11 Contoh Teks Pidato Singkat Lengkap untuk Semua Acara

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

contoh pidato singkat
Isi Artikel

Ketika sedang mengikuti suatu acara, Anda tentu akan menemui orang yang berpidato. Biasanya, hal ini ini dilakukan di awal acara.

Setiap pidato yang disampaikan memiliki temanya tersendiri tergantung dari tujuan acara, keadaan dan suasana. Untuk itu, sebelum berpidato ada beberapa persiapan yang harus direncanakan dengan matang, seperti naskah dan mempersiapkan mental.

Di bawah ini, LinovHR akan membahas pengertian dan contoh pidato singkat. Tak perlu menunggu terlalu lama, simak saja artikel berikut ini.

Apa Itu Pidato?

pidato
pidato

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata atau wacana yang ditujukan kepada orang banyak. Ketika seseorang berpidato, ia akan menyampaikan pikiran, ide, atau gagasannya secara lisan di depan khalayak ramai.

Hal ini sering disebut juga dengan orasi. Artinya pun sama, yaitu kegiatan penyampaian pendapat di depan umum.

Pidato sangat penting untuk menyampaikan pesan kepada pendengar. Pesan tersebut bisa disampaikan secara langsung maupun tidak langsung. Jika disampaikan secara langsung, maka pesan muncul dalam bentuk ajakan atau imbauan. Sementara jika tidak langsung, pesannya akan ada dalam teks secara tersirat.

Tujuan Pidato

Untuk apa pidato dilakukan? Mengapa selalu ada hal tersebut dalam setiap acara? Ternyata, hal ini dilakukan atas tujuan tertentu, yaitu:

  • Menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh pendengar.
  • Menyampaikan fakta untuk mendukung atau menolak suatu pernyataan.
  • Menghangatkan suasana agar pembicara dan pendengar terkesan lebih akrab.
  • Menghibur pendengar.
  • Meyakinkan pendengar untuk memiliki pendapat atau melakukan tindakan tertentu.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar isi Dengan Benar

Jenis-jenis Pidato Berdasarkan Tujuan

pidato singkat
jenis pidato

Berdasarkan tujuan yang telah disebutkan sebelumnya, maka bisa disimpulkan bahwa pidato terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut yaitu:

Pidato Argumentatif

Pidato argumentatif biasanya mengandung dalil atau argumentasi untuk mempertahankan suatu pendapat. Jenis ini tidak hanya mendukung pernyataan, tetapi bisa juga menolak pernyataan.

Dalam membuat pidato argumentatif, maka data-data yang bersifat faktual perlu ditambahkan. Misalnya data statistik atau pernyataan dari pakar yang ahli di bidangnya.

Pidato Persuasif

Jenis persuasif memiliki fungsi untuk mempengaruhi pendengar dalam melakukan suatu tindakan atau memiliki satu suara tentang suatu hal. Suatu pidato bisa mendorong pendengar untuk melakukan sesuatu karena terdapat unsur manipulasi psikologi dalam hal tersebut tersebut. Tanpa sadar, pendengar akan bersedia melakukan sesuatu yang diminta.

Pidato Informatif

Jenis informatif biasanya bertujuan untuk memberikan informasi kepada pendengar. Pidato ini paling banyak dilakukan.

Pidato yang bersifat informatif umumnya terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Oral reports: Berupa laporan penelitian, laporan proyek, atas laporan hasil kegiatan.
  • Oral instruction: Berbentuk pengajaran, biasanya dilakukan oleh guru.
  • Informative lectures: Pidato yang hadir dalam bentuk kuliah umum atau konferensi.

Pidato Rekreatif

Terakhir, ada pidato rekreatif yang bertujuan untuk menghadirkan hiburan atau kegembiraan. Jenis ini dilakukan untuk mencairkan suasana agar lebih hangat, santai, dan gembira.

Ketika melakukan pidato rekreatif, tak jarang humor dan lelucon turut serta dimasukkan ke dalamnya.

Baca juga: 7 Contoh Laporan Kegiatan dan Tips Membuat Laporannya

Struktur Teks Pidato

Ada 3 bagian dalam struktur teks pidato, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Penjelasan ketiga bagian akan dijelaskan sebagai berikut.

Pembuka

Pidato harus diawali dengan pembuka. Pembuka harus dibuat semenarik mungkin agar pendengar tertarik untuk memperhatikan dengan baik.

Pembuka mencakup beberapa hal, yaitu salam pembuka, ucapan rasa syukur, ucapan hormat terhadap orang-orang yang berkepentingan, penyampaian tentang tujuan pidato, dan pengantar atau bridging ke isi.

Isi

Isi adalah bagian paling penting karena bagian ini menggambarkan tujuan pidato.

Misalnya jika jenis yang dibuat adalah argumentatif, maka isi merupakan fakta-fakta yang akan mendukung atau menolak pernyataan. Sementara itu, jika pidato informatif yang dipilih, maka isinya adalah informasi yang harus diketahui oleh pendengar.

