orang yang proaktif

Jadilah Orang Yang Proaktif dengan 8 Cara Berikut

Kunci sebuah kesuksesan tidak hanya berasal dari kemampuan yang kita miliki saja, tetapi berasal dari berbagai macam sumber. Salah satu kunci dalam kesuksesan yang penting yaitu sikap. Sikap yang baik akan membuat jalan Anda menuju kesuksesan lebih mudah. Salah satu sikap yang harus Anda miliki adalah sikap proaktif.

Apa itu proaktif?

Proaktif adalah kemampuan seseorang untuk mengantisipasi suatu peristiwa, sehingga orang tersebut mampu untuk mengendalikan dan mempersiapkan kemungkinan situasi yang akan terjadi di hari yang akan datang.

Secara sederhana, sikap tersebut ditandai dengan orang yang selalu berinisiatif melakukan sesuatu dan selalu berpikiran ke depan atau masa depan.

Artikel ini akan membahas mengenai cara untuk memiliki sikap aktif di dalam dunia kerja, serta manfaat-manfaat yang akan didapat jika memiliki sikap tersebut.

Mari, simak uraian lengkapnya di bawah ini!

 

Manfaat Memiliki Sikap Proaktif di Dunia Kerja

Menjadi pribadi yang memiliki sikap aktif akan membuat Anda memiliki banyak keuntungan, terutama di dalam dunia kerja.

Manfaat bersikap proaktif yaitu membuat Anda menjadi individu yang lebih siap di segala situasi yang mungkin saja terjadi. Selain itu, Anda juga akan merasa lebih nyaman dalam situasi apapun, sebab Anda memiliki kontrol yang lebih luas atas perubahan-perubahan yang mungkin terjadi.

Sikap proaktif juga akan membuat Anda untuk berpikir dan bertindak ke depan sebelum suatu keadaan berubah. Hal itu juga merupakan suatu bentuk antisipasi dari kejadian-kejadian yang tidak terduga nantinya.

Manfaat lain yang akan Anda dapatkan yaitu memungkinkan Anda untuk menjadi fleksibel. Artinya Anda akan mampu untuk beradaptasi dengan cepat dan mengubah rencana apabila tidak sesuai dengan kondisi yang ada, tanpa merasa cemas ataupun stress.

Terakhir, menjadi aktif akan membuat Anda mampu untuk merencanakan masa depan lebih baik lagi karena Anda mengetahui situasi yang tidak terduga akan muncul dan terbiasa dengan fleksibilitas yang Anda miliki.

 

Baca juga: Sikap Rendah Hati Dibutuhkan di Lingkungan Kerja, Ini Alasannya!

 

Cara Menjadi Orang yang Proaktif

Setelah Anda mengetahui manfaat dari menjadi pribadi yang aktif, maka Anda juga perlu tau cara apa saja yang bisa membuat Anda menjadi lebih baik lagi di dalam dunia kerja.

 

Fokus pada Hal Besar di Masa Depan

Orang-orang yang proaktif selalu membuat rencana untuk masa yang akan datang. Fokuslah pada tujuan yang ingin Anda capai ke depannya, dan ketahuilah apa yang akan terjadi di depan.

Ketika hendak membuat suatu keputusan, penting untuk mengetahui posisi Anda sekarang, dari mana Anda berasal, dan kemana tujuan Anda nantinya. Dengan memiliki pemikiran seperti itu, maka Anda akan lebih mudah untuk menentukan rencana-rencana ke depannya.

 

Bertanggung Jawab atas Apa yang Telah Dilakukan

Cobalah untuk selalu bertanggung jawab atas segala kewajiban yang Anda miliki, terutama di tempat kerja.

Orang-orang proaktif selalu bertanggung jawab dengan tugas yang dimilikinya. Berpikirlah secara matang sebelum melakukan sebuah tindakan, maka segala sesuatu yang Anda lakukan nantinya bisa dipertanggungjawabkan dengan semestinya.

 

Fokus Pada Sesuatu yang Bisa Anda Kendalikan

Banyak sekali hal-hal yang tidak bisa kita kontrol sebagai manusia, begitu pula di dunia kerja.

