multitasking

7 Cara Mengubah Kebiasaan Multitasking di Kantor

Pencapaian terhadap suatu target di tempat kerja adalah suatu kebanggaan tersendiri. Tidak sedikit orang yang rela mengorbankan waktu, privasi dan kesenangan pribadi demi mencapai target tertentu dalam pekerjaan. Meskipun terkadang pengorbanan yang diberikan bagi suatu target perkerjaan itu tidak mengganggu, tapi terkadang cara menyelesaikannya seperti kurang tepat, dengan cara multitasking.

Di dunia kerja yang menuntut produktivitas tinggi, multitasking biasanya menjadi solusi bagi pekerja terutama bagi kaum wanita. Dari arti kata multitasking sendiri terdengar sangat menyenangkan. Yaitu mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus pada saat yang bersamaan. Istilah multitasking biasanya dikenal untuk dunia komputer, tapi manusia berusaha melakukan multitasking dalam pekerjaan mereka.

Wanita dikatakan bisa melakukan multitasking lebih baik dari pria. Secara biologis pun wanita memang sudah disiapkan untuk bisa multitasking. Dilihat dari struktur otaknya, wanita berbeda dengan pria. Lihat saja banyak wanita yang mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus pada saat yang bersamaan. Contohnya seorang wanita yang sedang memasak di dapur sambil menggendong anaknya, sesekali melirik acara di TV, dan masih diselingi dengan mengobrol. Otak kaum hawa ini diciptakan mampu untuk melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu.

Sedangkan laki-laki rata-rata tidak bisa melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Mereka menyelesaikan satu pekerjaan yang satu baru kemudian melanjutkan dengan pekerjaan yang lain. Mereka membutuhkan fokus yang tinggi dalam mengerjakan pekerjaan, sehingga sulit untuk mengerjakan dua pekerjaan sekaligus.

Akan tetapi, menurut penelitian, multitasking tidaklah baik untuk dilakukan dalam dunia kerja. Multitasking bukanlah suatu solusi untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan penting sekaligus. Jika hari-hari ini Anda melakukan multitasking atau tertarik untuk melakukan multitasking, simak hal-hal berikut yang bisa mempengaruhi kondisi Anda. Jika multitasking terus menerus dilakukan dapat mengakibatkan stres, perasaan negatif dan menurunkan produktivitas dalam bekerja. Otak manusia sebetulnya tidak didesain untuk cepat berpindah-pindah dari satu pekerjaan atau pemikiran ke hal yang lainnya secara cepat.

Berikut 7 cara menghilangkan multitasking di tempat kerja Anda.

1.Matikan Gadget yang tidak diperlukan

Bila Anda seorang yang suka bekerja dengan memakai komputer, HP, tablet sekaligus. Sambil mengetik, Anda menjawab email, menerima chat di WA, bahkan menyempatkan diri main game saat bekerja. Anda harus memilih satu perangkat elektronik saja untuk fokus menyelesaikan pekerjaan.

 

2.Matikan Internet

Bila pekerjaan Anda membutuhkan waktu dan ketenangan yang lama, segera matikan saluran internet. Karena dengan adanya chat, email, suara dari elektronik yang berhubungan dengan internet akan merusak fokus dan ketenangan berpikir.

 

3.Time management

Buatlah time management  atau pengaturan waktu yang baik. Anda harus tahu kapan waktunya pekerjaan harus dimulai dan selesai. Mengatur susunan pekerjaan harus terencana, jadi akan terhindar dari proses multitasking yang mengakibatkan pekerjaan tidak maksimal.

 

Baca Juga :Lakukan 8 Hal Ini Jika Manajemen Waktu Kerja Anda Bermasalah

 

4.Menyusun Prioritas

Dengan menyusun prioritas dalam bekerja, Anda akan terhindar dari multitasking yang memusingkan. Susunlah skala prioritas pekerjaan yang mana harus selesai terlebih dahulu. Ini akan menghasilkan pekerjaan maksimal. Pekerjaan yang terorganisir dengan baik akan memuaskan hasilnya.

 

5. Ciptakan Suasana Kerja Nyaman

Jika diperlukan buatlah suasana kerja di meja kantor senyaman mungkin. Dengan pikiran yang rileks, maka perasaan itu akan membuat Anda senang saat menyelesaikan tugas, meskipun tugas itu berat.

 

6. Memasang Musik Lembut

Jika Anda bekerja di ruangan sendiri, buatlah suasana kerja nyaman dan menyenangkan. Ini akan menghindari proses multitasking karena fokus otak Anda hanya pada pekerjaan dan ketenangan. Anda tidak akan terburu-buru.

 

7.Tenangkan diri sebelum mulai bekerja

Ketika Anda tahu bahwa pekerjaan Anda menumpuk dan harus segera selesai, jangan panik. Tenangkanlah diri dan tarik nafas, atur pikiran Anda supaya tersusun rapi dengan perencanaan baik di otak Anda. Jika Anda tenang maka segera mulai bekerja dan yakinlah pada diri Anda, bahwa pekerjaan Anda akan selesai dengan baik tanpa multitasking.

 

Itulah 7 cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan multitaskig dalam bekerja, Kerjakanlah setiap pekerjaan dengan fokus dan lebih detail serta teliti. Karena dibutuhkan keteletian dalam melakukan pekerjaan agar mendapatkan hasil yang diharapkan, Lebih baik mengerjakan pekerjaan dengan fokus pada satu pekerjaan tapi memiliki hasil yang memuaskan daripada mengerjakan secara multitasking tapi hasil nya tidak seperti yang diharapkan.