Contoh Surat Pribadi

13 Contoh Surat Pribadi Lengkap dengan Strukturnya

Ada berbagai jenis surat yang tentunya dapat Anda kenali, salah satunya adalah jenis surat yang lebih bersifat personal.

Surat yang bersifat personal ini dapat juga disebut sebagai surat pribadi. Berbeda dari surat resmi, surat pribadi adalah jenis surat yang tidak terikat oleh lembaga atau institusi manapun.

Mari simak artikel LinovHR ini untuk mengetahui contoh surat pribadi secara lengkap supaya Anda dapat membuatnya dengan tepat!

 

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi merupakan jenis surat yang ditulis secara personal untuk keperluan pribadi dan mewakili pengirimnya tanpa melibatkan instansi atau kelembagaan tertentu.

Berbeda dari surat resmi, surat pribadi menggunakan bahasa dan struktur yang lebih santai serta tidak terlalu formal.

Isinya biasanya menyangkut masalah pribadi seperti menanyakan kabar, memberikan pemberitahuan, menyampaikan permintaan, atau menjelaskan keperluan pribadi.

Komunikasi dalam surat pribadi bersifat lebih informal, mencerminkan hubungan personal antara pengirim dan penerima surat.

 

Fungsi dan Tujuan Pembuatan Surat Pribadi

Surat pribadi memiliki fungsi yang beragam. Berikut adalah fungsi dan tujuan dalam pembuatan surat pribadi:

 

1. Sebagai Media untuk Mengekspresikan Diri

Surat pribadi dapat digunakan sebagai media untuk mengekspresikan perasaan atau emosi tertentu. Misalnya, kesedihan ataupun kegembiraan. 

Surat pribadi menjadi sarana tepat untuk meluapkan perasaan tersebut. 

Ini memberikan kebebasan kepada penulis untuk menyampaikan pikiran dan perasaannya secara pribadi kepada orang tertentu.

 

2. Sebagai Sarana untuk Menyampaikan Informasi

Di sisi lain, surat pribadi juga berfungsi sebagai sarana menyampaikan informasi secara lebih santai dan personal.

Surat ini dapat ditulis dengan bahasa yang tidak terlalu baku, menciptakan ruang untuk ekspresi yang lebih bebas dan tidak terbatas oleh aturan-aturan baku.

Surat pribadi ini membantu penulis untuk berbagi informasi terbaru atau berita dengan kerabat atau keluarga dekat mereka.

 

Ciri-ciri Surat Pribadi

Terdapat beberapa karakteristik yang dapat membedakan surat pribadi dari jenis surat lainnya. Beberapa ciri tersebut meliputi:

  • Tidak ada kop surat
  • Tidak ada nomor surat
  • Salam pembuka atau penutup pada surat pribadi cenderung sangat beragam dan bersifat lebih santai
  • Bahasa yang digunakan dalam surat ini bersifat bebas dan tidak terikat pada norma baku
  • Format surat pribadi bersifat fleksibel dan tidak terikat oleh aturan tertentu

 

Baca Juga: Contoh Surat Dinas yang Benar untuk Semua Keperluan

 

Struktur Surat Pribadi 

Terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat menulis surat pribadi, salah satunya adalah mengenai struktur yang seharusnya ada dalam surat tersebut. 

Surat pribadi memiliki beberapa bagian yang mencakup:

 

1. Alamat dan Tanggal Penulisan Surat

Pada bagian ini, penulis dapat mencantumkan alamatnya secara ringkas dan menunjukkan kapan surat tersebut ditulis.

 

2. Salam Pembuka

Selanjutnya, penting untuk menyisipkan salam pembuka sebagai awal komunikasi dalam surat pribadi.

Salam pembuka dapat bervariasi sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan, namun pastikan tidak menyinggung penerima surat.

 

3. Paragraf Pembuka 

Setelah salam pembuka, lanjut ke bagian awal paragraf. 

Biasanya, paragraf pertama akan berisi pertanyaan mengenai pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada penerima surat.

 

4. Paragraf Isi / Isi Surat

Pada bagian ini, penulis surat pribadi dapat mengungkapkan perasaan, keluh kesah, dan menyampaikan berbagai hal yang ingin dikomunikasikan kepada penerima surat.

 

5. Salam Penutup

Setelah menyusun bagian isi, penting untuk membuat penutup paragraf. Pastikan untuk menambahkan salam penutup sebagai sentuhan akhir. 

Tujuan dari paragraf ini adalah untuk mengakhiri surat pribadi. Umumnya, kata-kata di bagian ini mencakup harapan, permintaan maaf, dan aspek lainnya. 

 

6. Nama Pengirim

Struktur terakhir adalah mengenai nama pengirim surat. Nama pengirim surat bertujuan sebagai identifikasi pengirim.

