kritik dan saran

Tips HR: 7 Cara Menangani Kritik dan Saran dari Karyawan

Banyak perusahaan yang sulit untuk menerima kritik dan saran, khususnya yang berasal dari karyawan. Padahal, pemberian saran dan kritik merupakan hal yang penting bagi perkembangan perusahaan.

Masukan tersebut akan disampaikan melalui divisi Human Resources (HR). Namun, bagaimana cara HR menangani kritik dan saran dari karyawan? 

 

1. Dengarkan Secara Penuh Kritik dan Saran

Ketika seorang pegawai sedang mengutarakan pendapat, Anda sebagai HR perlu mendengarkannya secara seksama. Janganlah Anda sembarangan memotong ucapan karyawan. 

Apabila kritik tidak sesuai dengan kenyataan, cobalah untuk tetap mendengarkan. Hindari pertentangan pendapat secara langsung. Sehingga Anda akan lebih paham akan keluhan karyawan tersebut. Selain itu, karyawan pun akan merasa dirinya dihargai oleh Anda. 

 

2. Pahami dan Pelajari 

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan saat menerima kritik maupun saran dari karyawan adalah mengenali jenisnya. Apakah masukan tersebut termasuk dalam jenis yang membangun atau hanya keluhan pribadi saja.

Jika masukan tersebut dalam jenis yang membangun, tentu akan sangat penting untuk diteruskan lebih lanjut pada jajaran pimpinan perusahaan. Namun, jika masukan hanya berdasarkan keluhan pribadi, maka HR dapat menelusurinya untuk kebijakan lebih lanjut.

 

reimbursement

3. Catat Semua Poin Penting yang Disampaikan Karyawan

Ketika karyawan menyampaikan masukan, catatlah poin-poin inti dari kritik maupun saran tersebut. Mengapa? Karena dengan melakukan hal ini, Anda akan lebih mudah mengelola kritik dengan menentukan mana yang lebih prioritas.

Anda bisa memilah poin-poin masukan yang memiliki peran vital dalam peningkatan kinerja perusahaan. Pilih poin yang paling penting dan berpengaruh bagi perusahaan. Sementara itu, hal-hal yang kurang memberikan dampak pada perusahaan dapat dikesampingkan.

 

Baca Juga: 5 Contoh Konflik Perusahaan dan Penyelesaiannya

 

4. Jangan Terima Kritik Secara Pribadi

Bagi Anda yang merupakan seorang HR, janganlah menerima kritik dan saran yang diajukan karyawan untuk diri sendiri. Hal ini lantaran HR berfungsi sebagai perantara perusahaan. Dapat dikatakan jika segala masukan yang disampaikan karyawan adalah untuk perusahaan.

Mungkin dalam beberapa kesempatan terdapat karyawan yang mengkritik dengan emosi yang tinggi. Anda perlu menghadapinya dengan kepala dingin.

Cobalah belajar untuk menahan diri agar Anda tidak ikut terbawa emosi yang sama. Dengan demikian, Anda dapat lebih memahami maksud dari segala masukan karyawan.

 

5. Ajukan Pertanyaan Pada Kritik dan Saran yang Ambigu

Ada kalanya Anda kurang paham akan maksud atas kritik yang disampaikan oleh karyawan. Atas hal tersebut, Anda dapat menanyakan kembali poin-poin yang belum jelas. 

Dengan kembali bertanya untuk konfirmasi, diharapkan agar Anda memahami konteks keluhan dan komplain karyawan. Anda pun dapat menghindari kejadian salah tafsir atas kritik dan saran. Jadi, segala masukan yang baik dapat diimplementasikan oleh perusahaan di kemudian hari.

 

6. Mintalah Waktu untuk Memproses Kritik dan Saran

Setelah menerima segala kritik dan saran dari seorang karyawan, Anda tentu memerlukan waktu untuk menindaklanjutinya bukan? Hal ini perlu lantaran tidak semua poin keterangan dari karyawan bisa disampaikan secara langsung kepada pimpinan perusahaan.

 

Sebab, Anda sebagai HR tentu memiliki pekerjaan lain yang memiliki prioritas lebih tinggi. Dengan demikian, Anda dapat memiliki waktu yang lebih banyak untuk memahami dan mengelola kritik dengan lebih baik. 

 

HRD dapat mengefektifkan dan mengefesiensikan kinerjanya dibantu oleh Software HRD dari LinovHR. Dengan menggunakan Software HRD dari LinovHR, berbagai tugas administratif seperti penggajian, rekapitulasi absen, dan sebagainya bisa berjalan otomatis. Anda sebagai HRD cukup fokus kepada strategi, pengembangan dan menjaga relasi dengan karyawan. 

LinovHR.com/Demo-Software/

 

7. Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih 

Perlu diketahui bahwa segala masukan baik kritik maupun saran yang berasal dari karyawan pasti akan berguna demi keberlangsungan perusahaan di masa mendatang. Tidak hanya itu, perusahaan juga tidak mungkin mengoptimalkan bisnisnya seorang diri tanpa adanya karyawan. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih setelah selesai menerima masukan dari karyawan.  

Sekian penjelasan dari tips tentang cara menangani kritik dan saran dari karyawan. Diharapkan Anda sebagai staf HRD dapat mampu lebih baik dalam menanggapi segala masukan dari karyawan. Dengan begitu, perusahaan Anda dapat berkembang secara positif, dari waktu ke waktu. Semoga dapat membantu!