shift kerja

Pusing Buat Jadwal Shift Kerja? Ini Rumus Membuatnya!

Hampir setiap perusahaan tentu ingin memiliki jadwal kerja shift yang teratur. Melalui hal tersebut, kinerja setiap karyawan dapat lebih terkelola dan tertata. Namun, tidak mudah bagi divisi Human Resource Department (HRD) untuk menerapkannya. HRD perlu menggunakan rumus membuat shift kerja. Berikut penjelasan rumus membuat jadwal shift kerja dengan rumus Excel.

 

Jenis-Jenis Simulasi Shift Kerja

Pada dasarnya implementasi jadwal ini terbagi dalam tiga prinsip. Nah dari ketiga prinsip tersebut tentu harus mengikuti aturan jam kerja dari pemerintah yang berlaku. Dalam aturan tersebut, setiap karyawan memiliki batas maksimal waktu kerja selama 40 jam seminggu. Berikut rinciannya.

 

Baca juga: Mudahkan Ganti Jadwal Shift Kerja dengan Schedule Exception LinovHR

  • 3 Shift Kerja 4 Grup

Jenis model ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan yang memiliki jam kerja operasional selama 24 jam penuh. Contohnya, seperti perusahaan penyedia keamanan dan kebersihan.

Pada jadwal 3 shift 4 grup, karyawan akan bekerja selama 5 hari dengan dengan waktu 7 jam kerja dan 1 jam istirahat. Namun, dalam jadwal ini akan memungkinkan hari libur yang tentatif. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan adanya karyawan yang mendapatkan libur selama dua hari.

 

Contoh Penerapan:

kerja

Keterangan:

  • Shift kerja pertama: 07.00 – 15.00,  jadwal kedua: 15.00 – 23.00, jadwal ketiga: 23.00 – 07.00.
  • Urutan rotasi kerja dari Shift 3 pada Shift 1. Lalu, perpindahan shift dari shift 3 ada cara tersendiri. Pada shift 3, karyawan dapat libur 2 hari sebelum masuk jadwal shift 1. 

 

  • 3 Shift 3 Grup

Dalam jadwal 3 shift 3 grup, karyawan mendapat hari kerja dan libur yang teratur. Nantinya, karyawan akan bekerja selama 6 hari. Umumnya, jadwal tersebut digunakan oleh industri atau UMKM dengan jumlah karyawan yang sedikit. Dalam sehari karyawan bekerja dengan 7 jam kerja serta 1 jam istirahat. Lalu, pada hari sabtu karyawan akan bekerja selama 5 jam.

 

Contoh Penerapan:

3 shift 3 group

  • 2 Shift 3 Grup

Jenis jadwal kerja 2 shift 3 grup seperti ini umumnya diterapkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang keamanan. Dalam jadwal tersebut, pola pengelolaannya berbentuk 2-2-2. Jadi, dalam 1 minggu terdiri dalam 2 hari shift 1; 2 hari shift 2; dan 2 hari libur.

Contoh penerapan:

shift

 

Baca Juga:Mudah Menghitung Lembur dengan Software HRD LinovHR

 

Pusing Membuat Jadwal Shift Kerja? Gunakanlah Software LinovHR!

Apabila perusahaan baru saja beroperasi dan bingung dalam mengatur jadwal kerja, Anda dapat mulai beralih menggunakan software HRD dari LinovHR. Mengapa demikian? Hal tersebut lantaran LinovHR memiliki modul Time Management yang memungkinkan Anda mengelola segala hal yang berkaitan dengan waktu kerja karyawan.

Selain itu, dalam modul Time Management, Anda pun akan memperoleh berbagai fitur. Berikut macam-macam fitur yang akan Anda dapat:

  • Calender, 
  • Time Group, 
  • Schedule Exception, 
  • Leaves, 
  • Permission Request, 
  • Leave Request, 
  • Overtime Request, 
  • Timesheet, 
  • Time Definition, 
  • Unprocessed Time Sheet, 
  • Processed Time Sheet.

 

Masih Ragu Menggunakannya? Berikut Keuntungan yang Anda  Dapat dari LinovHR!

Sebelum memutuskan sesuatu, perusahaan Anda tentu perlu mempertimbangkan dari segi keuntungan yang akan diperoleh. Berikut rincian keuntungan dari modul Time Management System dari LinovHR.

 

Perbandingan Keuntungan Dalam Membuat Jadwal Kerja 
No. Dengan Menggunakan LinovHR Menggunakan cara yang manual (Excel)
1. Real Time  Sulit Menyesuaikan Waktu Antar Pihak Manajemen
2. Akurat Kerap Terjadi Salah Input Data
3. Akses Penggunaan Fleksibel (mudah digunakan siapapun) Perlu Mahir Mengoperasikan Excel (Hapal rumus)
4. Mudah Merubah Jadwal Kapanpun Harus koordinasi dahulu agar perubahan jadwal diketahui semua karyawan

 

LinovHR adalah penyedia HRIS Software terbaik di Indonesia yang berpengalaman membantu banyak karyawan dari berbagai industri. Selain aplikasi jadwal kerja karyawan, LinovHR juga memiliki berbagai modul dan fitur yang memudahkan kinerja human resource perusahaan seperti: Organization Management, Personnel Administration, Recruitment, Payroll, Competency Management, Performance Management, Reimbursement, Succession Management, Loan, Employee Self Services (ESS), Learning and Development.

Tertarik dengan berbagai keuntungan di atas?

Segeralah hubungi tim kami untuk mengetahui LinovHR lebih lanjut! LinovHR/Contact/