time management

Time Management Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Karir! Berikut Tips Dari Orang Sukses

Dalam dunia kerja, istilah time management mungkin sudah sering terdengar oleh banyak orang.

Bahkan pada saat melamar suatu pekerjaan, tidak jarang para pemasang lowongan yang menuliskan istilah ini sebagai salah satu syaratnya.

Time management adalah skill yang dapat membantu Anda dalam mencapai keberhasilan karir, dan sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai.

Mengingat pentingnya skill ini untuk dimiliki, maka dalam pembahasan kali ini, kita akan mengupas tuntas mengenai time management dan juga tipsnya yang dapat diterapkan setiap orang.

Simak ulasan lengkapnya!

 

Apa Itu Time Management?

Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maka time management memiliki makna sebagai manajemen waktu. 

Bila dibedah secara dalam, Time Management adalah sebuah usaha yang dilakukan untuk mengatur, melakukan perencanaan, dan mengorganisir waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan suatu aktivitas atau tugas secara efektif dan juga efisien.

Sederhananya manajemen waktu adalah langkah yang dilakukan seseorang untuk mengatur pekerjaan-pekerjaan yang ada, agar bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Orang yang memiliki kemampuan ini akan dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dengan sangat terstruktur. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keberhasilan dari karir seseorang.

 

Apakah Anda Pandai dalam Mengatur Waktu?

Seseorang yang memiliki manajemen waktu yang baik mampu untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dengan tepat waktu dan terstruktur. Sebaliknya, apabila seseorang memiliki manajemen waktu yang buruk, maka kemungkinan besar akan banyak pekerjaan-pekerjaan yang tidak selesai dengan tepat waktu dan hasilnya pun menjadi kurang optimal.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk bisa mengatur yang kita miliki sebaik mungkin, agar segala pekerjaan bisa selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, dan menghasilkan output kerja yang lebih baik lagi.

 

Contoh Time Management

Sebuah time management yang baik memerlukan perencanaan yang matang. Selain itu, Anda juga harus mengetahui list dari aktivitas yang Anda lakukan dalam sehari. Setelah mengetahui segala aktivitas yang ingin Anda lakukan, selanjutnya yaitu melakukan planning atau rundown dari aktivitas tersebut, agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia, seperti contoh di bawah ini.

 

Contoh Manajemen Waktu Seorang Karyawan

Pukul 06.00 : Bangung pagi

Pukul 06.00 – 07.00 : Persiapan ke kantor (mandi, makan, dandan)

Pukul 07.00 – 08.00 : Perjalanan menuju kantor

Pukul 08.00 – 08.30 : Persiapan untuk bekerja (set up komputer/laptop, ke wc, dll)

Pukul 08.30 – 12.00 : Waktu bekerja

Pukul 12.00 – 13.00 : Makan siang

Pukul 13.00 – 17.00 : Waktu bekerja

Pukul 17.00 – 18.00 : Perjalanan pulang

Pukul 18.00 – 19.00 : makan dan mandi

Pukul 19.00 – 21.00 : Bersantai (Quality time bersama orang tercinta atau Me Time)

Pukul 21.00 : Tidur

 

Di atas adalah contoh manajemen waktu bagi seorang karyawan kantoran. Contoh di atas hanya sebagai gambaran dari time management yang dilakukan oleh seorang karyawan, dan bagaimana cara untuk mengatur waktu yang dimiliki.

Sesuaikan pekerjaan dengan kondisi Anda saat ini, agar bisa melakukan planning yang tepat, sehingga manajemen waktu Anda akan menjadi lebih baik lagi.

 

 

software hris

 

Para praktisi HR juga dapat membantu mengelola time management karyawannya dengan menggunakan LinovHR. Pengelolaan time management LinovHR meliputi pengaturan jadwal karyawan, pencatatan kehadiran yang menggunakan aplikasi absensi, pengaturan cuti, dll. Berbagai fitur tersebut tentunya dapat memudahkan HR dan juga karyawan dalam mengatur waktunya secara efektif.

 

Keterampilan Time Management yang Dilakukan Orang Sukses

Orang sukses tentunya memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, sehingga segala hal dan juga pekerjaan yang dilakukan berjalan sesuai dengan harapan dan juga keinginannya. Berikut adalah tips-tips management skill yang bisa Anda terapkan dalam diri sendiri.

 

  • Mengetahui Tujuan Anda

Setiap orang yang berhasil, pasti mengetahui tujuan dari hidup mereka. Begitu juga dengan manajemen waktu yang baik. Anda perlu mengidentifikasi tujuan yang ingin dicapai dalam diri dan juga karir Anda.

Tujuan yang jelas akan memudahkan Anda untuk mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk mencapai tujuan atau target yang sudah ditetapkan tersebut.

 

  • Membuat Prioritas

Setelah menetapkan sebuah tujuan, langkah selanjutnya yaitu membuat skala prioritas dari setiap pekerjaan yang dimiliki. Penentuan prioritas merupakan time management skill yang baik jika dimiliki dan diterapkan.

Skala prioritas berguna untuk menyortir mana saja pekerjaan-pekerjaan yang memiliki tingkat urgensi yang tinggi, dan mana yang tidak.

Dengan mengetahui tingkat urgensi dari setiap pekerjaan, maka Anda bisa mulai menyelesaikan pekerjaan dari yang paling penting terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pekerjaan yang tingkat urgensinya rendah.

 

  • Hindari Sesuatu yang Membuang Waktu

Sebagai seseorang yang ingin memiliki manajemen waktu yang baik, tentunya Anda tidak ingin ada waktu yang terbuang secara percuma.

Karena itu, penting untuk Anda hindari segala sesuatu yang bisa membuang waktu Anda secara sia-sia, seperti bermain smartphone, ngobrol dengan rekan kerja, melamun, dan hal-hal lainnya yang bisa membuang waktu berharga yang Anda miliki.

 

  • Fokus pada Pekerjaan

Tips terakhir yaitu selalu berfokus pada pekerjaan-pekerjaan yang Anda miliki sekarang. 

Fokus adalah kunci utama dari keberhasilan. Orang-orang sukses tentunya selalu berfokus pada pekerjaan yang mereka miliki. Fokus yang baik akan memberikan hasil atau output yang optimal juga, sehingga hasil dari pekerjaan yang Anda lakukan bisa memuaskan.

 

Baca juga: Kerjaan Kantor Menumpuk? 7 Aplikasi ini Bisa Bantu Perbaiki Manajemen Waktu

 

Itulah ulasan lengkap mengenai time management yang bisa Anda terapkan pada diri sendiri. Mengingat bahwa manajemen waktu yang baik dapat mempengaruhi keberhasilan karir dari seseorang, maka penting untuk selalu mengatur waktu dengan sangat baik dan efisien.

Selain memudahkan Anda dalam menyelesaikan semua pekerjaan, manajemen waktu juga bisa membuat Anda terbiasa dan selalu disiplin dalam mengerjakan tanggung jawab yang Anda miliki. Semoga bermanfaat!