business process outsourcing

Apa itu Business Process Outsourcing? Ini Pembahasan Lengkapnya!

Dalam perjalanan dan perkembangan bisnis, apakah Anda pernah mendengar istilah Business Process Outsourcing? Sama halnya dengan berbagai faktor lain di dalam dunia yang kompetitif dan serba cepat, bisnis juga membutuhkan keseimbangan.

Itulah mengapa proses bisnis outsourcing sangat penting bagi banyak perusahaan, hingga hal tersebut membuat perusahaan membutuhkan layanan Business Process Outsourcing, atau yang biasa disingkat dengan BPO.

 

Pengertian Business Process Outsourcing

Lalu, apa itu Business Process Outsourcing?

BPO atau Business Process Outsourcing adalah adalah praktik mempekerjakan dan pihak ketiga untuk mengurus proses kerja tertentu untuk bisnis atau perusahaan. Ini dapat mencakup hal-hal seperti konten situs web Anda, penggajian, akuntansi, dukungan pelanggan, pemasaran media sosial, dan banyak lagi. Beberapa tugas yang diperlukan agar bisnis dapat beroperasi dengan efisien di perusahaan, dapat terkendali dengan layanan BPO.

Pelaku bisnis yang terlibat di dalam suatu perusahaan terkadang memilih untuk membangun dan mengelola bisnis mereka sendiri secara mandiri. Namun, proses berjalannya bisnis akan rumit dan tidak lagi efektif jika dikerjakan secara mandiri saat bisnis semakin berkembang. Karena itu, perusahaan perlu mempertimbangkan penggunaan jasa BPO.

Perusahaan dapat menggunakan jasa BPO untuk layanan pelanggan dan pemasaran, hingga internal seperti pembukuan, layanan penggajian, dan dukungan teknologi.

Organisasi di industri lain juga mengadopsi praktik Business Process Outsourcing selama bertahun-tahun, meski awalnya diterapkan hanya untuk industri manufaktur, seperti produsen makanan siap saji yang mengalihdayakan sebagian besar rantai pasokan mereka.

 

Baca Juga: 7 Manfaat Menggunakan Payroll Outsourcing

 

Keunggulan Business Process Outsourcing untuk Perusahaan

Jika dilihat dari strukturnya, Business Process Outsourcing tidak berada di bawah perusahaan melainkan sebagai mitra yang sejajar. Jenis pekerjaan dan segala sesuatu yang menyangkut pelaksanaan alih daya pekerjaan tertuang dalam sebuah kontrak kerjasama.

Banyak perusahaan yang menggunakan jasa BPO tentu karena banyaknya keunggulan yang bisa didapatkan oleh perusahaan, antara lain:

 

1. Hemat Waktu dan Biaya

Biasanya, HRD di suatu perusahaan mengharuskan setiap karyawan baru yang masuk untuk mengikuti training, yang bisa saja memakan waktu beberapa hari dan juga biaya tertentu. Jika perusahaan menggunakan sistem kerja sama dengan BPO, maka tidak perlu melakukan training sendiri.

Perusahaan hanya memakai tenaga kerja yang sudah siap sehingga tidak perlu membuang waktu dan biaya untuk training, karena jasa outsourcing yang akan melakukan training kepada karyawan mereka sebelum diserahkan kepada perusahaan.

 

2. Kontrak Kerja yang Jelas

Saat bekerja sama, jasa outsourcing perusahaan telah membuat kontrak yang jelas, seperti urusan kontrak karyawan. Sesuai dengan kontrak yang ada, perusahaan sebagai user hanya tinggal menggunakan jasanya saja. Termasuk juga perusahaan bisa meminta kepada jasa outsourcing untuk menggantikan karyawan dengan kandidat yang lain ketika perusahaan merasa ada yang tidak sesuai pada karyawan tersebut.

