cara belajar efektif

Cara Belajar Efektif untuk Menjadi Karyawan Unggulan

Dalam sepanjang hayat seorang manusia tidak pernah dilepaskan dari belajar, bahkan jika manusia berstatus sebagai seorang karyawan. Perubahan dalam lingkungan bisnis membuat karyawan juga harus mampu beradaptasi demi memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan.  Belajar dalam perusahaan juga diperlukan bagi karyawan yang baru saja bekerja di perusahaan tersebut untuk beradaptasi dengan baik.  Dengan demikian, dapat katakan bahwa setiap karyawan wajib belajar selama ia masih aktif bekerja. 

Beberapa karyawan seringkali mengeluhkan berbagai macam hal yang mereka perlu pelajari di perusahaan. Padahal, belajar adalah salah satu cara bagi karyawan untuk mampu beradaptasi di lingkungan kerja yang dinamis. Jangan khawatir. Di bawah ini adalah tips cara belajar efektif yang dapat dilakukan karyawan di lingkungan kerjanya. Apa saja yang dapat karyawan lakukan? 

 

Berbagi Ilmu dengan Orang Lain

Mungkin Anda memang belum terlalu ahli dalam suatu hal. Namun, bayangkan jika Anda mampu berbagi dan mengajari ilmu tersebut dengan orang lain. Lakukan diskusi atau sekedar sharing mengenai pekerjaan dengan rekan kerja. Jika Anda rutin untuk berbagi dan berdiskusi tentang pekerjaan, maka akan mempercepat pembelajaran dan mengingat lebih banyak atas pekerjaan dan ilmu yang Anda pelajari. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Washington University, mengajar dan berbagi ilmu dapat membuat Anda terlibat dalam pendekatan yang lebih efektif untuk belajar daripada mereka yang hanya belajar untuk lulus tes. Jadi, jangan suka pelit ilmu, ya! 

 

Pelajari Sesuatu Hanya 60 Menit

Durasi waktu yang terbaik untuk belajar adalah mendedikasikan 30-60 menit untuk materi baru. Sesi belajar singkat namun rutin jauh lebih baik daripada durasi yang lama. Belajar di bawah 30 menit tidaklah cukup. Tetapi, jika Anda belajar sesuatu lebih dari 60 menit, otak akan terlalu banyak terlalu banyak memproses informasi dan pada akhirnya Anda akan merasa kesulitan untuk memahaminya. Jangan lupa untuk melakukan istirahat selama 5-10 menit untuk merilekskan otot-otot tubuh agar lebih fresh. 

 

Baca Juga: Teknik Pomodoro untuk Tingkatkan Fokus Selama Bekerja

 

Tulis Catatan di Kertas

Meskipun lebih cepat membuat catatan di laptop, menggunakan pena dan kertas akan membantu Anda belajar dan memahami dengan lebih baik. Penelitian di Princeton University dan UCLA menemukan bahwa siswa yang membuat catatan dengan tangan mendengarkan lebih aktif dan mampu mengidentifikasi konsep-konsep penting. Membuat catatan di laptop akan membawa pada transkripsi tanpa gagasan serta peluang kemunculan distraksi.

 

Ubah Cara Latihan

Jika sedang mempelajari keterampilan atau pekerjaan, jangan lakukan hal yang sama berulang kali. Membuat sedikit perubahan selama sesi latihan dan belajar akan membantu Anda menguasai lebih cepat daripada melakukannya dengan cara yang sama setiap waktu. Dalam sebuah penelitian terhadap orang yang mempelajari keterampilan motorik berbasis komputer, mereka yang mempelajari keterampilan dan kemudian menjalani sesi latihan yang sedikit dimodifikasi menunjukkan kinerja yang lebih baik daripada mereka yang mengulangi tugas dengan cara yang sama berulang kali.

 

Menentukan Tujuan

Menetapkan sasaran membantu Anda tetap fokus pada keterampilan dan ilmu yang ingin Anda pelajari sehingga Anda tidak terganggu hal lain di luar materi. Terlebih lagi, penetapan tujuan menyajikan arahan yang sangat dibutuhkan serta jalur yang jelas untuk pengambilan keputusan. Saat merumuskan tujuan dalam belajar jobdesk maupun suatu bidang keilmuan, ingatlah untuk mengikuti rumusan S.M.A.R.T. Rumusan dibawah ini membuat Anda bertanggung jawab dan tetap termotivasi.  

  1. Specific  (spesifik)
  2. Measurable (terukur)
  3. Achievable (bisa dicapai)
  4. Relevant (cocok dengan pekerjaan)
  5. Time (mempunyai batas waktu)

 

Baca Juga: Metode SMART dan Pengaruhnya dalam Pencapaian Tujuan

 

Manfaatkan Teknologi

Proses belajar lebih mudah diakses berkat bantuan teknologi. Anda dapat mempelajari ilmu dan memperbaharuinya melalui podcast, e-book, dan platform pendidikan online yang tersebar secara gratis kapan pun Anda inginkan. Ini berarti Anda dapat belajar lebih cerdas dan lebih cepat serta hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mendaftar kursus. 

 

Komunikasikan Kepada Perusahaan

Hal terpenting tentang belajar di tempat kerja adalah bagaimana hal itu mempengaruhi kinerja. Beberapa perusahaan akan memiliki infrastruktur dan proses yang terintegrasi untuk membantu Anda belajar, sementara yang lain akan percaya bahwa Anda dapat mempelajarinya dengan mandiri. Apapun yang diberikan oleh perusahaan, mengkomunikasikan cara belajar efektif akan mempercepat pertumbuhan dalam pembelajaran sembari menambah budaya lingkungan kerja untuk terus belajar.

 

Itulah cara belajar efektif yang Anda dapat terapkan dalam lingkungan kerja Anda. Tidak ada suatu hal yang langsung terjadi begitu saja. Begitu pula dengan kemampuan atas keterampilan dan bidang ilmu tertentu. Jadi, tetaplah belajar secara kontinu dan bersabar dengan waktu yang ada. Karena, siapa tahu esok hari Anda akan lebih mahir dan mampu mengembangkan karir jauh lebih excellent.