csr

CSR Sebagai Kontribusi Perusahaan Kepada Lingkungan Sosial

Selain bertanggung jawab atas bisnis dan kegiatan produksi,perusahaan bertanggung jawab atas lingkungan dan kesejahteraan masyarakat disekitarnya. Tanggung jawab tersebut diwujudkan perusahaan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Ada banyak agenda dalam program tersebut yang bertujuan mulia. Mari simak penjelasan LinovHR mengenai program yang satu ini! 

 

Apa itu CSR? 

Corporate social responsibility (CSR) adalah suatu program perusahaan yang memiliki misi untuk bertanggung jawab secara sosial dan publik. Alih-alih mengoperasikan bisnis secara maksimal tanpa mempetimbangkan aspek lingkungan sosial, perusahaan tetap dapat beroperasi untuk memperoleh keuntungan dan berkontribusi nyata dalam perkembangan lingkungan sekitar.  Dengan mempraktekkan tanggung jawab sosial perusahaan, perusahaan berperan sebagai warga negara yang baik dengan melakukan kegiatan positif yang memiliki dampak dalam aspek masyarakat, termasuk ekonomi, sosial, dan lingkungan.

 

Mengapa CSR Penting bagi Perusahaan? 

Praktek CSR tak semata-mata demi kepentingan perusahaan. Seluruh proses bisnis perusahaan berkaitan dengan tanggung jawab dengan lingkungan dan masyarakat yang ada disekitar perusahaan. Perusahaan telah melakukan proses bisnis di tengah lingkungan dan masyarakat. Oleh karenanya dilakukan berbagai macam program melalui kegiatan yang bertujuan mengembangkan lingkungan dan masyarakat kearah yang lebih baik dan berkelanjutan. Ini adalah salah satu cara paling efektif dan bijaksana bagi perusahaan untuk berkontribusi kepada kehidupan sekitar. 

CSR juga mendatangkan beberapa manfaat yang besar kepada perusahaan. Sekali perusahaan melakukannya, maka tanpa disadari perusahaan menunjang beberapa kegiatan lain yang berperan besar dalam bisnis. Jika diuraikan, berikut manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan: 

 

1. Menaikkan Citra Publik

Citra publik adalah hal krusial bagi perusahaan. Pada dasarnya, konsumen menentukan pilihan untuk membeli atau menggunakan produk perusahaan berdasarkan citra publik yang terpancar oleh perusahaan. Kegiatan positif yang dilakukan perusahaan seperti pembangunan fasilitas pendidikan dan sumbangan buku kepada perpustakaan untuk anak jalanan menunjukkan komitmen perusahaan untuk membantu sesama. Hasilnya, perhatian konsumen akan tertuju kepada perusahaan dan citra yang ditampilkan pun menjadi positif. 

 

2. Meningkatkan Awareness

Kegiatan positif juga berperan dalam meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand yang diusung perusahaan. Biasanya media akan meliput dan memuat berita kegiatan perusahaan. Semakin banyak orang yang mendengar mengenai berita perusahaan dalam program tersebut, semakin meningkat awareness masyarakat terhadap perusahaan dan brand yang diusungnya. 

 

Baca Juga: Cara Efektif Meningkatkan Brand Awareness

 

3. Unggul dari Kompetitor

Perusahaan menjadi selangkah lebih maju dari kompetitor dengan berkontribusi kepada lingkungan. Konsep dan nilai perusahaan sebagai organisasi yang berkontribusi kepada lingkungan akan menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk menilai bahwa perusahaan berada di posisi yang lebih baik dibandingkan kompetitor. 

 

4. Keterlibatan Karyawan yang Lebih Besar

Perusahaan perlu memastikan bahwa karyawan terlibat dalam kegiatan perusahaan dan mengetahui strateginya. Karyawan lebih menikmati bekerja untuk perusahaan yang memiliki citra publik yang baik daripada yang tidak. Lingkungan kerja akan menjadi tempat yang produktif untuk bekerja dengan mempromosikan kegiatan positif sebagai salah satu program perusahaan. Hal tersebut mendorong karyawan menjadi pribadi yang profesional.

