networking

4 Manfaat Networking dan Cara Membangunnya di Dunia Kerja

Networking adalah hal yang patut dipertimbangkan selain kinerja ketika seorang karyawan menginginkan jenjang karir yang lebih bagus. LinkedIn melansir bahwa sekitar 80% profesional berpendapat bahwa networking adalah faktor penting untuk kesuksesan karir.

Tidak hanya berkaitan dengan menjalin hubungan dengan orang lain, networking berhubungan dengan bagaimana membina hubungan bersama orang lain dan mempertahankan hubungan tersebut. Membina hubungan yang tepat akan membantu seorang individu untuk memperoleh jenjang karir yang jauh lebih baik. 

Penasaran bagaimana cara berkenalan dengan orang baru dan mempertahankan koneksi dengan mereka? LinovHR akan menyiapkan bagi Anda bagaimana cara membangun networking di dunia kerja!

 

 

Apa Itu Networking?

Networking adalah jaringan yang terbentuk antara dua orang atau lebih yang muncul dari suatu kesamaan. Kesamaan tersebut bisa berupa kesamaan profesi, minat dan juga kepentingan.

Jaringan ini bermanfaat bagi individu-individu yang ada di dalamnya untuk kelancaran bisnis, pekerjaan dan juga project lainnya. Contohnya, dalam bisnis, jika tergabung dalam suatu jaringan, Anda berpeluang mendapatkan insight bisnis di industri lain yang mungkin tidak didapatkan jika Anda tidak masuk dalam suatu networking.

 

Manfaat Networking

Manfaat Networking
Sumber: Unsplash by Brooke Cagle

 

Terdapat beberapa manfaat dari membentuk jaringan yang bisa didapatkan. Ini diantaranya.

 

1. Mendapatkan Insight

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, orang yang tergabung dalam suatu networking berpeluang mendapatkan insight dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini tentu akan memperkaya pengetahuan bisnis Anda dan bisa sebagai dasar penentuan strategi bisnis.

 

2. Membuka Peluang Pekerjaan Baru

Semakin Anda bergaul dengan banyak orang, semakin terbuka peluang kesempatan kerja yang akan datang. Jika rekan-rekan Anda sudah mengetahui kualitas diri Anda, hal ini akan mempermudah mereka merekomendasikan Anda atas suatu peluang pekerjaan.

 

3. Memperbesar Peluang Naik Jabatan

Hampir mirip dengan peluang pekerjaan, Anda juga semakin mudah untuk mendapatkan promosi jika rekan-rekan Anda mengakui kualitas Anda. Hal ini tentu perlu usaha lebih karena Anda harus bekerja keras dan membuktikan kualitas pekerjaan Anda.

 

4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Memiliki networking yang banyak dan beragam dapat meningkatkan kualitas diri salah satunya dalam berkomunikasi.

Ini dikarenakan Anda akan bertukar ide dengan berbagai orang yang berbeda latar belakang, atau bahkan mungkin bahasa. Jadi memungkinkan bagi Anda untuk belajar menyampaikan ide dengan orang yang beragam.

 

Cara Membangun Networking di Dunia Kerja

membangun networking
Sumber: Unsplash by Headway

 

Terdapat beberapa cara bagi Anda yang ingin memulai membangun networking khususnya di dunia kerja. Berikut beberapa caranya.

 

1, Gunakan Referensi

Cara terbaik dan termudah untuk bertemu orang baru adalah referensi. Yang dimaksud dengan referensi adalah mengenai orang baru berdasarkan pengenalan oleh orang yang telah kita kenali sebelumnya.

Ketika impressi orang pertama yang mengenai Anda cukup baik, maka Anda tidak perlu ragu dengan impressi orang baru yang mengenali Anda. Ucapkan nama dengan santai namun meyakinkan sembari tersenyum ramah kepada orang baru. 

 

2. Kenali Lingkungan Sekitar

Anda harus mengenali lingkungan sekitar sebelum membina network. Dengan mengenali lingkungan sekitar, Anda akan memahami bagaimana lingkungan kerja  di sekitar dan lebih luwes untuk beradaptasi.