 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar agar Lolos HR

 

13 Contoh Surat Pribadi Lengkap dengan Strukturnya

Berikut adalah beberapa contoh surat pribadi:

 

1. Surat Pribadi untuk Teman 

 

Malang, 3 Mei 2023

 

Buat Mas Irfan

di Tokyo, Jepang

 

Halo Mas Irfan,

 

Apa kabar di sana? Semoga sehat selalu. Aku harap surat ini bisa menyapa Mas dengan baik. Sudah lama tidak ada kabar, nih.

 

Aku penasaran dengan kehidupan di Tokyo. Bagaimana pekerjaan dan kegiatan sehari-hari Mas? Jangan lupa cerita-cerita seru di sana.

 

Oh iya, Mama dan Papa baik-baik saja. Mereka berencana liburan ke Bandung akhir tahun ini. Aku nggak bisa ikut karena ada proyek di kantor. Kalau Mas bisa pulang, pasti seru nih reunian keluarga.

 

Sekadar berbagi, aku juga sedang mempertimbangkan untuk mengikuti kursus bahasa Jepang. Ada saran tempat belajar yang bagus di sekitar Tokyo? Kasih tahu ya, Mas.

 

Nah, itu aja kabar dari sini. Aku tunggu cerita Mas dan semoga bisa ketemu lagi nanti. Sampai jumpa!

 

Salam hangat,

Dita

 

2. Contoh Surat Pribadi untuk Ibu

 

Surabaya, 10 Februari 2023

 

Ibu tercinta,

 

Halo Ibu, bagaimana kabar hari ini? Semoga Ibu selalu sehat dan bahagia. Aku ingin berterima kasih banyak atas segala doa dan dukungan Ibu selama ini.

 

Aku sedang sibuk dengan tugas kuliah dan pekerjaan, tapi Ibu selalu ada dalam pikiranku. Terima kasih atas segala pelajaran hidup dan cinta tanpa syarat yang Ibu berikan.

 

Semoga Ibu selalu dalam lindungan-Nya. Aku kirim peluk dan cium buat Ibu dari jauh.

 

Salam sayang,

Lala

 

3. Contoh Surat Pribadi untuk Ayah

 

Solo, 18 April 2023

 

Ayah tercinta,

 

Halo Ayah, semoga surat ini sampai kepada Ayah dalam keadaan baik. Aku ingin mengucapkan terima kasih banyak atas segala ketabahan dan dukungan Ayah.

 

Kuliah dan pekerjaan belakangan ini cukup menantang, tapi semangat Ayah selalu menjadi inspirasi. Aku bangga memiliki Ayah seperti Ayah.

 

Ayah, semoga sehat selalu dan segala usaha Ayah diberkahi. Aku kirim energi positif dari sini. Terima kasih atas segala cinta dan teladan, Ayah.

 

Salam sayang,

Dennis

 

4. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

 

Jakarta, 5 Mei 2023

 

Bu Elly,

 

Halo Bu Elly,

 

Semoga surat ini sampai kepada Bu Elly dalam keadaan baik. Aku ingin menyampaikan terima kasih atas segala bimbingan dan inspirasi yang Bu Elly berikan selama ini.

 

Belajar di kelas Bu Elly selalu menyenangkan dan penuh makna. Terima kasih atas kesabaran Bu Elly dalam membimbing kami. Pelajaran dari Bu Elly tidak hanya seputar akademis, tapi juga tentang kehidupan.

 

Aku sangat beruntung memiliki guru seperti Bu Elly. Semoga Bu Elly selalu sehat dan berbahagia. Terima kasih, Bu!

 

Salam hormat,

Putri

 

5. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

 

Hai Lia,

 

Hai! Gimana kabarnya di sana? Semoga semuanya baik-baik saja. Aku kangen banget nih, rasanya udah lama nggak ketemu. Ada kabar terbaru apa nih di sana?

 

Di sini, rutinitas sehari-hari aja sih. Kadang-kadang kepikiran momen-momen seru kita dulu. Jadi pengen kumpul lagi bareng kayak dulu, deh.

 

Oh iya, jangan lupa cerita dong kabar-kabar seru dari sana. Aku tunggu ceritanya ya. Sampai jumpa!

 

Salam hangat,

Trisha

 

6. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

 

Surabaya, 10 Maret 2023

 

Hai Kak,

 

Apa kabar Kak di sana? Semoga surat ini bisa sampai kepada Kakak dalam keadaan baik. Aku kangen banget nih, gimana kehidupan di kota baru?

 

Aku sendiri sedang sibuk dengan kuliah dan beberapa proyek. Rasanya kok beda ya tanpa ada Kakak di sekitar. Kangen banget sama obrolan kita yang selalu bikin hari-hari lebih cerah.

 

Semoga Kakak selalu sehat dan sukses di sana. Aku tunggu cerita-cerita seru Kakak. Sampai ketemu di waktu yang tidak terlalu lama, ya.

