jam kerja

Peraturan Jam Kerja di Indonesia

Jam kerja merupakan durasi waktu melakukan pekerjaan yang berlaku dalam sebuah perusahaan atau unit usaha. Di Indonesia 

Masih banyak orang yang belum begitu memahami jam kerja yang sebenarnya merupakan bagian hak dari mereka sebagai tenaga kerja atau karyawan dalam sebuah perusahaan.  Terlebih lagi, adanya budaya jam kerja fleksibel yang hingga kini semakin marak diterapkan oleh berbagai perusahaan yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, kali ini LinovHR akan membahas bagaimanakah peraturan Jam Kerja yang ada di Indonesia berdasarkan Undang-undang yang berlaku. 

 

Peraturan Jam Kerja di Indonesia

Jam kerja merupakan waktu untuk melakukan pekerjaan. Setiap pemilik usaha diwajibkan menaati aturan tentang penetapan jam kerja ini. Ada jam kerja yang dihitung dari sistem lima hari kerja, enam hari kerja, dan selama seminggu yang nantinya wajib mematuhi batasan waktu jam kerja sesuai peraturan perundangan.

Di Indonesia, sudah diatur peraturan tentang jam kerja berdasarkan pasal 77 hingga pasal 85 UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003

 

Jumlah Jam Kerja Karyawan dalam Sehari

Jika bekerja selama 6 hari dalam seminggu, jam kerja yang ditentukan adalah 7 jam dalam sehari dan 40 jam dalam seminggu. Bagi tenaga kerja yang masuk selama 5 hari, kewajibannya adalah 8 jam kerja dalam sehari dan 40 jam dalam seminggu.

Untuk batasan 40 jam dalam seminggu ini diterapkan pada perusahaan yang sifat pekerjaannya berlangsung terus menerus. Peraturan perundangan menjabarkannya dalam beberapa bidang yakni kesehatan, perbaikan alat transportasi, transportasi, pariwisata, pos serta telekomunikasi, tenaga listrik, media massa, pusat perbelanjaan, keamanan, konservasi, serta berbagai jenis pekerjaan yang jika dihentikan akan menganggu proses produksi.

 

Peraturan Mengenai Shift Kerja

Sebuah perusahaan biasanya membagi shift jam kerja, bisa dua kali atau tiga kali. Untuk shift dua kali akan dibagi berdasarkan berapa lama dalam seminggu bekerja, yakni pembagian 7 atau 8 jam. Peraturan ini juga sudah diatur dalam undang-undang dan wajib ditaati setiap perusahaan. Pihak manajemen perusahaan akan menetapkan Perjanjian Kerja Bersama sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Dalam Perjanjian Kerja Bersama itulah diuraikan bagaimana pembagian shift diberlakukan dan kewajiban mematuhi oleh setiap tenaga kerja di dalamnya.

Rincian pengaturan jam kerja berdasarkan shift adalah sebagai berikut:

  1. Setiap perusahaan yang memiliki sistem pembagian 3 shift yaitu pagi, siang, dan malam, diwajibkan membatasi hanya 8 jam kerja setiap hari. Durasi itu sudah termasuk waktu istirahat selama jam kerja. Aturan ini dibahas dalam pasal 79 ayat 2 huruf a.
  2. Perhitungan durasi jam kerja selama seminggu totalnya sebanyak 40 jam dan tidak boleh melebihinya. Hal ini diatur dalam pasal 77 ayat 2.
  3. Jika ada tenaga kerja yang bekerja melebihi durasi sesuai undang-undang, harus berdasarkan surat resmi atau diketahui oleh pimpinan/manajemen perusahaan, dan dihitung sebagai waktu lembur. Hal ini diatur dalam pasal 78 ayat 2.

 

Baca Juga: Pembagian Shift Kerja Dan Peraturannya di Indonesia

 

Ketentuan Jam Istirahat Kerja

Istirahat kerja adalah waktu yang diberikan oleh perusahaan bagi tenaga kerja untuk memulihkan diri setelah melakukan pekerjaan tertentu. Hukumnya wajib bagi perusahaan untuk menetapkan waktu istirahat kerja dan menjadi hak dari semua tenaga kerja. 

Dalam pasal 79 dijelaskan bahwa semua tenaga kerja mempunyai hak setidaknya setengah jam setelah bekerja dalam durasi 4 jam tanpa henti. Dan waktu istirahat itu bukan bagian dari durasi jam kerja. Durasi selama 7 atau 8 jam wajib terpenuhi kuotanya. Waktu istirahat kerja juga biasanya diatur dalam Perjanjian Kerja Bersama oleh sebuah perusahaan tergantung kebutuhan dan relevansinya dengan durasi operasional perusahaan yang bersangkutan. Untuk ketentuan hari dan jam kerjanya dapat diubah berdasarkan kesepakatan antara perusahaan dan serikat pekerja tetap menggunakan acuan aturan perundangan yang berlaku di Indonesia.

 

Peraturan dan Perhitungan Lembur Kerja 

Durasi kerja yang melebihi waktu 7 jam sehari atau 8 jam sehari sesuai peraturan perundangan tentang hari dan jam kerja. Untuk waktu lembur ini hanya berlaku paling banyak selama 3 jam perhari dan 14 jam dalam waktu sepekan. Aturan upah lembur juga dijelaskan secara khusus dengan perbandingan 1/173 dari upah selama satu bulan.

 

Baca Juga: Lembur Dan Peraturannya Di Indonesia

 

Hak Pekerja Perempuan dan Aturan Jam Kerjanya

Pasal 76 mengatur secara khusus tentang hak perempuan dan jam kerja. Semua tenaga kerja perempuan yang berusia kurang dari 18 tahun dilarang menjalani jam kerja dari jam 11 malam hingga jam 7 pagi. Semua perusahaan juga dilarang mempekerjakan perempuan hamil yang berdasarkan surat keterangan dokter akan membahayakan nyawa dirinya dan janinnya.

 

Baca Juga: Serba-Serbi Cuti Menikah Dan Cuti Melahirkan

 

Dengan memahami bagaimana serba-serbi jam kerja karyawan dan aturannya di Indonesia, kita dapat mengerti dan memahami apa saja hak dan kewajiban kita sebagai karyawan yang bekerja di suatu perusahaan yang ada di Indonesia.