mobile presensi

Ketahui Mengapa Perusahaan Butuh Mobile Presensi

Fleksibilitas adalah sebuah keharusan sebuah perusahaan hari ini. Semakin fleksibel sebuah perusahaan maka akan semakin produktif. Untuk menjadi perusahaan yang menjunjung fleksibilitas, perusahaan harus mengadopsi teknologi dalam kegiatan perusahaan, termasuk juga dalam sistem absensi.

Saat ini ada banyak sekali perusahaan yang sudah mulai untuk melakukan perubahan, yaitu dengan mengganti sistem absensi lama menjadi yang baru dengan nama mobile presensi.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa perusahaan membutuhkan sebuah mobile presensi?

Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan lengkapnya dari LinovHR di bawah ini!

 

Apa Itu Mobile Presensi

Mobile presensi adalah sebuah sistem yang melakukan pencatatan kehadiran karyawan secara online melalui aplikasi atau software yang dapat diunduh pada smartphone penggunanya.

Penggunaan mobile presensi dinilai lebih praktis dan fleksibel dalam melakukan pencatatan kehadiran. Hal ini karena mobile presensi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sesuai dengan kondisi dan keadaan dari karyawan yang melakukan absen.

Kehadiran aplikasi absensi mobile menjadi sebuah solusi dari keadaan yang ada saat ini, di mana karyawan dituntut untuk tetap produktif meskipun tidak bekerja di kantor sekalipun.

Absensi merupakan hal yang penting di dalam perusahaan. Sebab data yang ditampilkan akan digunakan untuk dasar penggajian, pemberian cuti, dan kepentingan lainnya. Maka dari itu perusahaan perlu untuk mempertimbangkan untuk menggunakan sistem absensi satu ini.

 

Baca Juga: Sistem Presensi Secara Online Dapat Menyenangkan Karyawan

 

Mengapa Perusahaan Harus Beralih Menggunakan Mobile Presensi

Mungkin muncul sebuah pertanyaan di benak Anda, mengapa perusahaan harus beralih untuk menggunakan mobile presensi?

Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan ini adalah karena mobile presensi dapat memberikan kemudahan dan fleksibilitas kepada karyawan dan juga perusahaan dalam melakukan kegiatan absen.

Jika jawaban tersebut belum cukup memuaskan Anda, berikut ini penjabaran lebih detail mengenai mengapa perusahaan harus beralih menggunakan mobile presensi: 

 

  1. Praktis dan Simpel

Tidak bisa dipungkiri lagi jika absensi manual sangat menyita waktu dan tenaga. Terutama untuk jenis industri yang memang menuntut pekerjanya untuk sering berada di lapangan ketimbang di kantor. Sehingga praktis dan simpel adalah sebuah keharusan.

Sedangkan mobile presensi menghilangkan kerumitan itu dengan memberikan Anda hal yang praktis dan simpel dalam hal absensi karyawan. Proses absensi tidak lagi memakan waktu cukup hanya bermodalkan smartphone yang dimiliki oleh karyawan.

 

  1. Cocok untuk Semua Sistem Kerja

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa mobile presensi memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. Sehingga presensi satu ini bisa cocok untuk banyak sistem kerja yang dimiliki oleh setiap perusahaan.

Bila sistem kerja di perusahaan Anda mengharuskan para karyawan untuk bekerja secara remote, maka presensi satu ini sangat cocok dan dapat menunjang sistem yang Anda terapkan secara efektif dan efisien. Dengan absensi mobile, karyawan juga jadi lebih terpantau.

 

  1. Aman dan Akurat

Mobile presensi umumnya sudah terintegrasi dengan sistem cloud yang terpercaya. Sehingga, data-data yang bersifat pribadi dan sensitif mengenai karyawan Anda, dapat tersimpan dengan baik dan aman di sistem cloud tersebut.

Selain itu, risiko terjadinya human error dalam melakukan perhitungan absensi dapat diminimalisir sangat jauh. Sebab proses rekapitulasi karyawan dilakukan secara otomatis dan data yang ditampilkan umumnya bersifat real-time.

 

  1. Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Membeli sebuah mesin absensi untuk perusahaan membutuhkan biaya yang besar. Terlebih mesin tersebut harus dilakukan pemantauan, pemeliharaan, dan juga pembaruan. Tentu perusahaan harus mengeluarkan budget ekstra untuk hal-hal tersebut.

Berbeda dengan mesin absensi lama, perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mobile presensi. Sebab, presensi mobile terbilang praktis dan modern, sehingga segala bentuk pembaruan, pemeliharaan, dan pemantauan bisa dilakukan melalui sistem yang sudah ada.

 

  1. Terintegrasi dengan Sistem Penggajian

Mobile presensi sudah terintegrasi dengan banyak sistem, salah satunya yaitu sistem penggajian. Ini adalah Salah satu kemudahan dari menggunakan mobile presensi yaitu sistem penggajian karyawan bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan akurat.

Karena umumnya, sistem penggajian dan absensi sudah terikat secara otomatis dengan baik.

 

Baca Juga: Apakah Itu Absensi Berbasis Cloud dan Seperti Apa Keunggulannya?

 

Bagaimana Mobile Presensi Membantu Produktivitas Perusahaan Anda?

Mobile presensi mampu untuk membantu meningkatkan produktivitas perusahaan yang Anda miliki, yaitu melalui berbagai macam cara. Di antaranya:

 

  1. Mencatat Kehadiran Karyawan Secara Akurat

Kegiatan absensi yang dilakukan oleh karyawan melalui smartphonenya akan dimasukan ke dalam sistem dan database yang tersedia. Dengan begitu, daftar kehadiran karyawan bisa dicatat ke dalam sistem secara real-time dan akurat.

 

  1. Memantau Lokasi Absen Karyawan

Sistem mobile presensi sudah dilengkapi dengan geotagging. Sehingga perusahaan dapat dengan akurat mengetahui di mana lokasi karyawan saat melakukan absensi. 

 

  1. Informasi Payroll Karyawan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa sistem absensi menjadi dasar perhitungan dan informasi payroll dari setiap karyawan.

Mobile presensi yang ada saat ini, sudah terintegrasi dengan sistem payroll atau penggajian karyawan. Hal ini tentunya memudahkan perusahaan dalam mendapatkan informasi payroll dari setiap karyawannya.

 

Saatnya Beralih Ke Mobile Absensi dari LinovHR

 

mobile ess

Dengan begitu banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh mobile presensi, sudah  saatnya Anda untuk meninggalkan sistem absensi lama dan beralih ke mobile presensi menggunakan Aplikasi Absensi milik LinovHR!

Aplikasi Absensi dari LinovHR menjawab segala kebutuhan Anda dalam akses presensi karyawan. Mulai dari keperluan absensi yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, baik itu dengan sidik jari (fingerprint) dan juga wajah (face recognition). Sampai sudah sudah terintegrasi dengan sistem payroll. 

Tentu ini akan sangat memudahkan karyawan dan juga HR perusahaan. Mereka jadi bisa bekerja lebih fleksibel dan cepat yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan. 

Anda tidak perlu khawatir lagi dalam memikirkan sistem absensi di perusahaan. Aplikasi absensi LinovHR bisa menjadi solusi dari permasalahan yang Anda miliki. Ajukan demonya sekarang juga, Gratis!

 

Absensi Online
Aplikasi Absensi LinovHR

 

Demikian pembahasan mengenai mobile presensi dan mengapa perusahaan membutuhkannya. Guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan, Anda perlu untuk menerapkan sistem absensi mobile di perusahaan Anda.

Dengan begitu, kegiatan absensi dan juga payroll karyawan bisa dilakukan secara cepat, mudah, dan akurat.