 

3. Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah cara yang efektif untuk mengenal kontak penting dengan lebih baik dan tanpa tekanan dari pertemuan tatap muka yang mungkin tidak Anda persiapkan.

Platform layanan ini pun tak hanya menjadi sebuah tempat berkenalan dengan orang baru. Menurut survei oleh CareerBuilder, 70% recruiter menggunakan sosial media untuk screening kandidat calon karyawan dalam proses hiring

Cari kontak yang berpikiran atau penting yang ingin Anda ketahui lebih baik melalui Twitter, Facebook, dan LinkedIn. Cobalah mengomentari tautan yang mereka posting atau menanggapi komentar yang mereka buat.

Memulai percakapan dengan mereka dan menawarkan mereka nilai sebagai imbalan. Ketika Anda memiliki kesempatan untuk bertemu mereka secara langsung, akan lebih mudah untuk merujuk komunikasi sebelumnya dengan mereka.

 

4. Minta Saran

Salah satu tujuan utama networking tidak hanya untuk bertemu satu atau dua orang, tetapi juga untuk memanfaatkan jaringan orang-orang yang Anda temui. Anda akan dengan cepat meningkatkan kenalan baru yang baik dengan bertanya kepada rekan atau teman apakah mereka dapat merekomendasikan organisasi atau profesional untuk diajak berdiskusi mengenai topik terkait.

 

5. Temukan Alasan untuk Terhubung

Jika Anda ingin menjalin hubungan dengan orang lain, buat alasan untuk menjaga hubungan tetap berjalan. Jika Anda membaca artikel yang menambah diskusi, simpan dan kirimkan kepada mereka dengan catatan singkat tentang apa yang menurut Anda menarik dan bagaimana menurut Anda itu bisa menguntungkan mereka.

Jangan lupa untuk menyimpan kontak pribadi jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

 

6. Selalu Mengatakan Terima Kasih

Membangun jaringan berarti menciptakan hubungan yang tulus dan penuh perhatian. Terima kasih koneksi Anda untuk informasi yang mereka berikan dan lihat apakah Anda dapat membantu mereka dengan cara apa pun. Bagikan pengetahuan apa pun yang Anda rasa akan bermanfaat.

 

7. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri dapat Anda pupuk dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan kemampuan. Kemampuan yang berkualitas dan dicari banyak orang akan membuat Anda mampu bergabung dengan orang-orang yang lebih profesional dari Anda.

Kepercayaan diri yang telah dibangun dari waktu ke waktu dapat membantu Anda berada di titik positif setiap kali Anda berinteraksi. Rasa percaya diri turut memberi Anda kesempatan untuk unggul dengan baik selama sesi wawancara dalam kesempatan kerja. Jadi semakin tumbuh rasa percaya diri, semakin luas networking yang Anda jalin. 

 

8. Abaikan Rasa Malu

Malu adalah hambatan yang sering menjangkiti sebagian orang, khususnya mahasiswa fresh graduate dan karyawan baru. Namun rasa malu bukanlah hambatan besar jika Anda cerdik dalam mengakalinya. Jika Anda pemalu, carilah situasi atau kegiatan yang paling membuat Anda nyaman dan gunakan acara tersebut sebagai sarana networking.

Misalnya, berpartisipasi dalam komunitas hobi, menjadi sukarelawan, ikut lomba akan memberi Anda kesempatan untuk bertemu orang-orang yang memiliki kesamaan.

 

Baca Juga : Perilaku Workaholic dan Dampak buruknya

 

Selain mendapatkan kesuksesan karir, networking membuat Anda lebih senang dan bahagia dengan bertemu banyak orang dari berbagai macam latar belakang. Ini membuat pikiran jauh lebih segar karena Anda akan terbiasa mendengarkan berbagai macam sudut pandang bahkan peluang mengembangkan bisnis idaman.

Tak jarang networking adalah penentu individu dalam hubungan pertemanan suportif yang lebih erat di luar lingkungan kerja. Semoga bermanfaat!