pertanyaan

10 Pertanyaan Yang Sebaiknya Anda Tanyakan Pada Atasan

Bertanya pada atasan, apa jadinya? Anda mungkin merasa canggung dan merasa bingung bila harus bertanya sesuatu pada atasan. Namun sangat dianjurkan, bila Anda mendapatkan peluang untuk bertanya kapanpun dan dimanapun sebaiknya Anda sempatkan untuk pada atasan. Asalkan pertanyaan yang diajukan tepat, tentunya tidak hanya berdampak baik untuk Anda sendiri tapi bisa juga memberikan dampak positif untuk perusahaan.

Nah, agar tidak salah saat memberikan pertanyaan, Anda bisa coba tanyakan 10 pertanyaan yang sebaiknya Anda tanyakan pada atasan berikut ini:

 

1. Tanyakan 3 buku yang ada di rumahnya

Cobalah untuk bertanya mengenai buku yang atasan Anda baca, minimal 3 buku saja. Anda bisa memahami bagaimana cara berpikir atasan melalui buku atau bisa mengetahui teori bisnis, ide sampai metodologi yang dimiliki perusahaan lewat buku bacaan tersebut.

 

2.Tanyakan saran dalam karir

Pertanyaan selanjutnya, Anda juga bisa bertanya apa yang atasa Anda miliki untuk dirinya sendiri, bila ia mendapatkan kesempatan untuk kembali ke masa 20 tahun dalam karirnya. Ini bisa menjadi salah satu cara Anda berusaha membuat mereka sejajar dengan usia Anda saat ini, Anda juga bisa membongkar perspektif yang atasa Anda mau pada tahap awal pekerjaan mereka.

 

3.Tanyakan perubahan dan rencana dalam karir

Masih berhubungan dengan karir, Anda juga bisa menanyakan mengenai apakah mereka memiliki perubahan besar dalam karir atau perusahaan mereka dan bila memang ada tanyaka juga apa yang membuat mereka tetap berada dalam jalur karir mereka sendiri.

Pertanyaan ini bisa memberikan Anda wawasan mengenai peluang lain yang mungkin saja bisa Anda pertimbangkan secara pribadi di jalur karir Anda sendiri. Bila sekarang Anda sedang dalam proses pertimbangan untuk mengubah pekerjaan, hal ini juga bisa memberikan Anda banyak pertimbangan untuk tetap bisa bertahan dalam karir tersebut dan kondisi tertentu.

 

4. Tanyakan orang yang menjadi inspirasinya

Setiap orang memiliki role modelnya masing-masing, Anda bisa menanyakan ini pada atasan Anda. Ini bisa memberikan referensi orang-orang yang memang berpengaruh terhadap atasan Anda, dengan begitu Anda juga bisa belajar dari orang-orang tersebut.

 

5. Tanyakan hal yang memberikannya semangat dalam perusahaan

Ini adalah pertanyaan yang cukup bagus untuk bisa membuat para pemimpin membicarakan masa depan. Secara tidak langsung mungkin akan tercipta sebuah diskusi terbuka yang membicarakan bagaimana kondisi perusahaan di masa yang akan datang.

 

6. Tanyakan mengenai hal yang membuat atasan Anda selalu terjaga di malam hari

Anda bisa memberikan pertanyaan ini dengan percaya diri. Tanggapan dari atasan pun mengenai hal yang selalu membuatnya terjaga bisa sangat bermanfaat. Apakah mereka terjaga karena perusahaan atau ada hal lainnya.

 

8. Tanyakan mengenai tantangan sebagai seorang atasan

Anda mungkin berpikir bahwa atasan Anda sangat otoriter atau tidak bisa memahami apa yang diinginkan karyawan. Namun apakah benar demikian? Pertanyaan ini bisa memastikan bahwa atasan Anda pun harus menjalankan peran nya dengan baik, ia mungkin memiliki tantangan tersendiri yang bahkan tidak kita ketahui.

 

9.Tanyakan cara untuk mendefinisikan kesuksesan diri sendiri

Tingkatan kesuksesan setiap orang tentunya berbeda-beda. Bila Anda menganggap pencapaian dalam hasil kerja adalah kesuksesan belum tentu sama dengan atasan Anda. Tanyakan apa definisi kesuksesan untuk dirinya sendiri. Ini bisa memberikan pelajaran baik untuk Anda.

 

Baca Juga :Cara Sukses Menjadi Manager HRD

 

10. Tanyakan apa kualitas yang diinginkan atasan Anda yang ingin ada dalam perusahaan

Ini akan berhubungan dengan keinginan atasan untuk perusahaan, seberapa besar kualitas yang diinginkan. Dengan jawaban yang diberikan Anda bisa tahu harus seberapa besar usaha Anda menyesuaikan diri agar bisa mendapatkan kualitas sesuai yang diinginkan.

 

10. Tanyakan mengenai pertemuan penting yang sangat berpengaruh

Dalam suatu perusahaan tentu saja ada pertemuan penting yang harus rutin di lakukan. Bila Anda memberikan pertanyaan pada ketua divisi Anda, tanyakan apa pertemuan yang akan berpengaruh untuk divisi Anda sendiri dan tentunya akan berpengaruh baik untuk perusahaan. Dengan begitu Anda bisa lebih mempersiapkan diri ketika pertemuan itu berlangsung.

Itulah 10 pertanyaan yang sebaiknya Anda tanyakan pada atasan. Jangan sampai salah bertanya ya!