Berfokus pada hal yang tidak bisa Anda kendalikan, hanya akan membuat Anda stuck dan menjadi stress. Sebaiknya, fokuskan pikiran dan juga tenaga Anda pada hal-hal yang bisa Anda kendalikan.

Dengan begitu, maka segala permasalahan dan juga situasi yang kemungkinan terjadi bisa Anda antisipasi serta ditangani dengan baik.

 

Baca juga: Inovator Adalah Sikap Terpenting Dalam Karir, Inilah Alasannya!

 

Buatlah Prioritas dan Wujudkan

Anda perlu untuk memprioritaskan suatu pekerjaan sebelum berpindah pada pekerjaan yang lain. Secara teknis, Anda tidak akan bisa melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Selain membuat fokus Anda terpecah, hal tersebut dapat membuat kemungkinan untuk melakukan kesalahan lebih besar.

Atas dasar tersebut maka Anda perlu untuk membuat prioritas agar memudahkan Anda dalam menyelesaikan tugas berdasarkan dari tingkat urgensi yang ada. Selesaikan pekerjaan-pekerjaan yang dirasa penting terlebih dahulu. Hal ini akan lebih efektif dan efisien, dibandingkan dengan melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu.

 

Mampu Beradaptasi

Orang yang proaktif memiliki kemampuan dalam beradaptasi yang baik. Hal ini tentu berhubungan dengan kemampuan fleksibilitas yang mereka miliki.

Mudah beradaptasi akan membantu Anda untuk terus memegang kontrol atas situasi yang mungkin saja terjadi kepada Anda. Kemampuan beradaptasi yang cepat akan memudahkan Anda dalam menyusun strategi dan rencana baru, apabila terjadi perubahan-perubahan yang tidak terduga.

 

Memiliki Inisiatif Tinggi

Esensi dari memiliki sikap aktif yaitu tentu saja memiliki inisiatif. Inisiatif berarti Anda memiliki kesadaran untuk melakukan sesuatu tanpa harus adanya perintah yang diberikan.

Seseorang yang memiliki inisiatif tinggi, tidak akan pernah berhenti belajar dan terus berusaha untuk mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik lagi. Anda bisa mencoba menjadi inisiatif di dunia kerja dengan memberikan ide, gagasan, dan juga tindakan-tindakan yang membangun perusahaan.

 

Baca juga: Pribadi yang Hangat Merupakan Suatu Hal Yang Positif dalam Kemajuan Karir

 

Percaya Pada Diri Sendiri

Berikutnya yaitu yakin dan percaya kepada diri sendiri. Percaya diri adalah elemen paling terpenting yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Semua hal di atas tidak akan berjalan dengan baik, apabila Anda sendiri tidak percaya pada kemampuan yang Anda miliki. Syarat utama menjadi aktif tentu saja memiliki kepercayaan diri yang cukup.

Kebanyakan orang menjadi pasif karena mereka tidak memiliki kepercayaan diri, sehingga seringkali merasa minder, cemas, dan juga tidak bersemangat ketika bekerja.

Maka dari itu penting sekali untuk melatih kepercayaan diri Anda, dan juga percaya akan potensi dan kemampuan yang saat ini Anda miliki. Perlu diingat bahwa, Anda harus tetap belajar dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki, sekalipun Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

 

Memiliki kreativitas Tinggi

Cara yang terakhir yaitu dengan memiliki kreativitas yang tinggi. Berpikir kreatif dibutuhkan agar Anda bisa membuat rencana alternatif ketika dihadapkan pada situasi yang tidak menguntungkan.

Berpikir kreatif juga akan membantu Anda dalam menyusun rencana untuk masa yang akan datang. Dengan begitu Anda bisa memprediksi dan juga mengontrol segala kemungkinan yang bisa saja terjadi kepada Anda dan juga perusahaan.

Itulah 8 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi orang yang proaktif. Mulailah latih diri Anda dari sekarang, agar bisa menjadi orang yang berkualitas baik di dalam dunia kerja, maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga bermanfaat!