memulai bisnis

8 Aspek Penting Sebelum Memulai Bisnis

Saat Anda memantapkan diri untuk memulai bisnis dari nol, pastinya ada banyak hal yang harus disiapkan selain memiliki modal yang besar. Namun saat ini masih banyak orang yang ingin memulai bisnis tapi enggan untuk melewati segala prosesnya.

Agar bisnis yang Anda mulai bisa mencapai kesuksesan, kali ini LinovHR akan memberitahu Anda 8 aspek penting yang dilakukan untuk memulai bisnis baru. Langsung saja, simak artikel di bawah ini ya!

 

1. Bisnis Merupakan Sebuah Maraton

Banyak dari para pengusaha baru yang hanya berfokus untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang cepat. Padahal dalam membangun sebuah bisnis, Anda juga harus memperhatikan setiap kondisi dan perubahan yang sedang terjadi.

Dengan mengikuti perubahan dan juga situasi, Anda bisa membangun bisnis dengan menghasilkan produk yang benar-benar diperlukan oleh masyarakat.

Maka dari itu, fokuslah untuk membangun usaha yang dapat bertahan untuk jangka panjang. Ingatlah bahwa sebuah bisnis bisa diibaratkan sebagai lari maraton, bukan berlari dengan cepat.

 

2. Buatlah Produk Sesuai dengan Permintaan Pasar

Sebelum memulai suatu usaha, pelajarilah tentang penjualan Anda. Lakukanlah riset terkait dengan harga pasar, jumlah permintaan, hingga produk apa yang sedang diminati. Pastikan setiap penjualan akan menghasilkan keuntungan minimal 50% sehingga Anda tidak akan merugi di kemudian hari.

 

Baca juga: Manfaat dan Pentingnya Implementasi Literasi Digital untuk Bisnis

 

3. Belajar dari Setiap Kesalahan

Saat memulai bisnis, pastinya setiap proses yang Anda lakukan tidak selalu berjalan mulus dan mungkin saja akan melakukan suatu kesalahan. Ada baiknya Anda mempelajari berbagai kasus kegagalan bisnis, lalu jadikan hal tersebut menjadi pelajaran dan juga pengalaman yang berharga. 

Anda juga dapat melakukan adalah dengan terus belajar dan menggali informasi sebanyak-banyaknya terkait bisnis yang sedang dibangun. Setelah belajar dan mendapatkan banyak informasi, lakukanlah tindakan untuk mewujudkannya.

 

4. Pastikan Anda Memiliki Dana yang Cukup

Untuk memulai sebuah bisnis, pastinya akan memerlukan sejumlah modal untuk membangunnya. Dengan begitu, pastikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup dan juga memiliki dana cadangan jika sewaktu-waktu bisnis sedang mengalami kerugian atau hal lain yang tidak diinginkan.

 

5. Atur Pengelolaan Keuangan

Uang menjadi hal terpenting dalam sebuah bisnis. Seringkali setelah melakukan penjualan, para pengusaha terlalu tergiur dengan jumlah hasil yang didapatkan. 

Padahal hal tersebut adalah sebuah kesalahan yang fatal yang akan membuat bisnis menjadi bangkrut. Agar uang yang dihasilkan bisa memenuhi setiap kebutuhan, Anda harus pintar dalam pengelolaan keuangan. Pisahkan antara keuntungan dan juga modal.

 

6. Jangan Terlalu Berfokus Terhadap Produk Ingin dijual

cara memulai bisnis

 

Banyak dari para wirausahawan terlalu berfokus pada penjualan dan pemasaran produk sehingga mengabaikan hal apa yang benar-benar ingin dicapai.

Jika ingin menjadi pengusaha sukses, pastikan Anda bisa lebih mengenal karakteristik dan kemauan para pelanggan. Sehingga produk yang dijual memunculkan keinginan konsumen untuk membelinya.

Jangan lupa untuk mengidentifikasi masalah dari target penjualan Anda. Karena dengan mengenali masalah yang sedang terjadi, Anda bisa menjual solusi tersebut kepada pelanggan.

 

7. Aktif Dengarkan Pelanggan Anda

Perlu diketahui bahwa pelanggan adalah penentu apakah bisnis Anda berjalan dengan baik, bukan dari rencana bisnis. Anda harus bisa mengesampingkan ego dan mulai untuk mendengarkan pelanggan Anda. Karena setiap produk yang dibuat pastinya ditujukan untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Anda pun wajib mencari tahu hal apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan. Setelah itu, cobalah untuk memberikan tester produk secara gratis atau potongan harga yang besar. Hal ini akan berguna apakah produk yang dijual bisa sesuai dengan selera konsumen. Jika sudah cocok, barulah Anda bisa menaruh harga yang tepat.

 

8. Atasi Permasalahan Konsumen

Cobalah untuk menanyakan kembali apakah produk Anda bisa membantu dalam menyelesaikan sebuah masalah. Selain itu, cobalah memikirkan kembali ide untuk produk Anda jika tidak ada atau permintaan pasar sedang menurun.

Agar bisa menghasilkan produk yang laku di pasaran, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah membuat produk yang dapat menjawab setiap permasalah konsumen.

 

Baca juga: Memahami Perilaku Konsumen dalam Kehidupan Bisnis

 

Demikian beberapa aspek penting yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis. Dalam memulai sebuah bisnis, perlu diingat bahwa Anda harus menikmati setiap proses dan juga kegagalan yang terjadi.

Karena melalui hal tersebut Anda bisa mengambil tindakan untuk menangani masalah bisnis di kemudian hari. Setiap bisnis yang sukses pastinya melewati proses yang tidak mudah. Selamat mencoba!