Contoh Jadwal Kerja Perangkat Desa yang Bisa Menjadi Inspirasi

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Contoh Jadwal Kerja Perangkat Desa
Isi Artikel

Mengelola jadwal kerja perangkat desa yang fleksibel dan efisien adalah kunci untuk memastikan pelayanan publik berjalan lancar.

Dengan jadwal yang terstruktur namun tetap bisa disesuaikan, perangkat desa dapat lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat, meningkatkan produktivitas, dan menjaga keseimbangan kerja serta kehidupan pribadi. 

Fleksibilitas ini juga memungkinkan penyesuaian terhadap situasi mendesak atau kegiatan penting yang memerlukan perhatian khusus, sehingga pelayanan kepada warga tetap optimal tanpa mengorbankan kesejahteraan perangkat desa.

Untuk penjelasan lebih lanjut berikut ini definisi serta contoh jadwal kerja perangkat desa yang dapat menjadi referensi Anda!

Baca juga: Simak Aturan Jam Kerja Karyawan Sesuai UU yang Perlu Dipahami

Regulasi Peraturan Jadwal Kerja Perangkat Desa 

Sebelum memasuki contoh jadwal kerja perangkat desa, ada baiknya untuk mengetahui regulasi jadwal kerja perangkat desa di Indonesia. 

Hingga saat ini belum ada peraturan pemerintahan yang mengatur secara spesifik tentang penjadwalan kerja perangkat desa. Namun, biasanya aturan mengenai jadwal kerja ini tercantum dalam peraturan daerah di masing-masing kota. 

Salah satu contohnya adalah Peraturan Bupati Kayong Utara Nomor 27 Tahun 2015, pasal 2 yang menyatakan;

“Hari kerja pemerintahan desa ditetapkan 6 (enam) hari kerja yaitu Senin sampai Sabtu, dengan jumlah jam kerja efektif 37,5 (tiga puluh tujuh koma lima) jam per minggu di luar jam istirahat.”

Berdasarkan peraturan tersebut juga jam kerja ini dipergunakan untuk melaksanakan tugas dan fungsi pokok pemerintahan desa, serta melaksanakan kegiatan kedinasan lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Selain itu, ketentuan mengenai hari libur nasional, libur daerah, libur keagamaan, dan cuti bersama berlaku bagi pemerintah desa. 

Secara umum jadwal kerja perangkat desa ditentukan oleh pemerintah daerah masing-masing. Berkisar antara pukul 08.00 sampai 16.00. Jadwal ini juga dapat berubah menyesuaikan kebutuhan dan keperluan desa. 

Tidak seperti industri lainnya yang mengerjakan tugas yang sama secara berulang. Jadwal kerja perangkat desa memiliki tugas dan tanggung jawab spesifik. Tugas ini mencakup pelayanan administrasi, penanganan aduan masyarakat, serta kegiatan pembangunan desa.

Contoh Jadwal Kerja Perangkat Desa 

Guna memberikan pemahaman secara mendalam atas penjelasan regulasi di atas, berikut ini contoh jadwal kerja perangkat desa. 

Contohnya, pada sebuah desa Sukamaju mengatur jadwal kerja harian perangkat desanya sebagai berikut:

NoJadwal Masuk KerjaJadwal Piket
HariWaktuUraianNamaKeterangan
1Senin07.30 -12.00MasukSupardiMalam Senin
Natsir
2Selasa12.00 – 13.00IstirahatAbdurahmanMalam Selasa
Samsul
3Rabu13.00 – 16.00MasukBudiMalam Rabu
Supardi
4Kamis16.00TutupNatsirMalam Kamis
Abdurahman
5Jumat07.30 -12.00MasukSamsulMalam Jumat
11.30 – 13.00Istirahat
13.00 – 16.00MasukBudi
16.00Tutup
6SabtuLiburAbdurMalam Sabtu
Mamat
7MingguAriMalam Minggu
Teguh

Jadwal di atas merupakan salah satu ilustrasi dari jadwal kerja harian perangkat desa. Waktu dan ketentuan penjadwalan tersebut ditetapkan berdasarkan peraturan daerahnya masing-masing. 

Baca juga: Cara Membuat Jadwal Shift Kerja Karyawan dan Rumusnya

Kelola Jadwal Kerja Perangkat Desa Lebih Mudah dengan Aplikasi Absensi LinovHR

aplikasi absen online Aplikasi Absensi

Jadwal kerja yang dirancang dengan baik tentunya dapat membantu meningkatkan produktivitas sumber daya manusia yang bekerja didalamnya. Namun, merancang jadwal kerja bukanlah perkara mudah apalagi bila dilakukan secara manual.

LinovHR memiliki aplikasi absensi yang bisa mempermudah proses perancangan jadwal kerja. Aplikasi absensi ini dapat merancang jadwal kerja secara lebih akurat serta meminimalisir kesalahan. Tak hanya itu, terdapat pula berbagai fitur menarik seperti sinkronisasi perubahan jadwal kerja untuk bertukar jadwal.

Akumulasi kehadiran karyawan juga disajikan secara detail, mulai dari data clock-in dan clock-out, lembur, cuti, hingga jam kerja. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan fitur payroll sehingga memudahkan perhitungan gaji.

Menarik, ya? Segera ajukan demo gratisnya untuk bisa menikmati berbagai fitur canggih dari LinovHR!

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter