knowledge sharing

Cara Membangun Knowledge Sharing yang Efektif

Untuk meningkatkan skill serta kapabilitas karyawan, knowledge sharing adalah hal penting yang tidak boleh terlupakan. Namun proses pertukaran ilmu tersebut masih suka diabaikan dalam lingkungan kerja, padahal hal tersebut menjadi salah satu faktor utama untuk melancarkan proses kerja.

 

Namun apakah Anda masih asing dengan istilah knowledge sharing?

Apa itu Knowledge Sharing?

Knowledge sharing adalah sebuah aktivitas di mana terdapat pertukaran pengetahuan yang terdiri dari informasi, keterampilan, dan keahlian dengan sesama teman atau rekan kerja di dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Proses pertukaran pengetahuan ini dapat dilakukan melalui beberapa saluran seperti percakapan dengan rekan kerja, rapat kerja, sesi pembelajaran, atau media komunikasi lainnya. Sebab pengetahuan merupakan aset terpenting dalam berbagai aspek yang tidak terwujud untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan yang kompetitif.

 

Baca Juga : 3 Alasan Learning Culture Penting Dalam Lingkungan Perusahaan

 

Cara Membangun Knowledge Sharing di Lingkungan Kerja

Jika hanya satu orang yang memiliki knowledge tertentu tanpa adanya pembelajaran kepada karyawan lain akan sangat merepotkan perusahaan. Sebab, bisa saja sewaktu-waktu karyawan dengan wawasan yang baik tersebut harus meninggalkan perusahaan. 

Simak cara membangun knowledge sharing di bawah ini! 

 

Tata Ruangan Kerja Secara Terbuka

Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengatur tata letak ruangan kerja secara terbuka tanpa adanya sekat pemisah. Cara ini dibuat dengan tujuan agar setiap karyawan bisa saling berinteraksi dengan mudah atau ingin bertanya dengan karyawan lain.

Pengaturan tata letak ruangan kerja yang seperti ini juga dapat memudahkan mereka pada saat knowledge sharing. Sehingga karyawan bisa tetap bekerja secara nyaman dan efektif dan saling bertukar ilmu atau informasi.

 

Meningkatkan Kolaborasi Lintas Divisi

Setiap divisi dalam perusahaan pastinya akan saling bekerja sama untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Agar hal tersebut bisa diwujudkan secara maksimal,  tingkatkanlah kolaborasi yang efektif lintas divisi. Kolaborasi yang dilakukan akan menimbulkan pertukaran wawasan serta ide dari masing-masing divisi yang akan berguna pada saat proses kerja.

Selain itu, cara ini akan bisa memudahkan tiap divisi untuk menyelesaikan pekerjaannya secara cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Tingkatkan Keterlibatan Karyawan

Untuk meningkatkan keterlibatan karyawan tidak hanya bisa dilakukan melalui agenda rapat. Memang agenda rapat yang rutin adalah waktu yang tepat untuk saling bertukar ide agar bisa menghasilkan sebuah jawaban.

Namun, Anda bisa mengadakan diskusi secara santai dan formal untuk meningkatkan keterlibatan karyawan. Dengan cara ini, setiap karyawan akan lebih rileks dalam mengutarakan ide serta gagasan yang mereka punya sehingga terjadi knowledge sharing antara sesama karyawan atau karyawan dengan atasan.

 

Mendorong dan Menanamkan Pola Pikir yang Benar

Menurut laporan Future of Work Research, 83% para karyawan akan merasa lebih bahagia di tempat kerja ketika mereka dapat berbagi pengetahuan dan membantu orang lain. Maka dari itu, sangat penting untuk menanamkan pola pikir yang benar untuk menyebarkan hal-hal positif kepada sesama rekan kerja.

 

Berikan Contoh Sebagai Pemimpin Handal

Menjadi seorang pemimpin dalam perusahaan atau organisasi merupakan sebuah tanggung jawab yang besar. Karena selain dituntut untuk mengemban tanggung jawab yang besar, mereka juga harus bisa menjadi contoh yang baik untuk para bawahan atau anggotanya. Selain itu, pemimpin harus pula memiliki wawasan yang luas untuk mengarahkan anggota dalam menjalankan tugas.

Pemimpin harus secara terbuka bisa berbagi ilmu serta pengalaman kesuksesan dan kegagalannya untuk mendorong para anggotanya melakukan hal yang sama atau bahkan lebih.

Saat ini berbagai cara dapat dilakukan untuk saling berbagi ilmu serta informasi, baik dilakukan secara formal maupun informal. Di dalam lingkungan kerja, proses pengembangan ilmu serta skill merupakan hal yang penting untuk melancarkan tugas dan kewajiban dalam kantor.

Untuk mensukseskan proses knowledge sharing dalam lingkungan kerja, pemanfaatan software HRD berbasis cloud merupakan pilihan yang tepat. Saat ini sudah banyak vendor software HRD yang mendukung program pelatihan dan pengembangan karyawan. Agar tidak salah memiliki, Software HRD LinovHR melalui modul Learning and Development adalah solusi terbaik untuk membangun knowledge sharing perusahaan.

Modul Learning and Development dari LinovHR memiliki fungsi untuk mengelola seluruh hal yang berkaitan dengan kegiatan pengembangan dan pembelajaran dalam perusahaan untuk meningkatkan skill, kapabilitas, serta kompetensi karyawan.

 

Baca Juga : 5 Trend Learning And Development di Tahun 2021

 

Knowledge sharing menjadi suatu kegiatan yang penting dalam perusahaan, karena ilmu atau wawasan yang mereka miliki dapat melancarkan pekerjaan mereka dan bisa saling bertukar ilmu dengan sesama rekan kerja. Sehingga hal ini akan memberikan dampak baik untuk karyawan dan perusahaan.