 

3. Fokus pada Pekerjaan Inti

Kegiatan operasional di dalam sebuah perusahaan khususnya perusahaan besar tentu banyak dan sangat kompleks yang membutuhkan fokus tinggi. Beruntung, ada beberapa jenis pekerjaan di perusahaan yang sifatnya non primer atau pendukung saja sehingga bisa diserahkan kepada pihak lain untuk mengerjakannya.

Perusahaan bisa lebih fokus pada pekerjaan intinya dengan mengalihkan sebagian pekerjaan kepada pihak ketiga melalui sistem Business Process Outsourcing. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu kewalahan mengurusi hal-hal administratif yang bukan bagian inti dari bisnis mereka.

 

4. Kemajuan Kualitas Pelayanan

Bila perusahaan fokus pada pekerjaan intinya, pengaruh positif pun akan berpengaruh pada kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Karena dengan puasnya pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan, maka semakin maju pula reputasi perusahaan.

 

5. Produktivitas dan Efisiensi Meningkat

Perusahan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara keseluruhan dengan penggunaan alih daya pekerjaan melalui Business Process Outsourcing, jika sebagian perusahaan non primer sudah dialihkan kepada jasa outsourcing.

Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan dapat memangkas cukup banyak alokasi anggaran untuk bagian atau jenis pekerjaan non primer. Hal ini tentu merupakan langkah tepat demi meningkatkan efisiensi biaya pada perusahaan.

 

Layanan yang Tersedia di Business Process Outsourcing

Selain keunggulan dari Business Process Outsourcing, tentu saja tersedia beragam layanan di BPO yang dapat melaksanakan tugas untuk membantu perusahaan, antara lain:

 

1. Business Process Outsourcing Membantu Proses Akuntansi

Dalam proses pembukuan, penyusunan, pengisian dan pelaporan pajak, tentu saja membutuhkan ahli atau konsultan yang mampu di bidangnya yang bisa jadi juga menghabiskan banyak waktu dan uang. Perusahaan akan menghemat waktu dan uang dengan memanfaatkan BPO.

 

2. Membantu Bidang Teknologi

Apabila perusahaan yang baru merintis dan membutuhkan ahli teknologi atau IT, keputusan menggunakan BPO adalah pilihan yang tepat karena hal ini dapat menghemat biaya.

 

3. Business Process Outsourcing Membantu Pekerjaan Kreatif

Jika perusahaan membutuhkan Sumber Daya Manusia atau SDM kreatif, penggunaan jasa BPO juga merupakan hal yang tepat. Tenaga kerja tersebut dapat memberikan layanan dalam mendesain gambar maupun situs, media cetak dan online, penulisan konten, serta berbagai hal kreatif demi memajukan perusahaan. 

 

4. Membantu Proses Rekrutmen

Bagi beberapa perusahaan, proses rekrutmen ini dinilai banyak memakan banyak waktu karena harus menyeleksi banyak orang, memberikan training serta meninjau pekerjaan. Dengan Business Process Outsourcing, pekerjaan perusahaan akan banyak terbantu.

 

Baca Juga: 10 Kemampuan Modul Payroll LinovHR untuk Manajemen Kompensasi

 

LinovHR: Solusi Outsource Pengelolaan Payroll

Penyedia jasa pun semakin berjamur seiring dengan berkembangnya kebutuhan outsourcing, salah satunya adalah payroll outsourcing. Pada modul Payroll LinovHR, terdapat fitur payroll outsourcing yang dapat dimanfaatkan untuk mengefektifkan manajemen perusahaan, dan juga akan menjamin kerahasiaan dan keamanan data perusahaan. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika data akan hilang, rusak, atau bocor.

Dengan memanfaatkan Modul Payroll dari Software HRD LinovHR, Anda tidak akan kewalahan dalam hal penggajian rutin setiap bulan, pembuatan laporan penggajian bulanan dan tahunan, perhitungan irregular seperti THR, bonus, hingga pembuatan slip gaji seluruh karyawan, karena akan terminimalisir dengan baik.

Ingin mengefektifkan manajemen payroll perusahaan Anda? Gunakan segera Modul Payroll dari Software HRD Indonesia LinovHR sekarang juga!