Biaya Pelatihan: Daftar Contoh Rencana Anggaran Beserta Templatenya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Contoh template anggaran biaya pelatihan
Isi Artikel

Salah satu elemen krusial dalam pengembangan SDM adalah pelatihan yang tetntunya memiliki biaya pelatihan.  Perusahaan secara rutin perlu merencanakan pelatihan kepada para karyawan.

Di dalam melakukan pelatihan, perusahaan akan menyusun anggaran. Contoh rencana anggaran biaya pelatihan ini akan menjelaskan secara rinci dana dan pengeluaran apa saja yang diperlukan untuk menyelenggarakan pelatihan.

Untuk membantu Anda mengetahui lebih jelas mengenai budget training atau biaya pelatihan, berikut ini artikel LinovHR jabarkan secara lengkap beserta template sebagai panduan Anda.

 

 

Pentingnya HR Memahami Biaya Pelatihan

Pemahaman yang mendalam mengenai anggaran pelatihan merupakan hal yang sangat penting bagi departemen HR. Anggaran pelatihan seringkali menjadi hal yang kompleks dan membutuhkan perhatian khusus. 

Menetapkan anggaran pelatihan untuk organisasi memastikan Anda mengalokasikan dana yang sesuai untuk pengembangan karyawan dalam beberapa periode tertentu.

Dengan merencanakan budget training dan mengaitkannya dengan tujuan bisnis, HRD dapat menghindari langkah-langkah pemotongan biaya yang dapat mengurangi budget training jika para eksekutif menganggapnya sebagai biaya yang berlebihan.

Merencanakan budget training dengan baik juga menghindari perusahaan dari pemborosan anggaran, ketidakseimbangan antara alokasi dana untuk program pelatihan yang berbeda, dan kurangnya transparansi dalam penggunaan anggaran.

Budget training sendiri mencakup biaya langsung dan tidak langsung yang diperlukan untuk menganalisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan mengelola pelatihan dan materinya.

 

Mengenal Budget Training atau Biaya Pelatihan

Anggaran pelatihan adalah dokumen yang menguraikan sumber daya keuangan yang dialokasikan oleh sebuah perusahaan untuk program pelatihan. 

Salah satu manfaat menyusun budget training adalah menjamin pendistribusian dana yang tepat oleh perusahaan untuk kegiatan pelatihan tertentu, bahan-bahan pelatihan, peralatan, dan pengeluaran terkait lainnya. 

Manfaat lain dari pembuatan dokumen ini adalah memungkinkan para stakeholder pelatihan untuk merumuskan rencana aksi strategis, mengurangi pengeluaran, dan memiliki sumber daya tambahan untuk rencana pelatihan karyawan lainnya.

 

Baca Juga: Contoh Surat Pengajuan Pelatihan Karyawan

 

Contoh Template Anggaran Biaya Pelatihan

Ilustrasi Template
Ilustrasi Template

 

Berikut adalah beberapa contoh rencana anggaran biaya pelatihan yang bisa Anda gunakan:

 

1. HR Training Budget Template

Template HR training budget adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk merencanakan dan mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pelatihan dan pengembangan karyawan dalam departemen HRD suatu perusahaan. 

Template ini membantu dalam menyusun anggaran yang tepat untuk melatih dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan karyawan.

 

HR Training Budget Template
Sumber: Template.net

 

Download di sini

 

2. Education and Training Budget Template

Format template ini digunakan untuk mengatur dan merencanakan alokasi anggaran untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan di suatu organisasi atau lembaga. 

Template ini membantu dalam mengidentifikasi dan memperkirakan berbagai biaya yang terkait dengan pendidikan dan pelatihan, sehingga memudahkan perencanaan keuangan.

 

Education and Training Budget Template
Source: Template.net

 

Download di sini

 

3. Training Programme Budget Template

Bila Anda ingin merencanakan dan mengelola anggaran yang terkait dengan program pelatihan di sebuah organisasi atau perusahaan. Template ini akan membantu Anda.

Template ini membantu dalam mengidentifikasi dan menghitung semua biaya yang terkait dengan pelaksanaan program pelatihan, termasuk biaya penyediaan materi pelatihan, fasilitas, transportasi, akomodasi, gaji instruktur, dan biaya administrasi lainnya.

 

Training Programme Budget Template
Source: Template.net

 

Download di sini

 

4. Annual Training Budget Example

Anggaran pelatihan tahunan adalah jumlah dana yang dialokasikan oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk melatih dan mengembangkan karyawan selama satu tahun. 

Anggaran ini digunakan untuk berbagai kegiatan pelatihan, seperti pelatihan teknis, pelatihan manajemen, pelatihan keahlian khusus, atau pengembangan kepemimpinan.

 

Annual Training Budget Example
Source: Template.net

 

Download di sini

 

Manajemen Pelatihan Efektif Bersama Learning Management System LinovHR

Learning Management System

 

Contoh rencana anggaran ini akan memberikan rincian kepada perusahaan tentang penggunaan biaya untuk mengadakan pelatihan. Di dalam anggaran ini, manajerial perusahaan bisa melihat secara rinci apa saja pengeluaran yang diperlukan untuk melakukan pelatihan.

Terkadang, karena budget yang dirasa terlalu besar namun hasil yang kurang efektif, beberapa perusahaan enggan untuk mengadakan pelatihan untuk karyawan.

Tentu ini bukanlah hal baik untuk pengembangan skill dan kompetensi karyawan.

Agar perusahaan dapat melakukan training yang lebih efektif dari segi biaya, pelatihan menggunakan Learning Management System (LMS) LinovHR bisa menjadi solusi terbaik.

 

LMS LinovHR menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu perusahaan menghemat anggaran pelatihan dan meningkatkan efisiensi prosesnya. Salah satu keuntungan utama menggunakan Software LMS LinovHR adalah kemampuan untuk melakukan pelatihan secara online

Dengan menggunakan platform ini, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menyelenggarakan pelatihan tatap muka, seperti biaya transportasi, penginapan, atau konsumsi.

Pelatihan dapat dilakukan secara daring melalui website perusahaan atau juga ESS LinovHR yang bisa diakses di smartphone, sehingga dapat menghemat biaya operasional yang signifikan.

 

Selain itu, dengan LMS LinovHR, perusahaan juga dapat menambahkan materi pelatihan baru kapan saja. Platform ini memungkinkan manajer pelatihan atau departemen SDM untuk dengan mudah mengunggah konten baru ke sistem, seperti materi presentasi, video pelatihan, atau bahan bacaan. 

Dengan demikian, perusahaan dapat terus memperbarui dan meningkatkan kurikulum pelatihan mereka sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan terbaru di industri.

 

Lalu, perusahaan juga bisa menilai efektivitas dan perkembangan pelatihan dengan fitur Learning Review. Fitur ini memungkinkan pengawasan yang lebih baik terhadap pelatihan yang dilakukan oleh karyawan. Manajer atau administrator dapat melihat sejauh mana kemajuan dan pencapaian karyawan dalam pelatihan mereka. 

Dengan informasi ini, perusahaan dapat mengevaluasi efektivitas pelatihan, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan memberikan bantuan atau dukungan tambahan kepada karyawan yang membutuhkannya.

 

Memanfaatkan teknologi LMS LinovHR, perusahaan dapat menciptakan program pelatihan yang lebih adaptif, interaktif, dan berkelanjutan. Ayo ajukan demo gratisnya sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter