manajemen kompensasi

10 Kemampuan Modul Payroll LinovHR untuk Manajemen Kompensasi

Manajemen kompensasi adalah proses pengelolaan, menganalisis, dan menentukan gaji, insentif, serta tunjangan yang akan diterima karyawan.

Agar pekerjaan tersebut bisa dilakukan secara baik, seorang manajer kompensasi akan menarik, mempertahankan, dan melibatkan para karyawan dengan memberikan penawaran rencana kompensasi yang sesuai dengan anggaran perusahaan.

Tujuan dilakukannya manajemen kompensasi dalam perusahaan adalah memastikan bahwa setiap karyawan bisa mendapatkan gaji secara adil berdasarkan performa kerja, posisi, tanggung jawab, pengalaman kerja, serta anggaran perusahaan.

Maka dari itu agar hal tersebut bisa berjalan dengan lancar, tentunya perusahaan memerlukan perangkat atau alat pendukung yang dapat membantu dalam mengelola kompensasi karyawan. Salah satu perangkat lunak terbaik yang dapat diandalkan perusahaan adalah Modul Payroll dari LinovHR.

Lalu apa saja yang dapat dilakukan Modul Payroll LinovHR untuk melakukan pengelolaan manajemen kompensasi dalam perusahaan?

 

Menyimpan Seluruh Data Bank

Dalam urusan payroll, perusahaan akan membutuhkan kerja sama dengan pihak bank. Maka dari itu, modul Payroll memiliki kemampuan untuk menyimpan seluruh informasi data bank yang berkaitan untuk proses penggajian karyawan.

 

Menyimpan Seluruh Metode Pembayaran Finansial

Selain menyimpan data bank, modul ini juga dapat menyimpan seluruh metode pembayaran yang dilakukan saat transaksi finansial perusahaan. Sehingga admin payroll tidak perlu repot lagi dan mempercepat proses pembayaran.

 

Mengelompokkan Komponen Payroll

Saat proses payroll, terdapat beberapa kode akuntansi yang akan digunakan. Agar memudahkan dalam proses pengerjaan, Payroll LinovHR memiliki fitur yang dapat menggabungkan atau mengelompokkan kode akuntansi.

 

Melakukan Pengelolaan Gaji Beserta Komponennya

Saat akhir periode, admin payroll akan sibuk mengurusi penggajian karyawan agar tidak terjadi keterlambatan penggajian. Melalui Modul Payroll LinovHR, Anda bisa memanfaatkan fitur Payroll Component untuk mengelola gaji beserta komponen lainnya yaitu tunjangan transportasi, tunjangan makan, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, asuransi, beserta jaminan lainnya.

 

Baca Juga: Tips untuk Mengoptimalkan Pengelolaan Kompensasi dan Benefit

 

Mengatur Proses Pembayaran Gaji

Untuk melakukan proses pembayaran gaji, terdapat fitur Payroll Group untuk melakukan pengelompokkan komponen payroll yang selanjutnya dapat digunakan untuk mengatur proses pembayaran gaji mulai dari periode, jadwal, hingga metode pembayaran gaji, pajak, dan lainnya.

 

Mengelompokkan Karyawan Berdasarkan Gaji yang Diterimanya

Dalam sebuah perusahaan pastinya memiliki jumlah karyawan yang banyak dengan jumlah gaji yang berbeda-beda. Agar memudahkan admin payroll dalam hal pembayaran gaji, Anda bisa memanfaatkan menu Employee Set.

Menu ini berfungsi untuk mengelompokkan karyawan tertentu berdasarkan penerimaan gaji yang sama yang telah ditentukan oleh perusahaan.

 

Melakukan Perhitungan Payroll

Setelah mengumpulkan seluruh komponen yang dibutuhkan untuk menghitung gaji, admin payroll akan menghitung jumlah gaji pada masing-masing karyawan. Dengan menggunakan fitur Payroll Process, perusahaan bisa melakukan proses perhitungan payroll secara otomatis melalui 4 jenis proses.

Proses pertama adalah standard yang digunakan untuk menghitung gaji pada periode berjalan. Proses selanjutnya adalah THR, Severance, dan yang terakhir adalah Retroactive atau rapel gaji.

 

Membuat Laporan Penggajian

Dengan fitur E-Payroll yang terdapat dalam modul ini, Anda bisa membuat laporan penggajian atau payroll sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Fitur ini bisa menyediakan file-file yang dibutuhkan sehingga menghasilkan laporan payroll yang akurat.

 

Mencetak Slip Gaji

Setelah mengirim gaji kepada para karyawan, Modul Payroll juga mampu untuk membuat slip gaji yang dapat digunakan oleh karyawan. Slip gaji ini akan tersedia dalam bentuk softcopy dengan format .pdf sehingga mereka bisa mendownload dan mengeprintnya.

 

Melihat Simulasi Pembayaran Pajak Selama Satu Tahun

Pada modul Payroll LinovHR, terdapat fitur Tax Calculator yang dapat dimanfaatkan untuk melihat simulasi pembayaran pajak perusahaan selama satu tahun. Melalui fitur ini, perusahaan bisa melakukan pembayaran pajak secara baik.

 

Baca Juga: Definisi Comben dan Fungsinya dalam Perusahaan

 

Dengan memanfaatkan Modul Payroll dari Software HRD LinovHR, tentunya perusahaan bisa mengefektifkan manajemen kompensasi. Seluruh proses pengerjaan dapat dilakukan secara otomatis sehingga dapat mengefisiensi waktu pengerjaan.

Selain itu, modul ini juga dapat membantu dalam menyajikan data yang akurat. Dengan begitu, kesalahan yang sering dilakukan oleh admin payroll dalam mengurusi kompensasi karyawan akan terminimalisir. Perusahaan juga tidak perlu khawatir jika data akan hilang, rusak, atau bocor, karena LinovHR akan menjamin kerahasiaan dan keamanan data perusahaan.

Ingin mengefektifkan manajemen kompensasi perusahaan Anda? Segera gunakan Modul Payroll dari Software HRD Indonesia LinovHR sekarang juga!