tugas manajer

Tugas Manajer dalam Memantau Kinerja Karyawan Bersama LinovHR

Salah satu dari sekian banyak tugas manajer adalah pemimpin dan memantau kinerja dalam perusahaan. Manajer perlu berperan aktif untuk mengontrol perkembangan suatu pekerjaan. Peran manajer dalam hal ini sangat penting guna menjaga dan memastikan bahwa perkembangan perusahaan tetap sesuai rencana. Pemantauan kinerja yang menyeluruh dan detail juga mampu menjaga hubungan positif antara karyawan,  perusahaan, investor, dan stakeholder.

 

Mengapa Memantau Kinerja Itu Penting? 

Program kerja perusahaan sangat banyak dari beberapa divisi dan unit kerja. Semua divisi dan unit kerja mempunyai peranan untuk bersama-sama menuju visi dan misi bersama. Pemantauan kinerja yang menyeluruh adalah bukti nyata dari tanggung jawab dan transparansi dari tugas manajer, dimana kedua hal terberat sangat diperlukan untuk menjaga kepercayaan dan keharmonisan kerja. 

 

Bahan Landasan Evaluasi

Perusahaan melakukan evaluasi agar tidak mengulangi kesalahan yang sama atau dapat mengatasi masalah yang hampir serupa di periode mendatang. Biasa evaluasi dilakukan setelah periode program kerja berakhir dan akan ditentukan apakah perusahaan mencapai target atau tidak. Akan tetapi, perencanaan bisa saja berubah saat berjalan jika dibutuhkan. Manajer akan menentukan apakah perubahan strategis perlu dilakukan saat itu juga atau akan dilakukan setelah program kerja berakhir. 

 

Baca Juga: Evaluasi Kinerja Praktis Berkat Software HRD LinovHR

 

Peningkatan Kinerja 

Tugas Manajer adalah memantau kinerja tim secara keseluruhan dan akan mengkomunikasikan hasil pemantauan kepada karyawan.  Cara ini cukup efektif untuk membantu tim memahami ruang lingkup proyek dan tujuan yang akan dicapai. Selain itu, memantau kinerja juga membantu tim untuk bekerja lebih produktif untuk menghasilkan produk atau output yang diharapkan. Dengan begitu karyawan dapat bekerja secara teratur dan selalu berkembang dari waktu ke waktu. 

 

Perwujudan Manajemen yang Sistematis

Memantau kinerja berfungsi sebagai alat untuk memfasilitasi perusahaan dalam mengumpulkan, menyebarkan serta memanfaatkan informasi dan data untuk meningkatkan operasional. Dengan demikian, perusahaan dapat fokus pada tujuan seperti meningkatkan kinerja, menciptakan inovasi, perbaikan yang berkelanjutan, menambah value organisasi, dan sebagainya. Manajemen yang sistematis dapat menciptakan relasi yang konstruktif di antara berbagai pihak di internal maupun eksternal perusahaan.

 

Peranan dan Tugas Manajer dalam Memantau Kinerja 

Setiap perusahaan mempunyai visi dan misi yang ingin dituju. Berdasarkan visi dan misi tersebut, perusahan akan merancang program kerja yang sesuai untuk menuju visi dan misi perusahaan. Sematang apapun sebuah perencanaan, ada saja hambatan dan tantangan yang dihadapi perusahaan. Hambatan dan tantangan yang berasal dari eksternal dan internal perusahaan akan mempengaruhi kinerja perusahaan menuju visi dan misi. Jika dibiarkan, kinerja perusahaan bisa menjauh dari tujuan awal. 

Seorang manajer biasa ditemui dalam divisi, unit kerja, atau departemen dalam perusahaan. Posisi manajer agak lebih tinggi dari karyawan biasa. Namun, tanggung jawab dan tugas manajer jauh lebih berat. Manajer harus dapat memimpin jalannya proyek dan kinerja dalam perusahaan, menyelesaikan masalah secara efisien, serta mengarahkan dan menginspirasi karyawan untuk meningkatkan kinerja. Tanpa seorang manajer, tiap karyawan dalam tim di perusahaan akan kehilangan arah karena tidak ada pihak berwenang yang mengarahkan kinerja secara langsung. 

 

Baca Juga: Seperti Apa Gaya Kepemimpinan Anda?

 

Implementasi perencanaan tak selalu berjalan 100% sesuai dengan rencana awal. Manajer harus mengkoordinasikan perubahan jika ternyata pada prosesnya perencanaan tersebut terpaksa harus diubah dan mengarahkan karyawan untuk selalu bekerja sesuai pada arah semestinya. Salah satu upaya untuk menjaga kinerja karyawan adalah melalui pelatihan dan pengembangan, diskusi seputar pengetahuan profesional, pendelegasian tugas dan lain-lain. Hal itu semata-mata untuk mempertahankan standar manajemen perusahaan. 

Tugas Manajer dalam Memantau dan Evaluasi Kinerja Bersama LinovHR

Memantau kinerja tak lepas dari proses evaluasi. Kedua tahapan tersebut saling melengkapi dan berhubungan satu sama lain. Data dan informasi kinerja yang terpisah-pisah hanya akan menyulitkan manajer. Jumlah program kerja dan tugas yang banyak juga akan menyulitkan tugas manajer untuk memantau kinerja secara menyeluruh, khususnya bila tidak ada sistem yang menampung data dan informasi mengenai perkembangan dan progres kinerja dalam satu kesatuan. 

Software Performance Management dari LinovHR dapat membantu tugas manajer dalam memantau kinerja karyawan dan perkembangan program kerja. Data dan informasi mengenai kinerja tersimpan dan tersusun dalam kesatuan sistem didukung cloud server. Adapun fitur-fitur yang dapat digunakan manajer untuk melakukan pemantauan kinerja dalam Software Performance Management adalah: 

 

Goals & KPI

Goals atau tujuan adalah alat untuk mengetahui sejauh mana kemajuan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sedangkan Key Performance Indicator (KPI) merupakan fitur untuk melakukan penilaian hasil kerja karyawan untuk dapat membantu manajer mengetahui apa yang telah dan sedang karyawan kerjakan. Manajer bisa langsung membandingkan antara goals dan KPI. 

 

Performance Review

Proses review dapat dilakukan sesuai dengan periode yang telah ditentukan perusahaan. Terdapat berbagai jenis review, yaitu; Self Review, Manager Review, Subordinate Review, Peer to Peer Review, Team Review, Internal Review, External Review, dan Custom Review.

 

performance review

Result

Manajer dapat menentukan parameter kinerja apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Tiap parameter mempunyai nilai dan bobot yang bisa dikalkulasikan saat evaluasi. Fitur ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk melihat hasil review kinerja  individu maupun departemen atau unit kerja. nantinya setiap result akan memiliki score performance dengan range yang berbeda-beda. 

 

Engagement

Keterlibatan karyawan sangat penting bagi perkembangan kinerja perusahaan. Fitur ini digunakan untuk mengatur seluruh survei untuk menilai seberapa intens keterlibatan antara karyawan dengan perusahaan, Data dari hasil survey yang terkumpul dapat dijadikan informasi bagi HRD untuk meningkatkan proses keterlibatan karyawan dan perusahan. 

 

Demikianlah penjelasan mengenai tugas manajer dalam memantau kinerja karyawan. Software Performance Management  dari LinovHR dapat memudahkan manajer dalam mengawasi dan memantau kinerja secara tersistematis. Sistematisasi data dan informasi juga membuat manajer mudah untuk mengambil keputusan atau strategi untuk kinerja perusahaan. Coba gratis Software Performance Management dari LinovHR sekarang!