termotivasi dalam proses pembelajaran.

 

Baca Juga: Apa Itu Experiential Learning?

 

Tips Menyukseskan Automated Training

Dengan berbagai manfaat dan kemudahan yang dihadirkan melalui pelatihan otomatis, tentu saja Anda tertarik untuk mengimplementasikannya di perusahaan Anda bukan?

Ada beberapa cara untuk Anda dapat sukses dalam menjalankan metode pelatihan ini, seperti berikut ini:

 

1. Membuat Rencana Ke Depan

Pertama, cobalah untuk mengidentifikasi bagian dari proses pelatihan mana yang paling memakan banyak waktu dan akan lebih baik jika dilaksanakan secara otomatis.

Dalam hal ini, prioritaskan otomatisasi berdasarkan kebutuhan bisnis atau mulai dengan hal-hal yang lebih sederhana.

Lalu, jangan terburu-buru juga untuk mengotomatiskan semua hal sekaligus.

 

2. Pilih Software yang Mendukung Otomatisasi

Misalnya, pilihlah LMS yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan mudah digunakan. Pastikan juga sistem manajemen pembelajaran tersebut mampu memfasilitasi tugas sinkron dan asinkron sesuai dengan sifat kursus pelatihan.

 

3. Mengotomatiskan Proses SDM dan Tugas Administratif

Selanjutnya, jangan lupa mengotomatiskan proses HRD dan tugas administratif yang berulang.

Misalnya, seperti pendaftaran atau penonaktifan peserta kursus secara massal. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan menghindari kesalahan manusia dalam pengelolaan data.

 

4. Lacak Kemajuan Karyawan

Keempat, lacak kemajuan karyawan dengan menggunakan sistem manajemen otomatis.

Sistem otomatis ini akan membantu Anda untuk mendapatkan data terkait penyelesaian kursus, kemajuan peserta, nilai, dan banyak lagi. Dengan laporan khusus, Anda dapat dengan cepat memeriksa kinerja pelatihan karyawan dan memberikan informasi tersebut dengan departemen lain. 

Hal ini dapat membantu analisis data yang lebih efisien dan pemantauan kemajuan karyawan secara efektif.

 

5. Pertahankan Semangat Karyawan

Terakhir, pertahankan semangat karyawan dengan mengakui kemajuan mereka.

Anda dapat melakukannya dengan memberikan notifikasi otomatis, sertifikat, lencana, dan penghargaan dapat digunakan untuk memberikan apresiasi kepada karyawan 

Memanfaatkan fitur-fitur ini dapat menjaga motivasi karyawan dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pelatihan secara keseluruhan. 

Dengan menerapkan tips ini, pelatihan otomatis dapat berhasil diimplementasikan dan memberikan manfaat maksimal bagi perusahaan dan karyawan.

 

Otomatisasi Pelatihan Karyawan dengan Aplikasi LMS LinovHR

Modul LMS - LinovHR
Modul LMS – LinovHR

 

Melakukan otomatisasi dalam pelatihan menjadi salah satu cara perusahaan mencapai hasil terbaik. Hal ini karena otomatisasi menghilangkan langkah-langkah repetitif yang memakan waktu dan kurang fleksibel.

Memilih software LMS yang tepat menjadi penentu seberapa sukses pelatihan otomatis bisa dijalankan. Untuk itu, hindari memilih aplikasi LMS yang salah.

Percayakan Learning Management System LinovHR untuk mendukung Anda menjalankan automated training yang efektif.

Learning Management System LinovHR didukung dengan berbagai fitur unggul yang memukingkan Anda merencanakan, mengelola, dan menjalankan pelatihan secara online.

 

Panduan Mengakses E-learning di LMS LinovHR
Panduan Mengakses E-learning di LMS LinovHR

 

Mulai dari menyusun topik dan materi pelatihan yang akan diberikan melalui fitur Topic dan fitur Course.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur Learning Plan untuk mengatur kuota pelatihan, periode pelaksanaan, feedback, sampai sertifikat.

Ada juga fitur Overview yang membantu Anda melakukan monitoring kegiatan pelatihan yang dilakukan peserta.

Akses ke materi pelatihan pun bisa dilakukan dengan mudah oleh para peserta melalui ESS yang terinstall di smartphone mereka.

Melalui fitur-fitur otomatisasi yang canggih dari aplikasi LMS LinovHR memungkinkan pelatihan berjalan lebih optimal.

 

Segera ajukan demonya dan temukan bagaimana fitur-fitur canggih kami dapat memberikan kemudahan bagi program pelatihan dan pengembangan karyawan Anda!

Tentang Penulis

Picture of Lala
Lala

SEO Content Writer yang andal dengan kemampuan analisis tinggi terkait bidang HR dan mampu mengubahnya menjadi artikel informatif dan teroptimasi secara SEO.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Lala
Lala

SEO Content Writer yang andal dengan kemampuan analisis tinggi terkait bidang HR dan mampu mengubahnya menjadi artikel informatif dan teroptimasi secara SEO.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter