analisis kinerja

Memaksimalkan Analisis Kinerja Lewat Performance Management By LinovHR

Analisis kinerja adalah suatu rangkaian proses untuk mempelajari dan mengevaluasi kinerja pada skenario tertentu untuk membandingkan dengan tujuan yang akan dicapai. Tujuan dari melaksanakan analisis kinerja ini adalah memantau dan membantu karyawan untuk berkontribusi terhadap proyek atau tugas yang diberikannya.

Untuk melakukan analisis kinerja karyawan yang terukur, penggunaan sistem teknologi seperti halnya yang terdapat pada Modul Performance Management dari LinovHR akan membantu perusahaan Anda agar seluruh proses kerja bisa dilakukan secara efektif dan memberikan hasil yang akurat.

Berikut ini terdapat 3 cara Modul Performance Management melakukan analisis kinerja karyawan perusahaan. Simak pembahasan berikut ini!

 

1. Pengumpulan Data

Pertama, manajemen akan mengumpulkan seluruh data apa saja yang terkait dengan kinerja karyawan. Pengumpulan ini dilakukan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus dikerjakan karyawan. Pada proses ini, Anda bisa menggunakan fitur Goals & KPI yang terdapat pada Modul Performance Management.

 

2. Mereview Data Kinerja Karyawan

Setelah mengumpulkan data yang terkait dengan target yang harus dikerjakan karyawan. Proses selanjutnya adalah mereview data tersebut, cara ini bisa dilakukan dengan fitur Performance Review atau Appraisal.

Fitur Performance Review ini berfungsi untuk melakukan review dari seluruh kinerja karyawan. Review ini akan dilakukan sesuai pada waktu penilaian kinerja yang telah ditentukan perusahaan. Anda bisa menggunakan beberapa macam tipe review yang tersedia dari beberapa sudut pandang yang berbeda, yaitu:

  • Self Review
  • Manager Review
  • Subordinate Review
  • Peer to Peer Review
  • Team Review
  • Internal Review
  • External Review
  • Costum Review

 

performance review

 

3. Melihat Hasil Review

Jika telah selesai melakukan review, terakhir adalah mengolah review tersebut agar bisa menghasilkan hasil akhir. Modul Performance Management akan melakukan pengelolaan review tersebut melalui fitur Result.

Hasil review yang telah dikelola tersebut akan menghasilkan sebuah nilai akhir yang terdiri dari 5 kategori.

  • Distraction, yaitu 0 – 0.9
  • Under Performance, yaitu 1.0 – 1.9
  • Contributor, yaitu 2.0 – 2.9
  • Achiever, yaitu 3.0 – 3.9
  • Rockstar, yaitu 4.0 – 5.0

 

Selain penilaian pada review, fitur ini juga mampu untuk menilai setiap goal & kpi yang sudah dilakukan oleh karyawan. Hasil penilaian yang telah keluar tersebut akan digunakan untuk menganalisis kinerja karyawan apakah terdapat peningkatan atau penurunan. Sehingga, fitur Result dapat membantu HRD untuk menentukan langkah selanjutnya. 

Jika karyawan bisa memenuhi target kerja dengan baik, HRD bisa memberikan reward hingga promosi jabatan. Sebaliknya jika terdapat target kerja yang belum terpenuhi, dapat dilihat hal apa yang menghambat karyawan untuk menyelesaikannya. Dari situ, HRD bisa membantu untuk menemukan solusi atau mengadakan program pelatihan dan pengembangan karyawan.

 

Baca Juga : Pentingnya Perencanaan Kinerja dalam Pengelolaan SDM pada Perusahaan

 

Penggunaan Modul Performance Management dari LinovHR untuk menganalisis kinerja karyawan dapat dilakukan secara mudah dan cepat dan memberikan hasil yang akurat. Karena seluruh rangkaian kerja dilakukan secara otomatis, Anda hanya tinggal mengakses satu sistem saja untuk melakukan berbagai kegiatan seperti analisis kinerja, penilaian kinerja, pemantauan kinerja, dan menentukan Key Performance Indicator pada setiap karyawan.

Berkat bantuan dari Modul Performance Management, perusahaan dan juga HRD bisa menentukan langkah yang tepat untuk membantu dalam meningkatkan kinerja karyawan. Sehingga perusahaan pun bisa mencetak karyawan yang berbakat dan berkualitas yang berdampak kesuksesan perusahaan.

Jadi tunggu apalagi? Maksimalkan analisis kinerja karyawan dengan bantuan dari Modul Performance Management LinovHR.