Penutup

Bagian terakhir adalah penutup. Di bagian ini, pembicara perlu membuat kesimpulan atas hal-hal yang telah disampaikan kepada pendengar.

Selain itu, hal lain dalam penutup adalah imbauan, ajakan, ucapan terima kasih, permohonan maaf apabila ada kekurangan selama berpidato, dan salam penutup.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Teks Diskusi dan Cara Membuatnya

Contoh Pidato Singkat

Di bawah ini adalah contoh teks pidato singkat yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi. Contoh teks yang disajikan di bawah ini memiliki tema yang beragam.

1. Pidato Kebersihan Lingkungan 

Contoh Pidato 1
Contoh Pidato Kebersihan Lingkungan

Assalamualaikum wr.wb

Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan yang saya sayangi teman-teman sekalian. Mari panjatkan puji serta syukur karena kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul bersama-sama di sini.

Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai, coba tengok lingkungan sekitar sekolah kita. Sudahkah lingkungan ini bersih, indah, dan nyaman untuk kita tinggali dan belajar bersama?

Seperti yang kita tahu, lingkungan sekitar sekolah mencerminkan budaya sekolah. Jika lingkungan sekitar sekolah kita tidak enak dipandang, maka citra sekolah menjadi buruk.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah tercinta ini agar kita dapat belajar dan mengajar dengan nyaman.

Lewat kesempatan ini, saya ingin setiap kelas memiliki kedisiplinan akan pentingnya kebersihan. Seperti kebijakan sekolah, setiap siswa hendaknya menepati tanggung jawab dalam jadwal piket masing-masing. Bagi teman-teman yang piket, hendaknya datang ke sekolah lebih awal untuk membersihkan kelas.

Jika kelas kita bersih, maka kita tentu bisa belajar dengan lebih nyaman, tenang, dan mudah untuk berkonsentrasi.

Selain itu, setiap civitas akademik di sekolah ini hendaknya tidak melupakan fungsi tong sampah. Buanglah sampah pada tong sampah yang telah disediakan, selalu ingat bahwa tong sampah bertujuan untuk menjaga sekolah agar terbebas dari sampah.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai, kebersihan adalah sebagian dari iman. Karena itulah, penting sekali untuk menjaga kebersihan di sekolah.

Kalau bukan kita sendiri yang menjaga lingkungan sekitar sekolah, maka siapa lagi?

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, mohon maaf atas segala kesalahan.

Download Contoh Pidato Docs

2. Pidato Perpisahan

Contoh Pidato 2
Contoh Pidato Perpisahan

Salam sejahtera, semuanya.

Para hadirin semua yang saya cintai dan hormati, pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Maha Esa karena atas izinnya kita semua bersama-sama berada di acara perpisahan sekolah dalam keadaan sehat.

Teman-teman, tidak terasa kita sudah tiba di penghujung masa sekolah. Tanpa sadar, waktu telah berlalu dengan cepat. Hari ini, kita duduk di ruangan ini untuk menyiapkan diri ke gerbang perjalanan kehidupan yang selanjutnya.

Setiap pertemuan pasti diakhiri dengan perpisahan. Kita sama-sama tahu waktu ini akan datang, namun jangan jadikan perpisahan sebagai akhir persahabatan kita.

Saya sebagai perwakilan seluruh siswa-siswi yang ada di sekolah ini ingin berterima kasih kepada guru-guru dan staf yang sudah mengajar dan membina kami dengan sabar sampai sekarang. Terima kasih banyak atas ilmu semasa sekolah yang tentu akan kami jadikan bekal pedoman dalam menapaki jejak kehidupan berikutnya.

Sampai berjumpa lagi di masa depan, wahai kawan-kawanku. Semoga kita selalu berada di bawah lindungi-Nya dan apa yang kita cita-citakan bisa tercapai di suatu hari.

Download Contoh Pidato Perpisahan

3. Pidato Kebangkitan Nasional

Contoh Pidato Kebangkitan Nasional
Contoh Pidato Kebangkitan Nasional

Selamat pagi semuanya.

Yang saya hormati Kepala Sekolah,  Bapak/Ibu guru, dan teman-teman yang saya cintai. Marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Tuhan Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya agar kita semua dapat berkumpul di sini.

Rekan-rekan yang saya hormati, seratus tahun sudah bangsa kita bangkit dari penderitaan panjang di bawah kekuasaan penjajah. Di masa itu, pemimpin terbaik bangsa ini memberi semangat kepada seluruh bangsa Indonesia untuk bangkit melawan penjajah.

Adalah Dr. Wahidin Sudirohusodo yang memprakarsai berdirinya organisasi pemuda Budi Utomo di gedung Stovia sekaligus jadi momentum yang menandai kebangkitan para pemuda Indonesia.

Para pendengar sekalian, jika seratus tahun yang lalu leluhur kita berkorban dalam mengusir penjajah, kini kita menikmati hasil usaha mereka dalam kemerdekaan. Karena itulah, sudah sepantasnya kita memaknai kebangkitan nasional ini dengan menjadi bangsa yang memiliki semangat nasionalisme dan keinginan untuk berprestasi.

Mari semua bangkit bersama meraih cita-cita bangsa Indonesia yang maju! Marilah kita saling bahu membahu dan bersatu dengan cara belajar, dan bekerja membangun kemajuan dan martabat bangsa.

Semoga pidato ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih banyak atas perhatiannya, mohon maaf bila ada kesalahan.

4. Pidato Bahasa Jawa

contoh pidato bahasa jawa
Sumber: belajarsemua.github.io

5. Pidato Bahasa Inggris

contoh pidato bahasa inggris
Sumber: scribd.com

6.  Contoh Pidato Bahasa Sunda

contoh pidato bahasa sunda
Contoh pidato bahasa sunda

7. Contoh Pidato Persuasif Singkat

Salam sejahtera untuk semua rekan kerja yang hadir di sini.

Hari ini, saya ingin berbicara tentang betapa pentingnya bekerja dengan giat dan tekun di tempat kerja.

Saya yakin kita semua setuju bahwa bekerja dengan giat dapat membawa banyak manfaat, baik bagi diri kita sendiri maupun bagi perusahaan. Ketika kita bekerja dengan giat, produktivitas kita akan meningkat, kualitas pekerjaan kita juga akan lebih baik, dan yang terpenting, kita akan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan lebih cepat.

Namun, saya juga memahami bahwa terkadang bekerja dengan giat dapat menjadi tantangan tersendiri. Banyak faktor yang dapat membuat kita kehilangan semangat dan motivasi, seperti kelelahan, stress, atau kurangnya tantangan dalam pekerjaan kita.

Namun, saya percaya bahwa kita semua memiliki potensi untuk menjadi lebih produktif dan sukses di tempat kerja. Mari kita ambil langkah-langkah kecil untuk memperbaiki produktivitas kita.

Misalnya, kita dapat membagi tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, sehingga terasa lebih mudah untuk diselesaikan. Kita juga bisa mencoba menemukan metode kerja yang lebih efektif, atau mencari cara untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan kita.

Selain itu, saya juga ingin menekankan betapa pentingnya kolaborasi dan dukungan antar rekan kerja. Kita semua adalah bagian dari tim yang sama, dan kita harus saling mendukung dan mendorong satu sama lain untuk menjadi lebih baik. Dengan bekerja sama, kita dapat mencapai tujuan yang lebih besar dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif dan harmonis.

Saya yakin kita semua memiliki kemampuan untuk bekerja dengan giat dan tekun. Mari kita bersama-sama berusaha untuk mencapai potensi terbaik kita di tempat kerja dan membangun karir yang sukses dan memuaskan.

Terima kasih

8. Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba

Salam sejahtera untuk hadirin sekalian.

Saya hadir di sini hari ini untuk berbicara tentang masalah narkoba yang semakin mengkhawatirkan di masyarakat kita.

Seperti yang kita semua ketahui, narkoba adalah masalah serius yang dapat merusak kehidupan seseorang dan bahkan mengancam keberlangsungan hidupnya. Narkoba tidak hanya merusak kesehatan fisik seseorang, tetapi juga dapat menghancurkan karir, keluarga, dan masa depan seseorang.

Sayangnya, narkoba tidak hanya menjadi masalah individu, tetapi juga menjadi masalah sosial yang meresahkan masyarakat. Banyak orang yang terjerat narkoba karena berbagai alasan, seperti tekanan teman, rasa ingin tahu, atau masalah kejiwaan. Namun, tidak peduli apa pun alasan mereka, narkoba tetaplah suatu kejahatan yang harus kita lawan bersama-sama.

Untuk itu, saya ingin mengajak kita semua untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan narkoba. Kita bisa mulai dengan memperkuat kesadaran akan bahaya narkoba di kalangan masyarakat. Selain itu, kita juga dapat melakukan pendekatan pencegahan, seperti memberikan edukasi tentang bahaya narkoba kepada generasi muda dan memperkuat peran keluarga dalam memberikan pengawasan pada anak-anak mereka.

Namun, selain upaya pencegahan, kita juga harus memperkuat penegakan hukum terhadap peredaran narkoba. Polisi dan aparat penegak hukum lainnya harus bekerja sama dengan masyarakat untuk mengungkap dan menindak tegas peredaran narkoba. Kita juga harus mendukung upaya rehabilitasi bagi para korban narkoba, sehingga mereka dapat kembali ke kehidupan normal dan produktif.

Saya yakin dengan kerja sama dan tekad yang kuat, kita dapat menanggulangi masalah narkoba di masyarakat kita. Mari kita bersama-sama berjuang untuk mewujudkan masyarakat yang bebas dari narkoba, dan melindungi generasi muda dari bahaya narkoba.

Atas perhatiannya, terima kasih telah mendengarkan pidato saya.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-jenis Retorika

Itulah dia contoh pidato singkat, tak lupa dengan penjelasan tentang pengertian dan tujuannya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter