opportunity cost

Opportunity Cost: Pengertian dan Cara Hitung dalam Produksi Perusahaan

Transaksi dan strategi bisnis yang dilakukan perusahaan selalu melalui pertimbangan matang. Hal itu dikarenakan setiap pilihan ada keuntungan dan kekurangan masing-masing.  Saat perusahaan memilih salah satu strategi atau cara, perusahaan akan kehilangan manfaat dari alternatif strategi lain. Pertimbangan ini merujuk ke suatu istilah yang tak asing di dunia ekonomi dan bisnis, yaitu opportunity cost.  

Pengertian Opportunity Cost

Kebutuhan manusia tak terhingga dan selalu butuh sesuatu yang lebih. Namun, manusia tidak bisa mendapatkan itu semua dan harus menentukan pilihan atau prioritas yang dipilih. Dengan demikian, dalam pemikiran ekonomi manusia diharuskan untuk menyerahkan atau mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan hal tertentu.   Opportunity cost adalah biaya yang diukur berdasarkan keuntungan dari alternatif yang tidak dipilih. Opportunity cost dapat diartikan sebagai biaya peluang yang  berperan sebagai pengorbanan alternatif untuk mendapatkan alternatif  lain. 

 

Contoh opportunity cost dalam kehidupan sehari hari dapat dilihat saat seorang fresh graduate lulus kerja. Si A adalah fresh graduate yang tinggal di Bandung dan  mendapatkan tawaran pekerjaan sebagai akuntan junior di perusahaan ternama di Jakarta dengan gaji sebesar Rp 6000.000. Sementara perusahaan di kota tempatnya tinggal menawarkan gaji sebesar RP 5.000.000 dengan posisi yang sama.Dengan berbagai pertimbangan mengenai biaya kos dan ingin tinggal dekat keluarga, akhirnya si A memilih bekerja sebagai akuntan junior di Bandung daripada merantau ke Jakarta. Dengan demikian, si A menghilangkan peluang untuk bekerja dengan gaji lebih besar.

 

Baca Juga: Cara Hitung HPP dalam Perusahaan Manufaktur dan Dagang

 

Cara Menghitung Opportunity Cost untuk Produksi

Ilustrasi di atas adalah mengenai bagaimana peluang digunakan dan lihat dari kehidupan sehari-hari. Bagaimana jika opportunity cost dilihat dari produksi perusahaan? Untuk hal ini, diperlukan beberapa perhitungan. Menghitung biaya peluang dalam produksi dapat dilakukan dengan cara tertentu.  Cara menghitung biaya peluang dapat dilihat dengan menghitung selisih antara pengembalian yang diharapkan dari setiap pilihan alternatif. Rumus tersebut dapat dihitung dengan: 

Opportunity Cost = FO – CO

 

FO adalah forgone option, yaitu nilai alternatif yang tidak dipilih. Sedangkan yang dimaksud dengan CO adalah chosen option, yaitu nilai alternatif yang dipilih. Jika CO bisa memberikan keuntungan daripada biaya FO, maka perusahaan  memperoleh untung atau profit dari pilihan tersebut. Namun, jika CO membutuhkan biaya yang besar dan tak memberikan keuntungan yang lebih besar daripada FO, maka perusahaan keliru dalam memilih alternatif. 

 

Mengapa Perlu Menghitung Opportunity Cost? 

Menghitung biaya peluang dalam dunia bisnis  memberikan manfaat tersendiri. Salah satu keuntungan dari biaya peluang adalah perusahaan mampu mengetahui modal yang diperlukan. Modal menjadi faktor penting dalam kelangsungan hidup perusahaan. Dengan modal yang cukup maka perusahaan dapat mempersiapkan diri memilih peluang terbaik untuk bisnis dan perusahaan.  Biaya peluang bisa membantu perusahaan untuk membuat prediksi tentang modal yang harus dipegang sebelum memulai bisnis atau memberikan inovasi perusahaan 

Selain mengetahui modal, biaya peluang juga mengajarkan tentang prioritas. Peluang pada dasarnya terjadi ketika perusahaan memilih salah satu kemungkinan dari pilihan yang berbeda kesempatan yang tersedia. Pilihan peluang yang meningkatkan biaya kesempatan ini akan mengajarkan perusahaan lebih memahami tentang prioritas dan memahami apa kebutuhan utama perusahaan. Dengan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia maka perusahaan memiliki kesempatan untuk mengembangkan peluang bisnis yang telah dipilih. 

Oleh karena itu, sebagai seorang pimpinan  pengusaha harus bijak dalam memilih pilihan. Memilih dengan bijak membuka kesempatan lebih maju di masa depan. Keuntungan yang lain adalah  lain adalah efisiensi biaya. Perusahaan dapat memilih peluang terbaik dengan biaya terendah. Pilihan peluang dengan biaya terendah yang dapat memberikan hasil maksimal bagi perusahaan akan menghemat pengeluaran dan lebih ekonomis. 

Setiap pilihan tentu saja ada resikonya. Selain terkait dengan biaya, hal lain yang bisa diambil dari opportunity cost adalah meminimalkan faktor resiko. Setiap pilihan atau alternatif memiliki resiko, perusahaan akan memilih pilihan dengan resiko rendah dan mempertanggungjawabkan pilihan serta mempertahankan kondisi perusahaan jika sewaktu-waktu risiko tersebut muncul. 

 

Berdasarkan opportunity cost, perusahaan harus selektif dalam menentukan banyak pilihan yang ada di hadapannya. Hal ini berkaitan dengan pengambilan keputusan dan perkembangan perusahaan di masa mendatang. Maka dari itulah perusahaan wajib menentukan keputusan yang akurat demi masa depan perusahaan. Pengambilan keputusan perusahaan dapat dilakukan dengan akurat dan tepat menggunakan Software HRD dari LinovHR. 

Perusahaan pun tak perlu memusingkan menghitung opportunity cost dari banyak peluang dan alternatif karena dapat dihitung secara otomatis.  Seluruh data dan informasi dapat dikelola secara komprehensif di dalam sistem dan menghasilkan informasi yang akurat, sehingga perusahaan dapat memilih langkah dan strategi terbaik untuk perusahaan tanpa perlu khawatir dengan hal-hal yang bersifat teknis dan administratif. Ingin merasakan kemudahan dalam mengambil keputusan paling tepat di perusahaan Anda? Hubungi LinovHR dan coba gratis Software HRD dari LinovHR!