 

Salam sayang,

Beni

 

7. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Lama

 

Bandung, 15 Mei 2023

 

Halo Kristani,

 

Apa kabar? Wah, sudah lama tidak berkomunikasi. Aku tiba-tiba teringat banyak kenangan kita dulu. Bagaimana kehidupanmu?

 

Aku sendiri sedang mengejar karier dan beberapa hobi baru. Kangen nih denger kabarmu, cerita dong apa yang terjadi dalam hidupmu belakangan ini. Semoga kita bisa ketemu lagi suatu hari nanti!

 

Salam hangat,

Fransisca

 

8. Contoh Surat Pribadi untuk Pacar 

 

Surabaya, 12 Juli 2023

 

Halo sayang,

 

Apa kabar hari ini? Aku harap surat ini bisa mengirim senyum ke wajahmu. Kangen banget sama kamu, sayang.

 

Hari ini aku sedang bersiap-siap untuk ujian akhir semester. Doain aku ya, semoga lancar. Setiap kali aku merasa lelah, kamu selalu jadi motivasiku.

 

Rindu banget pengen peluk kamu. Semoga kita bisa ketemu secepatnya. Sampai nanti ya, sayang.

 

Cinta selalu,

Alia

 

9. Contoh Surat Pribadi untuk Nenek

 

Yogyakarta, 20 April 2023

 

Nenek tercinta,

 

Halo Nenek, semoga Nenek selalu sehat dan bahagia di sana. Aku merindukan pelukan hangat Nenek dan senyum ceria Nenek.

 

Di kota ini, aku sedang sibuk dengan kuliah dan beberapa kegiatan. Setiap kali lelah, ingatan akan cerita dan pelajaran hidup dari Nenek selalu memberiku kekuatan.

 

Terima kasih banyak, Nenek, atas cinta dan dukungan tanpa batas. Semoga kita bisa bertemu secepatnya. Aku kirim peluk dan cium buat Nenek.

 

Salam sayang,

Farah

 

10. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Sekelas

 

Surabaya, 8 September 2023

 

Hai Deni,

 

Apa kabar? Gimana kehidupan di luar kelas? Aku kangen nih sama obrolan konyol kita dan gelak tawa bareng.

 

Di sini, tugas dan ujian semakin menumpuk. Pengen banget cerita-cerita lagi kayak dulu. Kapan-kapan kita bisa nongkrong lagi ya?

 

Semoga segala urusan di luar kelas juga lancar ya. Tetap semangat!

 

Salam hangat,

Julius

 

11. Contoh Surat Pribadi untuk Paman

 

Jakarta, 15 Oktober 2023

 

Halo Paman Edo,

 

Apa kabar di sana? Semoga surat ini sampai kepada Paman dalam keadaan sehat dan bahagia. Aku merindukan cerita-cerita Paman.

 

Di sini, segala aktivitas berjalan seperti biasa. Aku sedang mengejar beberapa proyek dan berusaha mempelajari hal-hal baru. Terima kasih banyak atas inspirasi dan nasihat Paman yang selalu membimbing.

 

Semoga Paman selalu dalam lindungan Tuhan. Aku tunggu kabar dan cerita seru Paman. Sampai jumpa, Paman!

 

Salam hormat,

Elisa

 

12. Contoh Surat Pribadi untuk Bibi

 

Bogor, 5 November 2023

 

Halo bi Ani,

 

Apa kabar bi Ani di sana? Semoga bi Ani sehat-sehat terus, ya. Aku kangen nih dengan tawa ceria dan masakan enak bi Ani.

 

Kayanya seru, ya, kalau kita sering kumpul-kumpul kaya dulu? Main di halaman belakang bareng sepupu-sepupu, tidur bareng-bareng di ruang keluarga, dan ujan-ujanan sampe sakit ha ha ha!

 

Terima kasih atas segala kebaikan dan dukungan bi Ani. Aku tunggu kabar baik dari bibi. Sampai jumpa nanti, Bi!

 

Salam sayang,

Elsa

 

13. Contoh Surat Pribadi untuk Guru Tersayang

 

Surabaya, 15 November 2023

 

Bu Neneng,

 

Halo Bu,

 

Semoga bu Neneng selalu dalam keadaan sehat, ya. Aku ingin menyampaikan rasa terima kasih atas segala bimbingan dan inspirasi yang Ibu berikan.

 

Belajar di kelas bu Neneng selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga. Terima kasih atas kesabaran dan dedikasi Ibu dalam mengajar.

 

Semoga Ibu selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan. Rindu suasana kelas dan pelajaran dari Ibu. Semoga kita bisa ketemu lagi suatu hari nanti, Bu!

 

Terima kasih banyak, Ibu. Semoga segala harapan bu Neneng bisa tercapai.

 

Salam hormat,

Dika

 

Nah, itu dia beberapa contoh surat pribadi singkat yang dapat Anda jadikan referensi untuk membuat surat pribadi.

Semoga penjelasan dan contoh-contoh ini membantu Anda untuk membuat surat pribadi, ya!