 

5. Menarik Kandidat Terbaik 

Bisnis dan program yang dilakukan perusahaan berpengaruh besar dalam menarik kandidat terbaik. Dengan menunjukkan bahwa perusahaan berkomitmen pada hal-hal positif, lebih mudah untuk menarik kandidat karyawan yang berkualitas. Sehingga perusahaan pun mendapatkan sumber daya manusia yang potensial untuk perkembangan bisnis. 

 

Baca Juga: Cara Belajar Efektif untuk Menjadi Karyawan Unggulan

 

Manfaat CSR untuk Masyarakat

Tak hanya bermanfaat bagi perusahaan, kegiatan sosial juga bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. Di bawah ini adalah manfaat yang dirasakan oleh masyarakat: 

  1. Kenaikan taraf ekonomi masyarakat;
  2. Perbaikan dan pembangunan fasilitas pendidikan;
  3. Kesejahteraan kualitas hidup;
  4. Pemulihan lingkungan alam;
  5. Memperoleh keterampilan baru, dan lain-lain. 

 

Contoh CSR di Indonesia 

Banyak perusahaan berbondong-bondong melakukan kegiatan sosial demi memenuhi tanggung jawab untuk berkontribusi kepada lingkungan dan masyarakat. Jenis kegiatannya pun cukup beragam, mulai dari menyumbang uang untuk pembangunan fasilitas umum, memberikan sejumlah produk untuk pemanfaatan bersama, pelatihan keterampilan, penanaman pohon, hingga menjadi sukarelawan.

PT Indofood Sukses Makmur Tbk sebagai salah satu perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia adalah salah satu contoh dari banyak perusahaan yang berkomitmen tumbuh bersama masyarakat. Berbagai program telah dilakukan dengan berpedoman kepada 5 pilar, yaitu pembangunan sumber daya manusia, peningkatan nilai ekonomi, gizi, kelestarian lingkungan, dan kemanusiaan. 

Pada tahun 2019, PT Indofood Sukses Makmur Tbk memberikan dana untuk pengembangan riset kepada 63 mahasiswa dari 33 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 12 perguruan tinggi swasta (PTS) melalui program Indofood Riset Nugraha (IRN) periode 2019-2020. Dilansir dari Kontan.co.id, tema riset pada tahun tersebut adalah Pengembangan Sistem Pangan Berbasis Potensi dan Kearifan Lokal  yang Berkelanjutan untuk Bangsa.

Total dana yang diberikan mencapai Rp 2,2 miliar. Sebanyak 63 mahasiswa  bersaing melewati proses seleksi dengan 318 proposal penelitian lainnya. Kegiatan pelatihan dilakukan melalui leadership camp dan coaching clinic untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa. Diharapkan program ini dapat bermanfaat dan memotivasi mahasiswa untuk berinovasi melalui riset untuk menciptakan ketahanan pangan di Indonesia. 

Tak hanya dengan memberikan sejumlah uang, program CSR juga dapat dilakukan melalui memberikan barang atau produk yang bermanfaat. Contohnya PT MRT Jakarta (Perseroda). Sebagai dukungan dalam menanggulangi pandemi COVID-19, PT MRT Jakarta yang merupakan pengelola MRT di Jakarta memberikan paket masker dan hand sanitizer sebanyak 2.403 paket pada 30 Maret hingga 5 April 2020 lalu. Program ini bekerjasama dengan Bank DKI dan PT. Wings Indonesia. Pembagian paket diperuntukkan kepada masyarakat yang harus bekerja di luar rumah dan menggunakan MRT di Stasiun Dukuh Atas BNI dan Stasiun BNI City. 

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa CSR tidak hanya berperan dalam pemenuhan tanggung jawab perusahaan, melainkan sebagai sarana advertising dan memperkuat posisi perusahaan di antara kompetitor untuk value yang lebih bagus di mata masyarakat. Pada akhirnya perusahaan perlu memberikan perhatian ekstra kepada CSR disamping program bisnis perusahaan lainnya.